format video (multimedia)

3GP
3GP (3GPP format file) adalah sebuah multimedia container format yang ditetapkan oleh Third Generation Partnership Project (3GPP) untuk 3G UMTS jasa multimedia. tetapi juga dapat dimainkan pada beberapa 2G dan 4G telepon.
3GP didefinisikan di dalam ETSI 3GPP spesifikasi teknis. 3GP diperlukan format file untuk video dan terkait pidato / media audio jenis dan berjangka waktu ETSI 3GPP teks dalam spesifikasi teknis untuk IP Multimedia Subsystem (IMS), Multimedia Messaging Service (MMS),

MP4
MPEG-4 Bagian 14 atau MP4 format file, secara resmi ISO / IEC 14496-14:2003, adalah sebuah multimedia container format standar yang ditetapkan sebagai bagian dari MPEG-4. Hal ini paling sering digunakan untuk menyimpan video digital dan digital audio stream, terutama yang didefinisikan oleh MPEG, tetapi juga dapat digunakan untuk menyimpan data lain seperti subtitle dan gambar diam. Seperti format wadah paling modern, MPEG-4 Part 14 memungkinkan streaming melalui internet. Trek petunjuk terpisah digunakan untuk menyertakan informasi dalam streaming file. Resmi filename extension untuk MPEG-4 Bagian 14 file adalah. Mp4, sehingga format wadah sering disebut hanya sebagai MP4.

MKV
Kontainer yang Matroska Multimedia merupakan standar terbuka bebas format wadah, sebuah format file yang dapat menyimpan dalam jumlah tidak terbatas video, audio, gambar atau judul lagu di dalam satu file. Hal ini dimaksudkan untuk menjadi format universal untuk menyimpan Common konten multimedia, seperti film atau acara TV. Matroska mirip konsep wadah lain seperti AVI, MP4 atau ASF, tetapi sepenuhnya terbuka di spesifikasi, dengan sebagian besar terdiri implementasi open source perangkat lunak. MKV untuk video (dengan sub judul dan audio),. MKA untuk audio-hanya file dan. MKS untuk sub judul saja.

RM
RealMedia adalah multimedia format wadah diciptakan oleh RealNetworks. Its extension is “.rm”. Dengan ekstensi “. Hal ini biasanya digunakan bersamaan dengan RealVideo dan RealAudio dan digunakan untuk streaming konten melalui Internet.
Biasanya sungai-sungai ini berada dalam CBR (konstan bitrate).
Baru-baru ini, RealNetworks telah mengembangkan wadah baru untuk VBR (variabel bitrate) sungai-sungai, bernama RMVB (RealMedia variabel bitrate).
Dukungan RealMedia tersedia dalam berbagai pemutar multimedia untuk berbagai arsitektur / platform , Termasuk RealPlayer dan Real Alternatif codec pack. DAP open source firmware Rockbox telah menambahkan dukungan untuk membaca RM wadah sebagai dari 6 Juli 2009, meskipun hanya codec tertentu yang terkandung dalam file RM dimainkan.
————————–
MPEG
Standar MPEG terdiri dari berbagai Parts. Each part covers a certain aspect of the whole specification. Setiap bagian mencakup aspek tertentu dari seluruh spesifikasi. Standar juga menetapkan Profil dan Levels. Profil ini dimaksudkan untuk mendefinisikan satu set alat yang tersedia, dan Tingkat menetapkan rentang nilai yang sesuai untuk sifat-sifat yang berhubungan dengan mereka. Beberapa dari standar MPEG yang disetujui direvisi oleh kemudian amandemen dan / atau edisi baru.
————————–
VOB
Sebuah file VOB (Video Object) adalah sebuah format kontainer di DVD-Video media. VOB dapat berisi video, audio, subtitle dan menu isi multiplexing bersama-sama ke dalam bentuk sungai. VOB didasarkan pada MPEG-2 program streaming format, tetapi dengan keterbatasan dan spesifikasi tambahan di sungai swasta.The MPEG-2 program streaming memiliki ketentuan untuk data yang non-standar (seperti yang digunakan dalam file VOB) di bentuk pribadi yang disebut stream. File VOB yang sangat ketat subset dari MPEG-2 aliran program standar.Sementara semua file VOB MPEG-2 program sungai, tidak semua program MPEG-2 aliran sesuai dengan definisi untuk sebuah file VOB.

DAT
Digital Audio Tape (DAT atau R-DAT) adalah sebuah sinyal perekaman dan pemutaran menengah yang dikembangkan oleh Sony dan diperkenalkan pada tahun 1987. Dalam penampilan itu mirip dengan kaset audio kompak, menggunakan 4 mm pita magnetik pelindung tertutup di shell, tetapi kira-kira setengah dari ukuran di 73 mm × 54 mm × 10.5 mm. Seperti namanya, adalah rekaman digital daripada analog. DAT memiliki kemampuan untuk merekam lebih tinggi, sama atau lebih rendah dari tingkat sampling CD (48, 44,1 atau 32 kHz sampling rate masing-masing) pada 16 bit kuantisasi. Jika sumber digital disalin maka DAT akan menghasilkan klon yang tepat, tidak seperti media digital lain seperti Digital Compact Cassette atau non-Hi-MD MiniDisc, baik yang menggunakan kompresi data lossy.
————————–
AVI
Audio Video Interleave, dikenal dengan akronim AVI, adalah multimedia format kontainer yang diperkenalkan oleh Microsoft pada November 1992 sebagai bagian dari Video untuk Windows teknologi. AVI file dapat mengandung data audio dan video dalam sebuah wadah yang memungkinkan file audio sinkron dengan pemutaran video. Like the DVD video format , AVI files support multiple streaming audio dan video, meskipun fitur ini jarang digunakan. Sebagian besar file AVI juga menggunakan ekstensi format file yang dikembangkan oleh Matrox grup OpenDML pada Februari 1996. File-file ini didukung oleh Microsoft, dan secara tidak resmi disebut “AVI 2.0″.

MOV
merupakan ekstensi format dari pada aplikasi Quick time.
QuickTime adalah berpemilik kerangka multimedia yang dikembangkan oleh Apple Inc, mampu menangani berbagai format video digital, klip media, suara, teks, animasi, musik, dan interaktif foto panorama. Hal ini tersedia untuk Mac OS klasik (System 7 dan seterusnya), Mac OS X dan Microsoft Windows sistem operasi. The latest version is QuickTime X (10.0) and is only available on Mac OS X v10.6 . Versi terbaru adalah QuickTime X (10,0) dan hanya tersedia di Mac OS X v10.6.


Membedakan ASF, AVI, MOV dan MPEG dari segi kualitasnya.
Urutan dari segi kualitasnya adalah sbb : ASF – AVI – MOV – MPEG.

1. ASF (Advanced Streming Format).
Kelebihan : - file-nya dapat berisi video, audio dan slide show, meskipun kualitasnya 
paling kurang dibandingkan dengan AVI, MOV dan MPEG. 
Kekurangan :- gambarnya kurang tajam (agak berbayang).
- kemampuan untuk memampatkan suara dan gambar kurang.
- resolusi gambar kurang.
Kualitas ASF tergantung pada size/min, semakin besar size/min-nya berarti kualitasnya 
semakin tinggi.

2. AVI (Audio Video Interleave).
Kelebihan : - format file-nya berlaku untuk standard Windows.
- gambarnya lebih tajam dibandingkan dengan ASF.
Kekurangan : - kemampuan untuk memampatkan suara dan gambar kurang.
- memiliki kemampuan resolusi gambar yang terbatas.
- tidak bisa full screen dan full motion video.
Kualitas AVI sama seperti ASF, yaitu tergantung pada size/min.

3. MOV.
Kelebihan : - kemampuan untuk memampatkan suara dan gambar baik.
- kualitas resolusi gambar sedang.
Kekurangan : - MOV hanya bagus untuk sistem ideo dan animasi.

4. MPEG (Motion Picture Experts Group).
Kelebihan : - merupakan standard internasional untuk format digital audio dan video, 
biasanya standard yang digunakan untuk VCD dan DVD.
- kualitas resolusi gambar bagus.
- kemampuan untuk memampatkan gambar dan suara baik.
Kekurangan : - kualitas perbandingan ukuran gambar sedang.

BD-Rip
Hampir sama dengan HD-Rip, cuma berasal dari Blu-ray Disk. Silakan lihat HD-Rip untuk lebij jelasnya.

CAM-Rip
CamRip biasanya di ambil atau di rekam dari suatu bisokop dengan mengunakan sebuah digital video camera (atau sejenisnya). Biasanya film jenis ini sangat buruk kualitasnya dikarenakan oleh sudut pengambilan yg kurang baik, atau goncangan camera. Serta kualitas suara yg buruk karena mengunakan onboard microphone pada camera tersebut. Kadang juga terdengar suara penontonnya. Karena faktor ini, kualitas film CAM sangat buruk sekali, mengingat banyak interferensi dan keadaan. Kelebihan dari CAM adalah ketersediannya, dalam waktu 24 jam setelah ditayangkan di bioskop biasanya telah ada di internet.

CVD
CVD adalah kombinasi dari format VCD dan SVCD yg umumnya supoort dengan kebanyakan DVD players. dan support MPEG2, bit-rates SVCD, dengan menggunakan resolusi 352×480 (ntsc). Umumnya orang jarang sekali ada yg merelease dalam format CVD.

DivX Re-Enc
DivX Re-Enc adalah seuatu jenis format yg di ambil dari sumber VCD asli dan kemudian di re-encoded menjadi kecil seperti DivX file. Biasanya format seperti itu hanya di temukan pada file sharing.

DivX / XviD
DivX adalah sebuah format yang di design untuk multimedia platform. Teknologi ini menggunakan 2 jenis codec, (1) low motion, (2) high motion. Kebanyakan film film tua di encode dengan menggunakan low motion only, karena teknologi film tersebut memiliki masalah pada high motion. Metode lainya disebut dengan SBC (Smart Bit-rate Control) yang dikembangkan untuk dapat men switch codecs pada saat encoding, dan menghasilkan gambar yang lebih baik. Format video ini menggunakan Ana orphic dan bit-rate/resolution sangat variatif. Sehingga DVD player pun dapat memainkan film dengan kualitas DivX ini, biasanya format ini akan lebih baik jika di encode dari DVD, dan biasanya akan memakan waktu sekitar 2jam per disc untuk meng konversi data nya. Beberapa codec yang tersedia biasanya menggunakan Divx3.11a dan XviD codec.

DVD Screener
DVD Screener adalah copy film dalam bentuk promosi (belum di release untuk umum) yang di kirim dari sebuah perusahaan film studio (dalam bentuk DVD Disk) yg belum di sensor atau di kritik dsb. Biasanya film-film DVD Screener sudah beredar dahulu di internet (di bajak dari orang dalam) dalam bentuk SVCD, DivX, XviD or DVDR. Copy an dari DVD Screener biasanya memiliki kualitas yg baik sama dengan final realese nya. Kekurangan nya biasanya di sertai dengan ekstra film lainnya ataupun timing yang masih terlihat.

DVD Rip
Copy dari final released DVD yang di Convert menjadi file berbentuk SCVD dan Divx/Xvid dengan kualitas yg cukup baik (biasanya tergantung dari master DVD yg ingin di Convert).

HD-Rip
Adalah hasil rip dari HD-DVD, memiliki kualitas gambar dan audio yang sangat baik. Biasanya diencoding dalam x264 dan audio 6 channel. Ada dua versi yang umum tersebar yaitu 720p dan 1080p, yang membedakan mereka adalah resolusi gambar yang dipakai, 720p (1280×720) sedangkan 1080p (1920×1080). Keduanya sama-sama memiliki aspek rasio 16:9 yang merupakan perbandingan antara lebar dan panjang video.

NTSC/PAL
NTSC punya frmae rate lebih tinggi dibanding PAL (29fps berbanding 25fps) tetapi PAL resolusinya lebih besar dan lebih tajam.

R3
Adalah Region 3 yang berasal dari Asia tenggara dan Asia timur (termasuk Hong Kong)
Qualitas R3 mirip dengan dvd. Mereka banyak menggunakan TS atau cam English audio rip karena high quality audio akan didapat pada bahasa Region 3.

R5 Line-atau R5/TC
Saat ini Russia movie studio mulai membatasi jumlah DVD yang masuk ke negaranya, ini diakibatkan untuk menghindari akan adanya pirate telecines (yang sering dilakukan di Rusia). Hingga saat ini, sangat jarang sekali ditemui telecines, dan kebanyakan film telecine yang kita lihat adalah R5 retail. R5 retail adalah hasil konversi dari studio, mereka pada dasarnya mencoba untuk memerangi pembajakan sehingga mereka membuat DVD dengan kualitas baik dan harga murah juga, hampir tidak ada cleanup di film nya setelah melalui proses telecine. Jadi perbedaan paling utamanya adalah, telecine dikeluarkan oleh para pembajak sedangkan r5 di keluarkan oleh studio yang menggunakan peralatan yang pro, professional studio dan orang orang yang professional. Qualitas dari R5 mirip dengan dvdscr, mereka juga biasanya menggunakan TS atau english cam audio rip karena kualitas audio yang lebih tinggi dibanding bahasa Rusia.

SCREENER (SCR)
Adalah sebuah pre VHS tape, yang di kirimkan ke berberapa toko rental, yang digunkan untuk promosi. Screener biasanya menggunakan VHS tape, dan berada dalam aspec ratio 4:3 (full screen). Biasanya pada film jenis ini pada bagian bawahnya terdapat "ticker" (sebuah pesan yang terdapat copyright dan anti-copy beserta nomor telepon). Biasanya film jenis ini anda akan merasa sedikit terganggu dengan ada teks yang tiba tiba keluar dari bagian bawah film, ataupun juga warna film menjadi hitam putih, tergantung dari teknologi yang digunakan untuk menghindari anti kopi, kebanyakan dari film screener di transfer ke bentuk VCD, ataupun SVCD.

SVCD
SVCD adalah dasar format mpeg2 (sama dengan DVD). Dengan bit-rates di atas 2500kbits pada resolusi 480×480 (NTSC)
dengan decompressed kedalam aspect ratio 4:3 pada saat play back. Karena perbedaan bit-rate dan lebih panjang di banding dengan VCD maka tidak akan muat di masukan ke dalam single CDR.

TELECINE (TC)
Telecine adalah sebuah metode pengkopian film digital langsung dari pita. Kualitas suara dan gambarnya sudah sangat baik, namun karena peralatan yang dibutuhkan untuk merekam telecine ini sangat jarang ditemui dan sudah menjadi langka. Biasanya film ini juga akan di perbaiki aspect ratio nya, dengan menggunakan standar 4:3 telecine.

TELESYNC (TS)
Hampir sama dengan CAM namun telesync menggunakan external audio source (sebuah audio jack yang terletak di kursi digunakan untuk orang yang sulit mendengar). Dengan memanfaatkan direct audio source belum tentu memastikan kualitas dari audio source tersebut, terkadang ada juga background noise yang menginterferensi. Biasanya telesync di putar oleh bioskop yang sepi yang memutar film dengan menggunakan proyektor khusus dengan professional camera, telesync mungkin akan memberikan kualitas gambar yang lebih baik dan qualitas suaranya juga. Namun biasanya persentase Telesyncs adalah CAM yang telah di label ulang.

TVRip
Adalah format yg di ambil dari media TV seperti acara olahraga, berita, wawancara dsb. Baik yg berasal dari TV cable/stellite . PDTV (Pure Digital Television) memiliki kualitas yg baik,yg di ambil dari TV PCI card (atau Tv tunner) umumnya kualitasnya lebih baik. Dan semua jenis itu di convert dalam bentuk SVCD/VCD/Divx/Xvid.

VCD
VCD adalah dasar format mpeg1 dengan constant bitrate 1150kbit pada resolusi 352×240 (NTCS). VCD biasanya di gunakan untuk transfer dengan kualitas rendah seperti (CAM/TS/TC/Screener(VHS)/TVrip(analogue) di buat dengan ukuran yg kecil dan layak dalam satu jenis ukuran disk (cd 650Mb). biasanya jenis format VCDs dan SVCD umunya lebih mengunakan ukuran waktu di banding Mb.

VHSRip
VHSRip adalah hasil transfer dari kaset VHS (biasanya dari video VHS) seperti olahraga,video dsb,yg di convert dalam bentuk SVCD/VCD/Divx/Xvid.

WORKPRINT (WP)
Workprint adalah hasil copy dari film yang belum selesai. Bisa jadi ini adalah missing scene, music, dan qualitasnya dapat berkisar dari excellent sampai ke very poor. beberapa WPs terkadang berbeda dengan final print (seperti film Men In Black ada yang hilang alien nya, dan beberapa aktor yang tidak berada pada tempatnya) lainya juga terkadang terdapat extra scenes. WP hanya akan menjadi koleksi sebelum anda memiliki film dengan kualitas sebenarnya.

XVCD/XSVCD
Sama dengan format dasar (VCD/SVCD) yg memiliki resolusi dan bit-rates tinggi (spt VCD/SVCD).tetapi format XVCD/XSVCD biasanya tergantung oleh player yg akan di gunakan (umunya tdk semua support sept VCD). X(S)VCD adalah bukan standar resmi. dan biasanya hanya di gunakan pribadi untuk home-ripping oleh orang2 yg memang tdk ada niat utk di perjualbelikan.

X264
X264 adalah open source encoder untuk H.264,codec yg di gunakan untuk High-Definition movies di HD-DVDs and Blue-Ray Discs. X264 merupakan avi.format yg populer sekarang karena memiliki kualitas lebih baik.

Istilah Lainnya :
RARset
Movie yang dihasilkan akan di berikan dalam bentuk kompresi format RAR, dapat berbentuk fromat RAR v2 (rar>.rxx) atau RAR v3 (part01.rar > partxx.rar).

NFO
NFO biasanya berisi informasi peng uploader atau ripper movie untuk mempromosikan group mereka, dan memberikan sedikit informasi mengenai release film nya, seperti format, source, size, dan beberapa notes yang informatif. Mereka juga melakukan recruit untuk member baru.

SFV
Biasanya dalam semua film film terdapat SFV. File ini digunakan untuk site level untuk memeriksa kalau masing masing file sudah ter upload dengan benar, dan ini akan memastikan kalau orang yang mendownload file tersebut akan memiliki acuan CRC dan mengetahui apakah filenya corrupt atau tidak. Gunakan program seperti pdSFV atau hkSFV untuk membaca file ini.

PROPER
Ini adalah semacam scene rules, misalkan ada orang pertama yang mengeluarkan Telesync namun di waktu yang lain, ada orang lain lagi mengeluarkan telesync film juga, dengan kualitas yang lebih baik tentunya maka tag PROPER akan ditambahkan di dalam filename ini. PROPER juga berarti dapat dikatakan kalau file yang sama lebih baik dari yang sebelumnya. Alasan dari tag PROPER selalu dimasukan didalam NFO.

SUBBED
Biasanya dalam film yang ada tag ini sudah diberikan encode subtitles didalam movie tersebut. Biasanya ini dalam format bahasa yang tidak umum seperti Indonesia/ malaysia/chinese/thai dan lainya, dalam SVCD mampu mengsupport untuk melakukan switch subtitles, beberapa DVDRip juga sudah disertai dengan subtitle


…Semoga Bermanfaat… !.Semoga Sukses.! .send komentar ya.




Artikel terkait:

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

terima kasih telah berkunjung sobat.
Silahkan komentar,kritik dan sarannya
setidaknya tegur sapa.heheh