Tugas Quality Improvement



1.      Jelaskan dengan contoh tahapan-tahapan Aproses pengembangan konsep?
2.      Sebutkan alasan-alasan aktivitas dari proses pengembangan yang terdefinisikan?
3.      Jelaskan 3 fungsi yang paling penting bagi proyek pengembangan produk?
4.      Jelaskan yang dimaksud dengan fase perancangan tingkat system?
5.      Berilah keterangan tentang 4 tipe kelompok pengembangan produk?

Jawaban :

1.      Fase pengembangan konsep :
a.       Kebutuhan pasar target diidentifikasi, contoh: mengumpulkan kebutuhan konsumen, mengidentifikasi pengguna utama, mengidentifikasi produk pesaing.
b.      Alternatif konsep-konsep produk dibangkitkan dan dievaluasi, contoh: meneliti kelayakan konsep-konsep produk, mengembangkan konsep-konsep perancangan secara industry, membuat dan melakukan percobaan prototype-prototipe.
c.       Dari satu atau lebih konsep dipilih untuk pengembangan lebih jauh, contoh: memperkirakan biaya manufaktur, memperkirakan kelayakan produksi.
2.      Jaminan kualitas, koordinasi, perencanaan, manajemen, dan perbaikan.
3.      3 fungsi paling penting bagi proyek pengembangan produk :
a.       Pemasaran: Fungsi pemasaran menjebatani interaksi antara perusahaan dengan pelaanggan.
b.      Perancangan: Fungsi perancangan memainkan peranan penting dalam mendefinisikan bentuk fisik produk agar dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.
c.       Manufaktur: Fungsi manufaktur terutama bertanggung jawab untuk merancang dan mengoperasikan system produksi pada proses produksi produk.
4.      Fase perancangan tingkat system mencakup definisi arsitektur produk dan uraian produk menjadi subsitem-subsistem serta komponen-komponen.
5.      4 tipe kelompok pengembangan produk :
a.       Platform produk baru : Tipe proyek ini melibatkan usaha pengembangan utama untuk merancang suatu keluarga produk berdasarkan palform yang baru dan umum.
b.      Turunan dari platform produk yang telah ada : Proyek-proyek ini memperpanjang platform produk supaya lebih baik dalam  memasuki pasar yang telah dikenal dengan satu atau lebih produk baru.
c.       Peningkatan perbaikan untuk produk yang telah ada : Proyek-proyek ini mungkin hanya melibatkan penambahan atau modifikasi beberapa detil produk dari produk yang telah ada dalam rangka menjaga lini produk yang ada pesaingnya.
d.      Pada dasranya produk baru : Proyek-proyek ini melibatkan produk yang sangat berbeda atau teknologi produksi dan mungkin membantu untuk memasuki pasar yang belim dikenal dan baru.


SILAHKAN COPY JIKA ARTIKEL INI MENARIK NAMUN HARAP CANTUMKAN SUMBERNYA




Artikel terkait:

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

terima kasih telah berkunjung sobat.
Silahkan komentar,kritik dan sarannya
setidaknya tegur sapa.heheh