Apa itu Active Directory



1.        Active Directory adalah basis data terdistribusi. Itu digunakan untuk menyimpan informasi tentang objek pada jaringan dan untuk mengizinkan pengguna untuk mengakses informasi ini. Replikasi direktori aktif digunakan untuk mensinkronisasi partisi replika di antara pengontrol domain di forest Active Directory. Proses replikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi dari mana pun mereka berada di jaringan. Ketika proses replikasi ini tidak bekerja seperti yang dirancang, pengguna mungkin mengalami gangguan dalam layanan yang mengandalkan informasi dari Active Directory: domain masuk dan akses ke sumber daya jaringan, seperti file dan printer. Replikasi direktori aktif bergantung pada Domain Name System (DNS) menetapkan nama ke alamat IP yang diperlukan. Pengendali domain direktori aktif biasanya mendaftar berbagai data DNS dengan server DNS dikonfigurasi ketika layanan netlogon dimulai. DNSLint adalah sebuah utilitas Microsoft Windows yang berjalan pada sistem operasi Windows 2000 dan kemudian. Di antara lainnya, ini dapat membantu Anda memecahkan masalah replikasi Active Directory. Secara khusus, dapat membantu Anda menentukan dua hal:
       Apakah semua DNS server yang seharusnya menjadi otoritatif untuk akar forest Active Directory benar-benar memiliki data DNS yang diperlukan untuk berhasil menyinkronkan partisi replika di antara pengontrol domain di forest Active Directory. DNSLint mengidentifikasi yang data DNS hilang dari setiap server DNS otoritatif.
Apakah pengendali domain direktori aktif tertentu dapat menyelesaikan semua data DNS yang diperlukan untuk berhasil sinkronisasi partisi replika di antara pengontrol domain di forest Active Directory. DNSLint mengidentifikasi data DNS yang tidak dapat diselesaikan oleh kontroler domain yang sedang diuji.
2. Replikasi  karena suatu teknik untuk melakukan copy dan pendistribusian data dan objek-objek database dari satu database ke database lain dan melaksanakan sinkronisasi antara database sehingga konsistensi data dapat terjamin.
     Dengan menggunakan teknik replikasi ini, data dapat didistribusikan ke lokasi yang berbeda melalui koneksi jaringan lokal maupun internet. Replikasi juga memungkinkan untuk mendukung kinerja aplikasi, penyebaran data fisik sesuai dengan penggunaannya, seperti pemrosesan transaksi online dan DSS (Desiscion Support System) atau pemrosessan database terdistribusi melalui beberapa server.



Keuntungan replikasi tergantung dari jenis replikasi tetapi pada umumnya replikasi mendukung ketersediaan data setiap waktu dan dimanapun diperlukan.
Adapun keuntungan lainnya adalah :
·      Memungkinkan beberapa lokasi menyimpan data yang sama. Hal ini sangat berguna pada saat  lokasilokasi tersebut membutuhkan data yang sama atau memerlukan server yang terpisah dalam pembuatan aplikasi laporan.
·      Aplikasi transaksi online terpisah dari aplikasi pembacaan seperti proses analisis database secara online, data smarts atau data warehouse.
·      Memungkinkan otonomi yang besar. Pengguna dapat bekerja dengan meng-copy data pada saat tidak terkoneksi kemudian melakukan perubahan untuk dibuat database baru pada saat terkoneksi
·      Data dapat ditampilkan seperti layaknya melihat data tersebut dengan menggunakan aplikasi berbasis Web.
·      Meningkatkan kinerja pembacaan
·      Membawa data mendekati lokasi individu atau kelompok pengguna. Hal ini akan membantu mengurangi masalah karena modifikasi data dan pemrosesan query yang dilakukan oleh banyak pengguna karena data dapat didistribusikan melalui jaringan dan data dapat dibagi berdasarkan kebutuhan masing-masing unit atau pengguna.
·      Penggunaan replikasi sebagai bagian dari strategi standby server.
·      Menyembunyikan perbedaan-perbedaan antara layanan replicated dan non-replicated

Berbagai sumber



SILAHKAN COPY JIKA ARTIKEL INI MENARIK NAMUN HARAP CANTUMKAN SUMBERNYA




Artikel terkait:

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

terima kasih telah berkunjung sobat.
Silahkan komentar,kritik dan sarannya
setidaknya tegur sapa.heheh