1.Color Model
a. Bagaimana prinsip pewarnaan dengan
model RGB? Jelaskan!
b. Bagaimana prinsip pewarnaan dengan
model CMY? Jelaskan!
c. Apa beda prinsip dasar CMY dengan
RBG?
d. Mengapa teknologi printing biasanya
menggunakan model CMY, bukan RGB?
e. Bagaimana prinsip pewarnaan dengan
model HSL (Hue Saturation Lightness)?
Jelaskan!
f. Apa pengertian Hue, Saturation dan Lightness?
f. Apa pengertian Hue, Saturation dan Lightness?
2. Gamma Correction
a. Apa yang dimaksud gamma correction?
b. Mengapa gamma correction dibutuhkan?
3. Video Color
a. Bagaimana prinsip pewarnaan video dengan model YUV? Jelaskan!
b. Bagaimana prinsip pewarnaan video dengan model YCbCr? Jelaskan!
a. Apa yang dimaksud gamma correction?
b. Mengapa gamma correction dibutuhkan?
3. Video Color
a. Bagaimana prinsip pewarnaan video dengan model YUV? Jelaskan!
b. Bagaimana prinsip pewarnaan video dengan model YCbCr? Jelaskan!
JAWABAN :
1.
a. prinsip pewarnaan dengan model RGB adalah Media mengirimkan cahaya (seperti
televisi) menggunakan warna aditif dengan pencampuran warna primer dari merah, hijau,
dan biru, masing-masing yang merangsang salah satu dari tiga jenis reseptor
warna mata dengan sebagai stimulasi sesedikit mungkin dari dua lainnya
b. prinsip pewarnaan dengan model CMY Tinta cyan menyerap cahaya merah, tapi mentransmisikan hijau
dan biru, magenta tinta menyerap cahaya hijau tapi mentransmisikan merah dan
biru, dan tinta kuning menyerap cahaya biru, tetapi mentransmisikan merah dan
hijau.. Substrat putih memantulkan
cahaya yang ditransmisikan kembali ke penampil.. Karena dalam praktek tinta CMY cocok untuk
mencetak juga mencerminkan sedikit warna, membuat yang mendalam dan netral
hitam tidak mungkin, K (hitam tinta) komponen, biasanya dicetak lalu,
diperlukan untuk mengimbangi kekurangan mereka. Pewarna yang digunakan dalam
cetak warna tradisional fotografi dan slide jauh lebih sempurna transparan,
sehingga komponen K biasanya tidak diperlukan atau digunakan di media tersebut.
c. perbedaan
dasar RGB dan CMY adalah :
RGB
|
CMY
|
· Red Green Blue (merah, hijau, biru)
· RGB merupakan warna-warna primer yang digunakan pada monitor · Jadi RGB lebih digunakan untuk desain yang nantinya ditampilkan ke media layar monitor · Jika warna RGB di campur semua, akan menghasilkan warna putih |
· Cyan Magenta Yellow Black (orang awam bilang biru, merah,
kuning dan hitam )
· CMY merupakan warna-warna primer yang paling banyak digunakan pada printer · CMY lebih digunakan untuk desain yang nantinya ditampilkan ke media cetak · Jika warna CMY di campur semua, akan menghasilkan warna hitam |
d. karena
CMY merupakan model warna penintaan ,
warna-warna primernya (Cyan, Magenta, Yellow, BlacK) tergantung pada pigment
pada tinta & substrate yang dicetak. Sedangkan RGB model warna pencahayaan dipakai
untuk “input devices” seperti scanner maupun “output devices” seperti display
monitor, warna2 primernya (Red, Blue, Green) tergantung pada teknologi alat
yang dipakai. Jadi RGB tidak cocok digunakan untuk proses printing.
e. prinsip pewarnaan
dengan model HSL (Hue Saturation Lightness)
adalah
ia merepresentasikan warna
dalam 3 komponen : hue, saturation, dan
lightness. Yang mana masing-masing komponen akan dijelaskan pada jawaban
F.
f. *. hue
merupakan corak warna atau pilihanwarna yang meliputi spektrum warna pelangiseperti merah, kuning, hijau, dst.
*. Saturation merupakan
tingkat pewarnaan atautingkat kemurnian
sebuah warna.
*. Lightness menyatakan
tingkat terang sebuah warna.
2.a. Gamma Correction
adalah nama dari sebuah operasi nonlinier digunakan untuk
kode dan decode pencahayaan atau nilai tristimulus dalam video yang atau gambar
diam sistem.
b. untuk
mengimbangi sifat penglihatan manusia . dan Untuk memaksimalkan penggunaan bit atau bandwidth relatif
terhadap bagaimana manusia melihat cahaya dan warna.
3.a. prinsip
kerja Model Y'UV adalah Ia mengkodekan
warna gambar atau video mengambil persepsi manusia ke account, memungkinkan
bandwidth yang dikurangi untuk chrominance komponen, sehingga biasanya
memungkinkan kesalahan transmisi atau artefak kompresi untuk menjadi lebih
efisien tertutup oleh persepsi manusia daripada menggunakan
"langsung" RGB-representasi.
b. prinsip pewarnaan video dengan model YCbCr yaitu : ia merepresentasikan
warna sebagai kecerahan dan selisih sinyal warna, dengan tiga color components yaitu
: luma (Y), red chroma (Cr), dan blue chorma (Cb). Untuk mendapatkan YCbCr
dapat dilakukan dengan proses transformasi dari RGB color model
…Semoga Bermanfaat… !.Semoga Sukses.! .send komentar ya.
{ 2 komentar... read them below or add one }
tugas multimedia ya jar..
ane kopi ye gan.. thx
klik -----> http://bit.ly/rlpUQf
join blog ane juga jar
tugas multimedia ye jar..
ane copy ye..thx
join blog ane juga jar klik folow ----> http://bit.ly/rlpUQf
Posting Komentar
terima kasih telah berkunjung sobat.
Silahkan komentar,kritik dan sarannya
setidaknya tegur sapa.heheh