Kunjungan Islamic Book Fair


Nama : Fajar Noverdian   
Nim   : 10523467

Pada malam hari saya berkunjung ke sebuah Gor UNY yang pada saat itu namanya ISLAMIC BOOK FAIR dan banyak sekali orang-orang yang sedang berdatangan  kesana. Mungkin diantara mereka banyak yang ingin mengetahui lebih tentang islami disamping itu bukunya juga tidak terlalu mahal. Pada awal-awal perjalanan banyak tempat yang saya kunjungi dan banyak sekali buku yang menarik hati saya untuk membacanya. Di setiap lapak tersebut sungguh buku-bukunya menarik perhatian saya untuk mebacanya walaupun secara ringkas yang saya baca.

Pelajaran yang telah saya dapat dari salah 1 buku yang saya amati yaitu buku tentang 60 sirah sahabat Rasul SAW . Dari buku ini menceritakan tentang para sahabat-sahabat Nabi SAW Seperti Salman Al Farisi , Abu Dzar Alghifari , Umar bin Khattab , Abu Bakar Siddiq dll.
Dan ada juga buku yang menarik saya temukan Penulisnya Syaikh Shafiyyur Rahman Al-Mubarakfury yang berjudul Sirah Nabawiyah. Penerbit bukunya Pustaka Al-Kautsar  Buku ini Best seller karna memang ceritanya itu sendiri yang banyak memberi ilmu dan pelajaran bagi kita sebagai umat muslim yang seharusnya kita semua WAJIB agar membaca buku-buku Sirah Nabawiyah tentang Perjalanan hidup Rasulullah, adalah lautan yang luas membentang, dengan kebeningan airnya yang kebiruan.
Di sana tersimpan pesona alami nan abadi Tiada mata yang bosan memandang. Tiada hati yang jemu menikmati. Tiada berhenti orang menyelami. Karena sosok beliau, adalah pesona sepanjang masa. Buku Sirah Nabawiyah ini mencoba menyajikan pesona-pesona itu.
Sebagai buku yang berhasil meraih juara satu lomba karya tulis tentang sirah Rasulullah, yang diprakarsi Rabithah Al-Alam Al-Islami. Tidak terlalu mengherankan jika karya ini juga memiliki pesona tersendiri untuk dibaca dan dinikmati.
          Setelah itu saya mulai jalan kembali sambil melihat-lihat buku lain serta membacanya apalagi buku tentang islamiyah dan biasanya saya cuma membaca cover belakangnya saja jikalau itu menarik saya coba membacanya walaupun di langkah-langkah atau  secara ringkas,kalau bukunya memang membuat saya penasaran saya akan membelinya.
          Ada lagi buku Khulafaur Rasyidin yang saya temui dan buku ini saya temukan ketika saya habis dari acara seminar yang di selenggarakan di Islam Book Fair dan inti dari seminar itu adalah tentang perjalanan juga kisah sukses pengusaha muda yang dapat di simpulkan bahwa Sukses itu bisa di hasilkan dalam waktu yang instan jika kita punya Niat dan Kerja keras. Sekitar 30an dari seminar itu saya mulai jalan kembali sambil menenukan buku.Judul buku ini Khulafaurrasidin, Bani Umayyah Penerbit : Pustaka Al-kautsar Dan Penulisnya : Imam Jaluddin as suyuthi yang saya ingat buku ini menjelaskan tentang Peristiwa sejarah kondisi suatu zaman akan sangat dipengaruhi oleh siapa yang menjadi pemimpinnya saat itu. Hal ini dapat kita saksikan pada perjalanan umat Islam dari semenjak masa kenabian, masa khulafa'urrasyidin serta masa kedinastian Bani Ummayah dan Bani Abbasiyah. Kekhilafahan mengalami masa keemasan pada masa-masa khulafa'urassyidin terutama pada masa Khalifah Abu Bakar, Umar dan setengah dari masa kekhilafahan Utsman bin Affan. Setelah berakhirnya masa khulafa'urrasyidin, kekhilafahan berpindah secara turun temurun, adakalanya berada di tangan orang shalih dan adakalanya berada di tangan orang yang zhalim dan durhaka. Namun bagaimanapun kondisi mereka tetap lebih baik dibanding dengan masa pasca kejatuhan khilafah.
Imam As-Suyuthi, seorang ulama besar yang hidup antara tahun 849-911 H, mengungkap perikehidupan para khalifah (penguasa) berdasarkan periwayatan yang terpecaya dan komentar-komentar para ulama yang langsung menjadi pelaku sejarah. Karya beliau merupakan warisan yang sangat berharga karena kaya dengan pelajaran yang mendalam dan menjadi rujukan sepanjang zaman bagi umat yang ingin memahami sejarah para penguasa pendahulunya.





SILAHKAN COPY JIKA ARTIKEL INI MENARIK NAMUN HARAP CANTUMKAN SUMBERNYA




Artikel terkait:

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

terima kasih telah berkunjung sobat.
Silahkan komentar,kritik dan sarannya
setidaknya tegur sapa.heheh