A.
Dasar
Pemikiran Magang
Kemajuan tekhnologi dan
informasi yang semakin berkembang membuatperusahaan-perusahaan berusaha
meningkatkan kualitas produknya menjadi lebih baik. Semua ini dilakukan agar
perusahaan lebih kompetitif dari perusahaan lainnya.Pada saat ini perusahaan
harus lebih fleksibel di zaman yang selalu berubah, ini akan menjadi suatu
dorongan bagi perusahaan untuk selalu meningkatkan produk yang dihasilkannya
baik dari segi kualitas maupun ragam produknya. Upaya yang harus dilakukan
perusahaan dalam memenuhi keinginandan kebutuhan konsumen serta mempertahankan
kelangsungan hidup perusahaan adalah dengan melakukan strategi pemasaran yang
tepat dan terarah, seperti meningkatkan atribut produk, kebijakan harga,
mendesain dan memilih saluran distribusi yang tepat untuk menghadapi persaingan
yang ketat pada saat ini.
Sepeda motor adalah salah satu alternatif bepergian dari satu tempat ketempat yang lain
secara mudah, irit, cepat, luwes, efisien, dan lain sebagagainya.Bagi
masyarakat yang berpenghasilan rendah, motor menjadi harapan satu-satunya untuk
dapat memiliki alat transportasi darat pribadi sesuai dengan kemampuan ekonominya.
Mobil yang memiliki harga jual dan biaya operasiona lmahal / tinggi serasa
tidak mungkin terjangkau oleh banyak rakyat ekonomi menengah ke bawah.
Peter drucker seperti dikutip oleh Philip kotler dalam buku “Manajemen Pemasaran” : definisikan
pemasaran (2005:10) mengatakan bahwa “Tujuan pemasaran adalah membuat penjualan tidak terlalu penting lagi”. Tujuan pemasaran adalah
mengetahui dan memahami pelanggan dengan baik sehingga produk atau jasa itu
cocok dengan pelanggan dan selanjutnya mampu menjual dirinya sendiri.
Idealnya, pemasaran harus menghasilkan pelanggan yang siap membeli. Dalam kata
lain, penjualan bukanlah target utama perusahaan adalah untuk mengetahui produk apa yang diperlukan oleh pasar
saat ini, dan menemukan konsumen yang
membutuhkannya.
Usaha yang dilakukan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan konsumen sekaligus memenangkan
persaingan, perusahaan harus mempersiapakan srategi pemasaran yang tepat
untuk produknya. Produk yang ditawarkan ke pasar harus mendapatkan perhatiaan
untuk dibeli, digunakan, atau dikonsumsi agar memenuhi keinginan dan kebutuhan.
Konsumen akan berusaha untuk memenuhikebutuhannya dan mencari manfaat tertentu
dari suatu produk,konsumen akanmempertimbamgkan produk mana yang akan dipilih
untuk memenuhi kebutuhan dan memberikan manfaat yang diperlukan.
Dalam memilih produk, konsumen tentu saja akan di pengaruhi oleh desain dari produk. Desain produk merupakan segala
sesuatu yang melekat dan menyertai produk tersebut, seperti merek, bentuk,
model, warna, kualitas dan sebagainya. Desain merupakan salah satu unsur penting yang dapat
mendorong konsumen untuk membeli produk, semakin baik desain atau modelnya produk maka konsumen akan
semakin tertarik untuk membeli suatu produk tersebut.
Yamaha adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang sektor produksi otomotif yang
salah satunya memproduksi kendaraan roda dua. Yamaha juga tidak terlepas akan
persaingan yang semakin tajam khususnya dalam industri otomotif karena banyak
nya perusahaan- paerusahaan yang menghasilkan produk yang sejenis. Oleh karena itu dalam melaksanakan
aktifitas penjualannya perusahaan harus dapat merancang srategi pemasaran yang diarahkan untuk mencapai tujuan
perusahaan dalam meningkatkan pembelian konsumen terhadap produk tersebut.
Desain produk yang di tawarkan oleh perusahaan-perusahaan pesaingYamaha
tidak kalah hebatnya, seperti halnya Honda sudah mempunyai merek yang bagus di benak
konsumen dan terkenal dengan iritnya, Suzuki terkenal dengan kecepatan motor
bebek sekelasnya, Kawasaki yang mempunyai keunggulan dari desain motornya, Yamaha juga yang
dirancang dengan desain yang trendi berbahan bakar irit, serta kelebihan pada kecepatan, akselerasi
dan banyak pilihannya bagi konsumen pria dan wanita. Di samping itu kelebihan lainnya
adalah pada harga, desain, warna, merek, nilai jual, dan fasilitas yang diberikan
oleh dealer.
Berbagai macam atribut atau
desain produk yang di tawarkan oleh perusahaan perusahaan,
terutama Yamaha. Konsumen di hadapkan dengan pilihan - pilihan yang sulit mengetahui atribut produk motor bebek, karena atribut produk yang baik serta dapat memenuhi kebutuhan dan
keinginan konsumen dapat menunjang perusahaan untuk tetap
bertahan dalam persaingan seketat apapun. Berdasarkan
uraian tersebut diatas akan pentingnya merek dan desain produk bagi kelangsungan hidup suatu perusahaan maka
penulis tertarik
untuk memilih jadul: “PENGARUH
DESAIN PRODUK TERHADAP PERILAKU KONSUMEN PADA DEALER SEPEDA MOTOR
YAMAHA SUMBER KENCANA YOGYAKARTA”.
B.
Tujuan magang
Tujuan
yang ingin dicapai dari laporan magang ini adalah :
1. Umum
a. Untuk mengkaji Apakah pengaruh
desain produk mempengaruhi perilaku konsumen dalam membeli sepeda motor merek
Yamaha
b. Untuk mengkaji Apakah perilaku
konsumen dalam memutuskan membeli sepeda motor merek Yamaha dipengaruhi oleh
desain produk?
c. Untuk mengetahui Seberapa besar
pengaruh desain produk terhadap perilaku konsumen dalam membeli sepeda motor
merek Yamaha?
2.
Khusus
a.
Memenuhi kurikulum Program
D3 Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia.
b.
Membuat laporan yang
sesuai dengan pedoman yang telah ditentukan
C.
Target Magang
Mampu melakukan analisis dan kalkulasi terhadap desain produk
dari daeler Yamaha sehingga memiliki kualitas yang sangat baik dimata konsumen,
serta mampu mempengaruhi perilaku konsumen dalam mengambil keputusan
sebelum membeli dan perusahaan
mendapatkan loyalitas dari masyarakat luas.
D.
Bidang Magang
Beberapa bidang yang akan di teliti di dalam
proses kegiatan magang:
·
Magang dilaksanakan pada bidang
Pemasaran.
E.
Lokasi
Tahap
rencana penelitian, meliputi:
·
Nama Instansi : Daelar Yamaha Sumber Baru Motor
·
Alamat :
Jl. Kaliurang Km 14,5 Sleman Yogyakarta
F.
Jadwal
magang
No
|
Kegiatan
|
Bulan_1
|
Bulan_2
|
Bulan_3
|
Bulan_4
|
Bulan_5
|
Bulan_6
|
|||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Kunjunagn
Lokasi Magang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Penulisan
Term Of Reference
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Pengajuan
TOR pada Dosen Pembimbing
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Pengajuan
TOR pada Counterpart
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Pelaksanaan
Kegiatan magang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Bimbingan
dengan Dosen Pembimbing
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Penyusunan
Laporan Magang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Ujian
Kompetensi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Yamaha merupakan salah satu
merek sepeda motor yang sudah dikenal oleh masyarakat luas, tidak heran jika
merek sepeda motor Yamaha menjadi pilihan favorit masyarakat yogyakarta karena
irit bahan bahkar, desain produk yang selalu berubah-ubah lebih baik, dan harga
yang terjangkau untuk kelas masyarakat kebawah. Salah satu penekanan strategi
yang dilakukan oleh PT. YAMAHA adalah strategi promosi yang tidak henti-henti
sering kita lihat dimedia Koran, Televisi dan atribut-atribut promosi lainnya.
SILAHKAN COPY JIKA ARTIKEL INI MENARIK NAMUN HARAP CANTUMKAN SUMBERNYA
{ 0 komentar... read them below or add one }
Posting Komentar
terima kasih telah berkunjung sobat.
Silahkan komentar,kritik dan sarannya
setidaknya tegur sapa.heheh