1. Jelaskan
dengan contoh tahapan-tahapan Aproses
pengembangan konsep?
2. Sebutkan
alasan-alasan aktivitas dari proses pengembangan yang terdefinisikan?
3. Jelaskan
3 fungsi yang paling penting bagi proyek pengembangan produk?
4. Jelaskan
yang dimaksud dengan fase perancangan tingkat system?
5. Berilah
keterangan tentang 4 tipe kelompok pengembangan produk?
Jawaban
:
1. Fase
pengembangan konsep :
a. Kebutuhan
pasar target diidentifikasi, contoh: mengumpulkan kebutuhan konsumen,
mengidentifikasi pengguna utama, mengidentifikasi produk pesaing.
b. Alternatif
konsep-konsep produk dibangkitkan dan dievaluasi, contoh: meneliti kelayakan
konsep-konsep produk, mengembangkan konsep-konsep perancangan secara industry,
membuat dan melakukan percobaan prototype-prototipe.
c. Dari
satu atau lebih konsep dipilih untuk pengembangan lebih jauh, contoh:
memperkirakan biaya manufaktur, memperkirakan kelayakan produksi.
2. Jaminan
kualitas, koordinasi, perencanaan, manajemen, dan perbaikan.
3. 3
fungsi paling penting bagi proyek pengembangan produk :
a. Pemasaran:
Fungsi pemasaran menjebatani interaksi antara perusahaan dengan pelaanggan.
b. Perancangan:
Fungsi perancangan memainkan peranan penting dalam mendefinisikan bentuk fisik
produk agar dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.
c. Manufaktur:
Fungsi manufaktur terutama bertanggung jawab untuk merancang dan mengoperasikan
system produksi pada proses produksi produk.
4. Fase
perancangan tingkat system mencakup definisi arsitektur produk dan uraian
produk menjadi subsitem-subsistem serta komponen-komponen.
5. 4
tipe kelompok pengembangan produk :
a. Platform
produk baru : Tipe proyek ini melibatkan usaha pengembangan utama untuk
merancang suatu keluarga produk berdasarkan palform
yang baru dan umum.
b. Turunan
dari platform produk yang telah ada : Proyek-proyek ini memperpanjang platform
produk supaya lebih baik dalam memasuki
pasar yang telah dikenal dengan satu atau lebih produk baru.
c. Peningkatan
perbaikan untuk produk yang telah ada : Proyek-proyek ini mungkin hanya
melibatkan penambahan atau modifikasi beberapa detil produk dari produk yang
telah ada dalam rangka menjaga lini produk yang ada pesaingnya.
d. Pada
dasranya produk baru : Proyek-proyek ini melibatkan produk yang sangat berbeda
atau teknologi produksi dan mungkin membantu untuk memasuki pasar yang belim
dikenal dan baru.
SILAHKAN COPY JIKA ARTIKEL INI MENARIK NAMUN HARAP CANTUMKAN SUMBERNYA
{ 0 komentar... read them below or add one }
Posting Komentar
terima kasih telah berkunjung sobat.
Silahkan komentar,kritik dan sarannya
setidaknya tegur sapa.heheh