Multimedia – Basic of Digital Audio




Soal :

1. Teknik dasar untuk membuat sinyal audio digital dari analog adalah dengan sampling
dan quantization.
a. Apa pengertian dari sampling?
b. Apa pengertian dari quantization?
2. Pada CD quality audio, sample rate yang digunakan adalah 44100 Hz, bit per sample 16
bit, channel yang digunakan stereo.
a. Hitung bitrate / data rate dari CD quality audio tersebut dalam kB(kilo Byte), jika
rumusan bitrate adalah sample rate (Hz) x bit per sample(bit/byte) x jumlah channel ?
b. Jika file audioCD kita berdurasi 1menit. Berapakahfile size file audio tersebut, jika
rumusan file size adalah bitratex durasi(detik)?
c. Jika file audio tersebut dikompresi hingga mencapai bitrate 128 kbps, berapa besar file
audio tersebut?
3. Apa yang disebut dengan MIDI? Jelaskan!
4. Setiap nada dalam not lagu mempunyai frekuensi sendiri-sendiri. Pada nada A4 (not A pada
oktaf tengah atau oktaf ke 4),frekuensinya adalah 440Hz. Berapakah frekuensi pada nada berikut,
jika setiap kenaikan satu oktaf, nada A akan naik dua kali lipat frekuensinya?
a. A3?
b. A6?
5. Dalam proses editing audio, seringkali dilakukan audio filtering.
a. Apa yang dimaksud dengan audio filtering?
b. Apa yang terjadi jika kita menerapkan low-pass filtering, band-pass filtering dan highpass
filtering pada file audio?

6. Noise sering munculpada file audio.
a. Apa yang dimaksud dengan noise pada audio?
b. Apa yang menyebabkan terjadinya noise?
c. Bagaimana noise dapat dikurangi atau dihilangkan?

Jawab :

1. A. Sampling (Resolusi spatial)
Menentukan detail citra terkecil yg masih perceivable. Atau suatu proses digitising
yang menghasilkan suatu nilai tertentu dari gelombang analog berbentuk PHM (Pulse
Height Modulation) atau Pulsa Amplitudo Tetap (Pulse Position Modulation atau Pulse
Width Modulation) menjadi representasi bilangan binary atau dikenal dengan PCM dan
secara digital dapat dilakukan penyimpanan seperti halnya dalam suatu sistem komputer.
B. Quantization (Resolusi gray-level)
Perubahan visible/noticeable harga graylevel
2. A.( sample rate (Hz) x bit per sample(bit/byte) x jumlah channel)
44100 Hz x 16 bit x 2 = 1.411.200 / 172.265625 Kb
B. (Bitrate x durasi(detik)) = 16 x 60 = 960 bit
C. Tidak Tau
3. MIDI => (Musical Instrument Digital Interface) Merupakan standar untuk menghubungkan komputer dengan instrumen musik elektronik dan pemrosesan efek khusus. Format suara instrumen ini di perkenalkan pada tahun 1983 oleh perusahaan musik elektrik seperti Roland, Yamaha dan Korg. Format MIDI bersifat sangat kompak dengan ukurannya yang kecil, suara yang di hasilkan oleh MIDI dengan dukungan sound card yang memilik synthesizer (penghasil suara elektrik) sangatlah mirip dengan organ elektrik yang bisa memainkan berbagai alat musik.
4. A3 = (3 x 440 Hz) = 1320 Hz
    A6 = (6 x 440 Hz) = 2640 Hz
5. A. Audio Filtering => suatu filter yang dimanfaatkan pada pemrosesan signal suara.
B. Tidak Tau

6. A. Noise => Bunyi yang tidak di inginkan, atau suara riuh yang dapat mengganggu.
Noise ini sering muncul apabila kita merekam sesuatu.
B. Dapat ditimbulkan mutu kabel dan jack yang menghubungkan tape ke komputer
kurang baik.
C. Dapat menggunakan software, sebagai contoh disini “Audacity”
Berikut langkah2nya:
1. Buka file audio yang akan di edit
2. Zoom in (perbesar) sampai kelihatan bagian mana yang terdapat niosenya (berupa
histogram-bener gak namanya?)
3. Blok pada histogram (bebas) hal ini untuk mengaktifkan menu "effect" yang disitu ada
menu "noise removal"
4. Pilih menu effect, noise removal
5. Muncul pop up, pilih Get Noise Profile
6. Blok sample noise
7. Tunggu beberapa saat (kira2 5 detik) trus CTR+A
8. Pilih menu effect, noise removal lagi
9. "Preview" untuk mendengar sample noise yang kita blok
10. "Remove Noise" untuk menghilangkan noise sesuai sample yang telah kita pilih
11. Cek hasilnya dengan cara di-play
12. Kalo sudah OK bisa di export, kalo belum atau malah kacau di-undo, ulangi lagi
13. Kalo OK, tinggal di export deh. bisa ke MP3, wav, atau ogg
14. Kalo ke MP3 (mungkin) akan muncul permintaan file pendukung yaitu:
"lame_enc.dll" ada di http://www.dll-files.com/dllindex/la...zip?0VFfWGaLiW


SILAHKAN COPY JIKA ARTIKEL INI MENARIK NAMUN HARAP CANTUMKAN SUMBERNYA




Artikel terkait:

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

terima kasih telah berkunjung sobat.
Silahkan komentar,kritik dan sarannya
setidaknya tegur sapa.heheh