Soal Agama dan Jawaban


SOAL

1. Bolehkah penetapan tanda-tanda Kiamat berdasarkan ijtihad para ulama? Mengapa?
2. Tanda kiamat apa saja yang berhubungan dengan kaum wanita?
3. Uraikan secara singkat tentang al Mahdi!
4. Apa yang anda ketahui tentang Dajjal?
5. Jelaskan secara singkat maksud dari Shirat!
6. Apa yang dimaksud dengan telaga Kautsar?
7. Persiapan apa saja yang telah atau akan anda lakukan agar pada saat anda dikumpulkan di padang Mahsyar atau pada saat amalan ditimbang, anda termasuk orang yang beruntung?
8. Apa yang anda ketahui tentang Syafa'at? Apa yang anda lakukan agar mendapatkan Syafa'at?


JAWABAN
1. Tidak, karena dalam firmannya sudah dijelaskan sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi rabbku, tidak seorang pun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain dia.

2.  - antalidal amatu rabbataha seorang budak wanita melahirkan tuannya. Maksudnya, ketika        suatu  zaman sudah banyak terjadi para orangtua yang dijadikan pembantu oleh anak-anaknya, orangtua sudah tidak dihargai, direndahkan, dan dijadikan pekerja hina di tengah-tengah kehidupan mewah anaknya.
    - Apabila jumlah wanita jauh lebih banyak dari laki-laki

3. Al-Mahdi adalah sesorang yang diutus oleh Allah diakhir jaman saat manusia saling bertikai. Pada saat manusia saling berbuat curang dan kezhaliman, Al-Mahdi mengisi dunia dengan keadilan dan kejujuran dan menjadi seorang khalifah yang bijaksana dan adil, mengurusi umat ini dan menerapkan syariat Islam.

4. Dajjal adalah seorang manusia dengannya Alah menguji para hambanya pada akhir zaman. Orang tersebut mengaku Tuhan dan diikuti oleh kaum yahudi. Allah memberinya kemampuan seperti : Melimpahkan kekayaan bagi orang yang mempercayainya dan melenyapkan keduniaan bagi orang yang menolaknya. Menghidupkan kembali orang yang telah dibunuhnya. Semua itu terjadi dengan takdir dan izin Allah.

5. Shirat adalah Jembatan yang terbentang diatas neraka Jahannam, yaitu jembatan antara surge dan neraka. Semua manusia akan melewatinya pada saat hari kiamat berdasarkan amal dan perbuatannya. Shirat tersebut Sangat licin, Kelembutannya (untuk ukuran kecil) lebih lembut daripada rambut, ketajamannya jauh lebih tajam daripada pedang yang tertajam, dan kegelapannya jauh lebih gelap daripada gulita malam.

6.  Telaga Kautsar merupakan sebuah sungai di surga yang memiliki begitu banyak kebaikan. Telaga ini dikelilingi oleh begitu banyak mangkuk-mangkuk indah sejumlah bintang-bintang di langit. Umatku akan mendatanginya setelah memasuki surga. Sesungguhnya di sisiku terdapat sebuah kolam seluas kota Madinah hingga Yaman atau seluas Madinah hingga Oman, pinggirannya terbuat dari emas, airnya mengalir di atas batu Lu'lu' dan Marjan, air yang terdapat di dalamnya putih, lebih putih dari salju ataupun susu, lebih manis dari madu, dan lebih harum dari aroma Ambar. Siapapun yang meminum air ini tidak akan pernah merasa kehausan setelahnya. Dan golongan pertama yang akan memasukinya adalah para Muhajirin fakir yang hijrah dari Mekah ke Madinah. Sedangkan wali dan orang yang akan menyajikan air tersebut adalah Maula Amirul Mukminin Ali As. Setelah selesai meminum air dari telaga kautsar ini, para mukmin akan berkumpul di sisi Rasul Saw dan bergembira dengan pertemuan mereka satu dengan yang lain. Mata air telaga kautsar berasal dari 'arsy yang merupakan tempat tinggal para wasiullah As serta para pengikutnya, dan dari sanalah air tersebut akan mengalir ke kolam ini melalui dua buah talang air, setelah itu akan mengalir pada dua sungai yang terdapat di  dalam surga.

 

7.  Selama hidup kita harus beramal sholeh dan banyak berbuat baik, menjauhi pebuatan durhaka, memelihara sholat lima waktu, ketika meninggal dunia dalam kedaan taubat.

 

8.   Syafa’at Hanya Milik Allah, Pertama kita pahami bahwa syafa’at itu hanya milik Allah saja   bukan milik malaikat nabi atau manusia yg lain. Hal itu berdasarkan firman Allah Ta’ala Katakanlah Hanya kepunyaan Allah syafa’at itu semuanya” .
Siapa yang berdo’a setelah mendengar seruan adzan dengan do’a:
‘Allahumma robba hadzihid da’watittaammah, washsholaatil qoo’imah, aati Muhammadan wasiilah, wal fadhiilah, wab’atshu maqooman mahmuuda alladzii wa’adtah’
(Ya ALLAH, Rabb yang menguasai seruan yang sempurna ini dan sholat yang akan didirikan, berilah kepada Muhammad wasilah dan keutamaan dan berikanlah kepadanya tempat yang terpuji sebagimana yang telah engkau janjikan kepadanya).


SILAHKAN COPY JIKA ARTIKEL INI MENARIK NAMUN HARAP CANTUMKAN SUMBERNYA




Artikel terkait:

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

terima kasih telah berkunjung sobat.
Silahkan komentar,kritik dan sarannya
setidaknya tegur sapa.heheh