Pengertian Perilaku Konsumen
Perilaku konsumen adalah proses yang
dilalui oleh seseorang/ organisasi dalam mencari, membeli, menggunakan,
mengevaluasi, dan membuang produk atau jasa setelah dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhannya.
Perilaku konsumen akan diperlihatkan dalam beberapa tahap yaitu tahap sebelum
pembelian, pembelian, dan setelah pembelian. Pada tahap sebelum pembelian
konsumen akan melakukan pencarian informasi yang terkait produk dan jasa. Pada
tahap pembelian, konsumen akan melakukan pembelian produk, dan pada tahap
setelah pembelian, konsumen melakukan konsumsi (penggunaan produk), evaluasi
kinerja produk, dan akhirnya membuang produk setelah digunakan.
Dalam kehidupan sehari-hari
sering kita jumpai keanekaragaman perilaku konsumen dan perbedaan konsumen baik
itu dari sifat,watak, kriteria atau pun selera beli konsumen. Gambar diatas
salah satu contoh keanekaragaman konsumen, dari gambar tersebut dapat kita
lihat dua sifat konsumen yang memiliki kriteria yang berbeda. Gambar sebelah
kiri menunjukan kriteria konsumen yang memiliki sifat yang sangat teliti dalam mengambil
keputusan untuk membeli produk suatu barang, konsumen tersebut melihat-lihat
produk barang yang di displaykan serta membanding-bandingkan kualitas harga
produk satu dengan produk lainnya. Dalam segi pelayanan pemilik toko pun
memiliki pelayanan yang cukup memuaskan karena pemilik toko mempersilahkan
konsumen untuk duduk terlebih dahulu sambil melihat-lihat produk yang
ditawarkan, dari ini dapat kita uraiankan konsumen memiliki rasa nyaman dan
tidak tergesa-gesa dalam memilih produk yang akan dibelinya.sedangkan gambar
konsumen yang sebelah kanan berbeda sekali dengan gambar konsumen sebelah kiri,
gambar konsumen sebalah kanan memiliki sifat dan kriteria kurang teliti dan
tergesa-gesa dalam membeli suatu produk, konsumen tersebut membeli suatu produk
dalam keadaan berdiri, artinya konsumen tersebut tergesa-gesa dan kurang nyaman
dengan keadaan toko sekitarnya, pelayanan yang diberikan pemilik toko tersebut
kurang baik karena tidak mempersilahkan konsumen untuk duduk terlebih dahulu
dan tidak menawarkan produk-produk lain yang akan dijual.
Dari
uraian diatas dapat saya simpulkan bahwa konsumen memiliki sifat dan kriteria
yang berbeda-beda baik itu sifat konsumen yang tergesa-gesa, teliti, dan ada
juga sifat konsumen yang pemarah.sebaliknya para pemilik toko atau para
wirausahawan pun memiliki pelayanan yang berbeda-beda, ada yang memuaskan
konsumen agar dapat kembali membeli dan ada juga yang kurang memuaskan,
biasanya konsumen tidak akan kembali membeli. Agar hal ini tidak terjadi
seharusnya pemilik toko dapat memberikan pelayanan yang memuaskan dan dapat
mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan untuk membeli produk yang
ditawarkan dari pemilik toko.
SILAHKAN COPY JIKA ARTIKEL INI MENARIK NAMUN HARAP CANTUMKAN SUMBERNYA
{ 0 komentar... read them below or add one }
Posting Komentar
terima kasih telah berkunjung sobat.
Silahkan komentar,kritik dan sarannya
setidaknya tegur sapa.heheh