Mpeg-4 dan kelbihannya


MPEG-4 yang di perkenalkan akhir tahun 1998 merupakan jenis audio yang standar coding video dan berhubungan dengan teknologi yang dikeluarkan oleh Moving Picture Expert Group (MPEG). Audio ini aslinya di keluarkan ntuk kepentingan Web (streaming media) dan distribusi CD, percakapan dalam Video Phone, dan siaran TV.

Kelebihan MPEG-4 adalah bisa melakukan kinerja MPEG-1, MPEG-2 dan standar lainnya. Fungsi tambahannya yaitu mendukung VRML (Virtual Reality Modeling Language) untuk rendering 3D. yang paling penting adalah MPEG-4 mampu melakukan fungsi interaktif dalam audio.

Untuk audio, kinerja dan kualitas MPEG-4 di kenal sebagai Advance Audio coding (AAC). AAC ini adalah inti dari MPEG-4, 3GPP dan 3 GPP2. ACC menyediakan kemampuan untuk memadatkan format suara menjadi lebih kecil tetapi kualitasnya jauh lebih baik daripada format lain seperti MP3. Tapi kualitasnya nggak kalah dengan CD Audio.
AAC di kembangkan oleh group MPEG termasuk didalamnya Dolby, Fraunhofer , AT & T, Sony dan Nokia. Perusahaan ini juga mengembangkan Dolby Digital.
Berhubung kualitasnya plus plus, banyak produsen audio yang memakai AAC.

Keunggulan AAC daripada MP3 :

1. Meningkatkan pemadatan audio ke kualitas yang lebih baik dengan ukuran file yang lebih kecil.
2. Mendukung audio multichannel, sampai 48 saluran frekuensi.
3. Resolusi suara yang lebih tinggi sampai 96 kHz. Dengan 128 Kbps (kilo byte per second) AAC mengalahkan MP3 di tingkatan yang sama. Bahakan pada tingkatan 98 Kbps, AAC jauh lebih baik dari MP3 di 128 Kbps.
4. Meningkatkan efisiensi decoding dengan mengurangi energy pemrosesan.


…Semoga Bermanfaat… !.Semoga Sukses.! .send komentar ya.




Artikel terkait:

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

terima kasih telah berkunjung sobat.
Silahkan komentar,kritik dan sarannya
setidaknya tegur sapa.heheh