1 . Peluang usaha yang
mungkin di tawarkan :
·
Makanan dan minuman
·
Oleh-oleh khas Yogyakarta
·
Souvenir
·
Tissue
·
Bunga
·
Jasa fhoto
·
Isi ulang pulsa
2 . Upaya untuk
mendapatkan produk yang akan di jual :
·
Survey harga barang kemudian mendata
harga dan barang yang akan di jual, mengambil produk-produk di syare’e Mart
yang di bayar setelah kegiatan praktek bisnis selesai dengan harga yang telah
di sepakati. Produk yang diambil brupa makanan dan minuman, antara lain :
·
Pocari Sweat 350 ml
·
Mizone
·
Aqua gelas
·
Permen kiss
·
Aqua 600 ml
·
Gery Chocolatos
·
Tissue tessa
·
Minute Maid pulpy orange
·
Permen alpenlieble
·
Richeese Nabati
·
Untuk mendapatkan produk yang berupa souvenir yang berbentuk boneka
wisuda yaitu dengan membuat sendiri mengggunakan bahan-bahan yang di beli dari
hasil iuran smua anggota kelompok. Pembuatan souvenir di lakukan sehari sebelum
acara wisuda dilaksanakan tepat nya hari jum’at, 25 februari 2011. Tempat nya
di kost salah satu anggota kelompok. Proses pembuata souvenir yng akan di jual
tersebut mulai dari pagi hari hingga malam hari. Souvenir yang telah jadi di
jual dengan harga Rp 8000,- per souvenir.
·
Produk berupa kipas yang didapat dengan
memesan kepada teman salah satu anggota kelompok. Kipas di jual dengan harga Rp
5.000,- perbuah.
·
Sebagian minuman ada yang di jual dengan
keadaan dingin. Untuk mendinginkan minuman, minuman diletakan di box yang di
beri es batu. Es batu di peroleh dengan cara salah satu anggota membeli ke
warung.
3. Produk-produk yang
di tawarkan dalam praktek bisnis :
·
Gery Chocolatos
·
Richeese nabati
·
Permen kiss
·
Tissue tessa
·
Mizone
·
Aqua gelas
·
Souvenir berupa kipas dan boneka wisuda
·
Minute Maid pulpy orange dan tropical
·
Permen alpenlieble
·
·
Pocari Sweat 350 ml
·
Aqua 600 ml
Kategori produk yang di
jual :
·
Convenience goods : permen kiss, permen
alpenlieble, gery Chocolatos, Minute Maid Pulpy orange dan tropical, Aqua 600
ml, Pocari Sweat 350 ml, richeese nabati, mizone, Aqua gelas.
·
Non durable goods : Minute Miad pulpy
orange dan tropical, mizone, pocari sweat 350 ml, Aqua 600 ml, Gery chocolates,
Rhicheese nabati, permen kiss, permen alpenlieble, tissue tessa, Aqua gelas.
·
Shopping goods : souvenir (kipas dan
boneka wisuda).
4. metode yang
diterapkan dalam praktek bisnis yaitu sesuai dengan harga yang berlaku.
Produk-produk di jual dengan harga yang ada di pasaran, namun ada sebagian
beberapa produk yang dujual dengan harga sedikit lebih tinggi.
Setrategi harga yang
diterapkan :
·
Penetapan harga diskriminasi
·
Penetapan harga bentuk produk (product
form pricing)
·
Penetapan harga lokasi (location
pricing)
·
Penetapan harga citra (image pricing)
·
Diskon dan potongan harga untuk produk
yang berupa souvenir(boneka wisuda).
·
Diskon kuantitas
Tabel harga produk yang dijual
Pada Praktek bisnis Manajemen
Pemasaran
Nama
Produk
|
Harga
Jual
|
Pocari Sweat 350 ml
·
Biasa
- Dingin
|
Rp 2. 000
RP 2.500
|
Aqua 600 ml
·
Biasa
- Dingin
|
Rp 5.000
Rp 5.500
|
Permen kiss
|
Rp 100 / buah
|
Permen Alpenlieble
|
Rp 100 / buah
|
Tissue Tessa
|
Rp 1.000 / pcs
|
Richeese Nabati
|
Rp 500 / pcs
|
Gery Chocolatos
|
Rp 500 / pcs
|
Minute maid pulpy tropical
·
Biasa
- Dingin
|
Rp 6.000
Rp 6.500
|
Minute Maid pulpy orange
·
Biasa
- Dingin
|
Rp 6.000
Rp 6.500
|
Mizone
·
Biasa
- Dingin
|
Rp 4.500
Rp 5.000
|
Boneka Wisuda
|
Rp 8.000 / buah
|
Aqua Gelas
|
Rp 500 / buah
|
Kipas
|
Rp 5.000 / buah
|
5. Promosi yang
dilakukan adalah dengan cara :
·
Yaitu memasang sepanduk di stand yang
bertujuan untuk memberi tahu konsumen bahwa stand yang didirikan adalah resmi.
·
Memasang produk dan sempel produk di
depan di atas meja stand.
·
Promosi di depan stand dengan cara
berbicara kepada calon konsumen agar mau membeli produk yang di tawarkan.
·
Promosi dengan cara berkeliling yang di
lakukan oleh 2 orang, 1 orang yang membawa produk yang mau di tawarkan dan satu
orang yang mempromosikan kepada calon konsumen agar mau membeli produk.
Promosi yang seharusnya lebih diterapkan yaitu
dengan lebih giat menawarkan produk-produk kepada calon konsumen dengan cara
berkomunikasi atau berbicara dengan baik, sopan, ramah, menarik dan membuat
calon konsumen tersanjung dengan pelayanan yang di berikan dan menawarkan
produk dengan berkeliling arena wisuda.
6. Tugas yang di
bebankan kelompok :
·
Merakit souvenir (boneka wisuda) yaitu
dengan memotong pola-pola yang sudah di bentuk kemudian menempel dan merangkai
nya hingga terbentuk boneka wisuda. Proses pembutan nya dilakukan bersama
anggota kelompok di kost salah satu anggota kelompok.
·
Mengambil barang-barang dari syare’e ke
stand untuk dijual pada acara wisuda bersama salah satu anggota yang lain.
·
Mengambil meja dari kantin d3 fakultas
Ekonomi bersama anggota kelompok.
·
Memasang sepanduk yang bertuliskan lab.
Bisnis manajemen pemasaran d3 Ekonomi UII 2010/2011 bersama anggota kelompok
yang lain.
·
Menyusun produk-produk yang akan di jual
di stand bekerjasama dengan anggota kelompok yang lain.
·
Mempromosikan barang yang dijual di
stand.
SILAHKAN COPY JIKA ARTIKEL INI MENARIK NAMUN HARAP CANTUMKAN SUMBERNYA
{ 0 komentar... read them below or add one }
Posting Komentar
terima kasih telah berkunjung sobat.
Silahkan komentar,kritik dan sarannya
setidaknya tegur sapa.heheh