A.
Dasar pemikiran
Kemajuan tekhnologi didunia indutri otomotif membuat
perusahaan- peusahaan kewalahan untuk membuat strategi pemasaran yang baik.
Salah satu strategi pemasaran yang ditekankan saat ini adalah strategi promosi
yang terus dilakukan oleh perusahaan- perusahaan otomotif untuk mengingatkan
kepada konsumen dan meningkatkan penjualan.
Yamaha adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang sektor produksi otomotif yang
salah satunya memproduksi kendaraan roda dua. Yamaha juga tidak terlepas akan
persaingan yang semakin tajam khususnya dalam industri otomotif karena banyak
nya perusahaan- paerusahaan yang menghasilkan produk yang sejenis. Oleh karena itu dalam melaksanakan
aktifitas penjualannya perusahaan harus dapat merancang srategi pemasaran yang diarahkan untuk mencapai tujuan
perusahaan dalam meningkatkan pembelian konsumen terhadap produk tersebut.
Strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan pesaing Yamaha tidak kalah hebatnya, seperti halnya Honda
sudah mempunyai merek yang bagus di benak konsumen dan terkenal dengan iritnya, Suzuki terkenal dengan kecepatan motor
bebek sekelasnya, Kawasaki yang mempunyai keunggulan dari desain motornya, maka disini Yamaha perlu merancang strategi yang lebih unggul dari
pesaing-pesaingnya untuk meningkatkan penjualan, baik itu strategi pemasaran produk,
harga, promosi atau pun saluran distribusinya.
Berdasarkan uraian tersebut diatas akan pentingnya
strategi pemasaran bagi kelangsungan hidup suatu perusahaan maka penulis
tertarik untuk memilih judul “Penerapan Pemasaran pada dealer sepeda motor
Yamaha sumber kencana Yogyakarta”.
B.
Tujuan Magang
Tujuan magang yang ingin dicapai dari laporan magang
ini adalah:
1.
Umum
a.
Untuk mengetahui
secara langsung strategi-strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan
Yamaha.
b.
Untuk
berpartisipasi membantu perusahaan dalam merencanakan strategi-strategi
pemasaran.
c.
Untuk menambah
pengetahuan dan wawasan saya dibidang manajemen pemasaran.
2.
Khusus
a.
Memenuhi
kurikulum Program D3 Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia.
b.
Membuat laporan
yang sesuai dengan pedoman yang telah ditentukan.
C.
Target Magang
Mampu merencanakan, membandingkan, dan menerapkan strategi- strategi pemasaran yang baik dan
tepat untuk perusahaan sendiri maupun perusahaan
tempat saya magang, Sehingga memiliki keterampilan dalam pelaksanaan dan
penerapan strategi pemasaran yang lebih efisien dan efektiv.
D.
Bidang Magang
Bidang magang yang akan saya teliti adalah bidang pemasaran, kegiatan di bidang pemasaran secara khusus meliputi:
·
Perencanaan strategi pemasaran
·
Pelaksanaan strategi pemasaran
·
Evaluasi Hasil perencanaan dan pelaksanaan strategi
pemasaran
E.
Lokasi dan Waktu Magang
·
Nama Perusahaan :
Dealer Yamaha Sumber baru motor
·
Alamat :
Jl.
Kaliurang Km 14,5 Sleman Yogyakarta
·
Waktu Magang : Mei- Juli 2011
F.
Jadwal Magang
No
|
Kegiatan
|
Bulan_1
|
Bulan_2
|
Bulan_3
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Kunjungan lokasi
magang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Penulisan Term
of Reference
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Pengajuan TOR
pada dosen pembingbing
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Pengajuan TOR
pada counterpart
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Pelaksanaan
kegiatan magang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Bimbingan dengan
dosen pembingbing
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Penyusunan
laporan magang pengumpulan data
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Ujian laporan
magang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
SILAHKAN COPY JIKA ARTIKEL INI MENARIK NAMUN HARAP CANTUMKAN SUMBERNYA
{ 0 komentar... read them below or add one }
Posting Komentar
terima kasih telah berkunjung sobat.
Silahkan komentar,kritik dan sarannya
setidaknya tegur sapa.heheh