Tugas Jaringan Nirkabel


Jaringan Nirkabel adalah sistem yang digunakan dalam komunikasi antar sistem komputer dan berbagai macam peralatan teknologi informasi yang tidak menggunakan kabel yang menghububfkan antara peralatan dengan lainnya.

Wireless LAN menyediakan beberapa bandingan produktivitas, keunggulan dan keuntungan biaya terhadap jaringan kabel tradisional, yaitu:

1. Mobilitas
Sistem Wireless LAN dapat menyediakan pengaksesan informasi real time dimana saja bagi pengguna LAN selama berada di dalam organisasinya. Mobilitas ini mendukung mobilitas dan kesempatan layanan yang tidak dapat disediakan oleh jaringan kabel.

2. Kecepatan dan Kesederhanaan Instalasi (Pemasangan)
Sistem wireless LAN dapat dipasang dengan cepat dan mudah serta dapat mengurangi penggunaan kabel yang melalui tembok dan atap.

3. Fleksibiltas Pemasangan
Teknologi Wireless dapat menyediakan jaringan dimana kabel tidak memungkinkan untuk dipasang.

4. Pengurangan Anggaran Biaya
Meskipun investasi awal yang dibutuhkan untuk perangkat keras wireless LAN dapat lebih tinggi dari biaya perangkat LAN kabel, tapi biaya instalasi keseluruhan serta biaya penggunaan dapat diperkecil. Keuntungan biaya jangka panjang akan sangat besar di lingkungan dinamis dimana sering terjadinya perpindahan dan perubahan.

5. Kemampuan Jangkauan
Sistem Wireless LAN dapat dipasang pada topologi yang bermacam-macam untuk mendapatkan kebutuhan instalasi dan pemakaian yang sesuai. Konfigurasi jaringan secara mudah dapat diubah dari jaringan peer-to-peer untuk jumlah pengguna yang sedikit menuju jaringan infrastruktur yang padat mencapai ribuan pengguna yang dapat menjelajah dengan jangkauan yang luas.

Long-range nirkabel
Jaringan nirkabel 3G (juga pengembangannya, 3.5G) sekarang menjadi standar koneksi di seluruh dunia. Kurang dari lima tahun, teknologi 3G telah menjadi sangat murah. Teknologi 4G/LTE (Long Term Evolution) kemudian mulai digulirkan. Beberapa perusahaan telah mampu menyediakan bandwidth yang menjanjikan kecepatan serupa dengan broadband sekarang kini. Tunggulah 3 hingga 4 tahun lagi, maka teknologi 4G akan menjadi sangat murah, membuka semua pintu layanan nirkabel.





 


Mid-range nirkabel
Ini adalah konektivitas nirkabel yang dinamis paling stabil dan berkembang dengan cepat. Masyarakat mengenalnya dengan nama Wi-Fi. Bandwidth nirkabel yang sangat besar tetapi berjangkauan terbatas. Akan tetapi, orang-orang menggunakan mid-range nirkabel memang untuk stabilitasnya, menjadikannya platform untuk beragam kegiatan yang memerlukan kelancaran konektivitas. Maka di masa depan, di setiap tempat, Anda bisa menemukan koneksi nirkabel ini. Selain makin banyak kantor dan kafe memasangnya, target-target ambisisus pemerintah daerah kini berupaya menyediakan koneksi nirkabel jarak menengah di tiap titik wilayah.

Near-range nirkabel
Nirkabel jarak dekat seperti Bluetooth telah akrab dengan kita sejak lama. Kini, teknologi bernama Zigbee, RFID (Radio Frequency Identification), atau NFC (Near Field Communication) mulai bermunculan. NFC mulai diadopsi dalam sistem pembayaran ponsel. Bahkan di negara yang masih dilanda peperangan, seperti Afghanistan, uang seluler telah berkembang dengan pesat. Wal-mart sendiri telah meluncurkan RFID untuk memunculkan stok persediaan toko pada pelanggan terdaftar, begitu mereka memasuki toko. Snap-On bahkan menciptakan alat yang mampu memancarkan dan menangkap pancaran nirkabel dari peralatan-peralatan mahal pabrik pesawat.

Konektivitas nirkabel yang murah telah memicu lonjakan penciptaan perangkat tanpa sentuhan tangan manusia. Cisco memprediksi bahwa pada tahun 2020 akan ada 50 miliar perangkat yang tersambung melalui teknologi nirkabel, jauh melebihi populasi manusia. Dan konektivitas nirkabel ini tidak lagi terpasang hanya untuk ponsel atau komputer, tetapi semua objek yang diperlukan untuk “tersambung”.
Kesimpulannya :


SILAHKAN COPY JIKA ARTIKEL INI MENARIK NAMUN HARAP CANTUMKAN SUMBERNYA




Artikel terkait:

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

terima kasih telah berkunjung sobat.
Silahkan komentar,kritik dan sarannya
setidaknya tegur sapa.heheh