I.
EXECUTIVE SUMMARY
A. Gambaran
Singkat Tentang Bisnis
1. Dasar
gagasan pembukaan bisnis baru
setelah
melalui pemikiran yang matang akhirnya kami menetapkan untuk membuat bisnis budidaya
jamur tiram. Ide pembuatan usaha budidaya
ini dikarenakan peluang usaha dalam budidaya ini sangat besar dan peremintana
akan jamur sangat tingi sedangkan pengusaha jmurnya sangat sedikit dan sangat
kurang.
Sehinga
kita sepakat utuk melakukan usaha budidaya ini.
Profil
Perusahaan
Ø Nama
Perusahaan : budidaya jamur tiram
Ø
Alamat Perusahaan : Jl.Wonosari no 08 Yogyakarta
Ø Telepon
Perusahaan : (0274) 6577478
Ø Direktur
utama : husein
Ø Alamat
Dirut :
Jl.Wonosari
no 08 Yogyakarta
Ø Telepon
Dirut :
081578111701
B.
Gambaran
respon pasar mengenai produk
respon pembeli terhadap jamur ini sangatggi karena dilhat
dari segi harga dan manfaat sangat besar dibanding dengan makan lainya.
C. Gambaran
tentang strategi /langkah-langkah yang direncanakan agar usaha berhasil
Strategi
atau langkah-langkah yang direncanakan agar usaha budidaya jamur tiram
berhasil:
· Merealisasikan
ide bisnis
· Mengadakan
uji peluang bisnis dan study kelayakan bisnis
· Mendisain
bisnis, organisasi dan SDM
· Membuat
rencana pemasaran
· Membuat
perencanaan keuangan perusahaan
D. Gambaran
pengalaman kemampuan manajerial dan teknis dari pimpinan perusahaan
Pengalaman
kemampuan manajerial dan teknis dari pimpinan perusahaan yaitu:
- Leadership,
Kemampuan untuk mempengaruhi orang lain agar melaksanakan suatu tugas
- Self-objectivity,
Kemampuan untuk menilai diri sendiri diri sendiri secara relistis
- Analytic thinking,
Kemampuan untuk menginterprestasikan dan menyampaikan sagala macam bentuk
informasi
- Behavioral
flexibility, Kemampuan untuk menyelesaikan
perilaku dalam mencapai suatu tujuan
- Oral communication,
Kemampuan untuk mengungkapkan pendapat secara jelas dalam berbicara
- Written
communication, Kemampuan untuk mengungkapkan
pendapat dengan baik secara tertulis
- Personal impact,
Kemampuan untuk menumbuhkan kesan baik dan kepercayaan bagi orang
- Resistancs to
stress, Kemampuan untuk tetap dapat
bekerja dalam keadaan tertekan
- Tolerance for uncertainty,
Kemampuan untuk bekerja dalam situasi yang tidak menentu
E. Pernyataan
singkat tentang kebutuhan keuangan dan untuk apa uang itu akan digunakan, (
aliran kas / cash flow selama 3 tahun yad. )
II.
DETAILED BUSINESS PLAN
A. Latar
Belakang Bisnis :
Jamur
merupakan tumbuhan yang mudah hidup dalam tempat yang lembab dan mudah dalam
perwatanya sehinga pada saat ini bnyak masyrakat yang membudidaya jamur tiram
Karena
dilihat dari perawatan dan dari segi permintaan pasar sangat tinggi sehinga
peluang pasar sangat bnyak
Dan
sekarang banyak makan yang berbahn baku dari jamur antra alin,jamur
crispiy,sate jamur,sop jmut dan masih bnyak lagi karena bnyak mafaat yang bnyak
terkandung dari jamur tersebut.
B.
Penjelasan dan gambaran bisnis tentang :
1. Apa
keunikan bisnisnya
Keunikan
dari bisnis ini adalah tidak membutuhkan modal yang terlalu banyak. Bahan dasar
dari produk nata de coco inipun mudah untuk dicari. Keuntungan dalam bisnis
nata de coco tidaklah terlalu besar, tetapi usaha ini cukup membantu dalam hal
membuka lapangan pekerjaan.
2. Cara
Pembuatan Nata De COCO
- Persiapan media starter, Starter
atau biakan mikroba merupakan suatu bahan yang paling penting dalam
pembentukan nata. Sebagai starter, digunakan biakan murni dari Acetobacter
xylinum. Bakteri ini dapat dihasilkan dari ampas nenas yang telah
diinkubasi ( diperam) selama 2-3 minggu. Starter yang digunakan dalam
pembuatan nata sebanyak 170 ml.
·
Penyaringan Dan Pendidihan, Untuk menghilangkan kotoran yang
bercampur pada air kelapa dilakukan penyaringan air kelapa dengan menggunakan
kain saring. Kemudian campurkan gula pasir (100 g/l air kelapa), dengan air
kelapa lalu didihkan dan dinginkan.
·
Inokulasi (Pencampuran dengan
starter), Setelah dingin,
pHnya diatur dengan menambahkan asam asetat atau asam cuka sekitar 20 ml hingga
diperoleh kisaran keasaman (pH) 3-4. Kemudian diinokulasi dengan menambahkan
starter (Acetobacter xylinum) 170 ml.
·
Fermentasi (Pemeraman), Masukkan
campuran tersebut ke dalam wadah fermentasi ( baskom berukuran 34 x 25 x 5 cm
). Wadah ditutup dengan kain saring dan diletakkan ditempat yang bersih dan
aman. Dilakukan pemeraman selama 8-14 hari hingga lapisan mencapai ketebalan
kurang lebih 1.5 cm.
·
Pemanenan, Setelah
pemeraman selesai dengan terbentuk lapisan nata,lapisan nata diangkat secara
hati-hati dengan menggunakan garpu atau penjepit yang bersih supaya cairan dibawah
lapisan tidak tercemar. Cairan dibawah nata dapat digunakan sebagai cairan
bibit pada pengolahan berikutnya. Buang selaput yang menempel pada bagian bawah
nata, dicuci lalu dipotong dalam bentuk kubus dan dicuci. Tuang dan rendam
potongan nata de coco dalam ember plastic. Selama 2 - 3 hari dan setiap hari
air rendaman diganti. Sesudah itu direbus selama 10 menit. Tujuan perendaman
dan perebusan untuk menghilangkan rasa asam
·
Pembuatan sirup nata, Pembuatan sirup nata dengan
perbandingan untuk 3 kg produk nata potongan diperlukan 2 kg gula dan 4,5 liter
air. Gula dituangkan ke dalam air, panaskan sampai larut, lalu disaring.
Selanjutnya nata dicampur dalam larutan sirup gula, bila perlu tambahkan
essence kemudian biarkan satu malam agar terjadi penyerapan gula ke dalam
potonganpotongan nata, lalu didihkan selama 15 menit.
·
Pengemasan, Selanjutnya
nata dikemas dalam kantong plastik atau botol selai dengan perbandingan antara
padatan dan cairan 3:1, botol ditutup rapat, kemudian direbus dalam air
mendidih selama 30 menit. Angkat dan dinginkan di udara dengan tutup terletak
pada bagian bawah, selanjutnya botol diberi label dan siap untuk dipasarkan.
3.
Faktor Kunci Apa Yang Akan Membuat Sukses Bisnis
- Harga
yang kompetitif, Harga nata de coco per cup Rp 1000,- sehingga mudah dijangkau oleh semua
lapisan masyarat.
- Kualitas,
Nata de coco yang kami produksi berasal dari bahan baku yang berkualitas.
Kami menyeleksi bahan baku dengan cukup ketat sehingga diperoleh nata de
coco yang berkualitas.
- Daya
tahan, Nata de coco yang kami produksi, dapat bertahan hingga 1 tahun.
Sehingga para konsumen dapat merasa nyaman untuk menikmati nata de coco
ini meskipun telah disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama.
- Kehandalan,
- Teknis
kemasan, Java de coco dikemas
secara apik dengan menggunakan cup/gelas.
C. Analisa
Pasar
- Siapakah pembeli potensial produk
Konsumen
potensial yang membeli produk Nata De Coco adalah para pedagang Es buah atau
para penjaja minuman yang biasanya menawarkan berbagai macam varian minuman.
- Apa
motifasi mereka untuk membeli
Motifasi konsumen membeli produk Nata De Coco adalah
sebagai bahan baku dalam usaha mereka. Selain itu Nata De Coco merupakan
pelengkap minuman yang mempunyai banyak serat, yang dapat meningkatkan
kesehatan para konsumen.
- Berapa banyak pelanggan yang ada di pasar (seberapa
besar pangsa pasar?)
- Seberapa
besar kemampuan belinya?
Kemampuan beli dari para distributor tergantung dari
permintaan konsumen, dalam arti
distributor menyesuaikan akan permintaan para konsumen. Nata De Coco
adalah produk yang memiliki daya beli yang besar karena Nata De Coco banyak
diminati oleh para konsumen.
- Bagaimana siklus kehidupan produknya (produk tahan
lama atau mempunyai jangka waktu tertentu)
- Target
pasar khusus yang meliputi :
·
bagaimana kemasan produknya yang
berpengaruh terhadap keputusan beli
·
apakah pelanggan punya sebuah pilihan
lain tentang produk, seberapa kuat pilihan lain itu ?
- Pengaruh
pasar external
·
Factor ekonomi (inflasi, resesi, tinggi
rendahnya pengangguran)
·
Faktor pelanggan (umur pelanggan, lokasi
demografi, tingkat pendapatan, ukuran rumah tanggga, sikap social khusus)
- Pengorganisasian
Dan manajemen
§
Bagaimana
orgasnisasi bisnismu
§ Apa bentuknya (
PT., CV., FIRMA, Perorangan, )
§ Siapa tokoh
kunci dalam bisnismu dan bagaimana latar belakangnya untuk membawa keberhasilan perusahaan
- Rencana
Teknis Perusahaan
§
Identifikasi
spesifikasi teknis ( bagaimana disain fungsional produk dan daya tariknya ?
daya guna apa yang bisa diterima oleh pembeli, bagaimana standarisasinya ?
§ Proses
pembangunan proyek dan pengoperasiannya ( dimana lokasi proyek akan ditempatkan
? berapa banyak kapasitas produksinya?
F. Rencana
Keuangan
§
Berapa
banyak modal yang dibutuhkan untuk membuat produk dan bisnismu berjalan lancar
§
Buatlah
anggaran kas ( tunjukkan kepada investor apa yang kamu butuhkan, bagaimana
merencanakan untuk mendapatkan pendapatan dari penjualan ? )
§
buat
proyeksi biaya yang realistis dari operasi usaha ( biaya bahan, tenaga kerja, perlengkapan,
pemasaran, dll)
§
buat
analisa titik impas
- Rencana Strategik
§
Apa
misi bisnismu ( tunjukkan tujuan khusus dan sasarannya ! )
§
Bagaimana
strategi untuk menjalankan rencana operasional
§
Bagaimana
rencana terhadap pasar produk untuk mengidentifikasi target pasar ( bagaimana
penetapan harganya, promosi produknya, dan pelayanan terhadap pelanggannya ? )
§
Bagaimana
merancang produk tetap trend di pasar ?
§
Bagaimana
prosedur control yang akan direncanakan
untuk menjaga bisnis tetap bisa kompetitif
III. PENUTUP
a.
Layak
tidaknya bisnis dari analisa yang dilakukan
b.
Proyeksi
perkembangan bisnis di masa yang akan
datang
SILAHKAN COPY JIKA ARTIKEL INI MENARIK NAMUN HARAP CANTUMKAN SUMBERNYA
{ 1 komentar... read them below or add one }
Hi there! This is my first comment here so I just wanted to give a
quick shout out and say I really enjoy reading your posts.
Can you recommend any other blogs/websites/forums that cover the same subjects?
Thanks for your time!
Here is my web page - Candy Crush Saga Hack
Posting Komentar
terima kasih telah berkunjung sobat.
Silahkan komentar,kritik dan sarannya
setidaknya tegur sapa.heheh