Tor Dealer yamaha


A.     Dasar Pemikiran Magang
Kemajuan tekhnologi dan informasi yang semakin berkembang membuatperusahaan-perusahaan berusaha meningkatkan kualitas produknya menjadi lebih baik. Semua ini dilakukan agar perusahaan lebih kompetitif dari perusahaan lainnya.Pada saat ini perusahaan harus lebih fleksibel di zaman yang selalu berubah, ini akan menjadi suatu dorongan bagi perusahaan untuk selalu meningkatkan produk yang dihasilkannya baik dari segi kualitas maupun ragam produknya. Upaya yang harus dilakukan perusahaan dalam memenuhi keinginandan kebutuhan konsumen serta mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan adalah dengan melakukan strategi pemasaran yang tepat dan terarah, seperti meningkatkan atribut produk, kebijakan harga, mendesain dan memilih saluran distribusi yang tepat untuk menghadapi persaingan yang ketat pada saat ini.

Sepeda motor adalah salah satu alternatif  bepergian dari satu tempat ketempat yang lain secara mudah, irit, cepat, luwes, efisien, dan lain sebagagainya.Bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah, motor menjadi harapan satu-satunya untuk dapat memiliki alat transportasi darat pribadi sesuai dengan kemampuan ekonominya. Mobil yang memiliki harga jual dan biaya operasiona lmahal / tinggi serasa tidak mungkin terjangkau oleh banyak rakyat ekonomi menengah ke bawah.

Peter drucker seperti dikutip oleh Philip kotler dalam buku “Manajemen Pemasaran” : definisikan pemasaran (2005:10) mengatakan bahwa “Tujuan pemasaran adalah membuat penjualan tidak terlalu penting lagi”. Tujuan pemasaran adalah mengetahui dan memahami pelanggan dengan baik sehingga produk atau jasa itu cocok dengan pelanggan dan selanjutnya mampu menjual dirinya sendiri. Idealnya, pemasaran harus menghasilkan pelanggan yang siap membeli. Dalam kata lain, penjualan bukanlah target utama perusahaan adalah untuk mengetahui produk apa yang diperlukan oleh pasar saat ini, dan menemukan konsumen yang membutuhkannya.

Usaha yang dilakukan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan konsumen sekaligus memenangkan persaingan, perusahaan harus mempersiapakan srategi pemasaran yang tepat untuk produknya. Produk yang ditawarkan ke pasar harus mendapatkan perhatiaan untuk dibeli, digunakan, atau dikonsumsi agar memenuhi keinginan dan kebutuhan. Konsumen akan berusaha untuk memenuhikebutuhannya dan mencari manfaat tertentu dari suatu produk,konsumen akanmempertimbamgkan produk mana yang akan dipilih untuk memenuhi kebutuhan dan memberikan manfaat yang diperlukan.

Dalam memilih produk, konsumen tentu saja akan di pengaruhi oleh desain dari produk. Desain produk merupakan segala sesuatu yang melekat dan menyertai produk tersebut, seperti merek, bentuk, model, warna, kualitas dan sebagainya. Desain merupakan salah satu unsur penting yang dapat mendorong konsumen untuk membeli produk, semakin baik desain atau modelnya produk maka konsumen akan semakin tertarik untuk membeli suatu produk tersebut.

Yamaha adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang sektor produksi otomotif yang salah satunya memproduksi kendaraan roda dua. Yamaha juga tidak terlepas akan persaingan yang semakin tajam khususnya dalam industri otomotif karena banyak nya perusahaan- paerusahaan yang menghasilkan produk yang sejenis. Oleh karena itu dalam melaksanakan aktifitas penjualannya perusahaan harus dapat merancang srategi pemasaran yang diarahkan untuk mencapai tujuan perusahaan dalam meningkatkan pembelian konsumen terhadap produk tersebut.

Desain produk yang di tawarkan oleh perusahaan-perusahaan pesaingYamaha tidak kalah hebatnya, seperti halnya Honda sudah mempunyai merek yang bagus di benak konsumen dan terkenal dengan iritnya, Suzuki terkenal dengan kecepatan motor bebek sekelasnya, Kawasaki yang mempunyai keunggulan dari desain motornya, Yamaha juga yang dirancang dengan desain yang trendi berbahan bakar irit, serta kelebihan pada kecepatan, akselerasi dan banyak pilihannya bagi konsumen pria dan wanita. Di samping itu kelebihan lainnya adalah pada harga, desain, warna, merek, nilai jual, dan fasilitas yang diberikan oleh dealer.
Berbagai macam atribut atau desain produk yang di tawarkan oleh perusahaan perusahaan, terutama Yamaha. Konsumen di hadapkan dengan pilihan - pilihan yang sulit mengetahui atribut produk motor bebek, karena atribut produk yang baik serta dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen dapat menunjang perusahaan untuk tetap bertahan dalam persaingan seketat apapun. Berdasarkan uraian tersebut diatas akan pentingnya merek dan desain produk bagi kelangsungan hidup suatu perusahaan maka penulis tertarik untuk memilih jadul: “PENGARUH DESAIN PRODUK TERHADAP PERILAKU KONSUMEN PADA DEALER SEPEDA MOTOR YAMAHA SUMBER KENCANA YOGYAKARTA”.
B.     Tujuan magang
Tujuan yang ingin dicapai dari laporan magang ini adalah :
1.      Umum
a.       Untuk mengkaji Apakah pengaruh desain produk mempengaruhi perilaku konsumen dalam membeli sepeda motor merek Yamaha
b.      Untuk mengkaji Apakah perilaku konsumen dalam memutuskan membeli sepeda motor merek Yamaha dipengaruhi oleh desain produk?
c.       Untuk mengetahui Seberapa besar pengaruh desain produk terhadap perilaku konsumen dalam membeli sepeda motor merek Yamaha?
2.      Khusus
a.       Memenuhi kurikulum Program D3 Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia.
b.      Membuat laporan yang sesuai dengan pedoman yang telah ditentukan

C.     Target Magang
Mampu melakukan analisis dan kalkulasi terhadap desain produk dari daeler Yamaha sehingga memiliki kualitas yang sangat baik dimata konsumen, serta mampu mempengaruhi perilaku konsumen dalam mengambil keputusan sebelum  membeli dan perusahaan mendapatkan loyalitas dari masyarakat luas.
                                                                                                                    
D.    Bidang Magang
 Beberapa bidang yang akan di teliti di dalam proses kegiatan magang:
·        Magang dilaksanakan pada bidang Pemasaran.

E.     Lokasi
Tahap rencana penelitian, meliputi:
·        Nama Instansi         : Daelar Yamaha Sumber Baru Motor
·        Alamat                   : Jl. Kaliurang Km 14,5 Sleman Yogyakarta
F.      Jadwal magang
No
Kegiatan
Bulan_1
Bulan_2
Bulan_3
Bulan_4
Bulan_5
Bulan_6
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Kunjunagn Lokasi Magang
























2
Penulisan Term Of Reference
























3
Pengajuan TOR pada Dosen Pembimbing
























4
Pengajuan TOR pada Counterpart
























5
Pelaksanaan Kegiatan magang
























6
Bimbingan dengan Dosen Pembimbing
























7
Penyusunan Laporan Magang
























8
Ujian Kompetensi






























Yamaha merupakan salah satu merek sepeda motor yang sudah dikenal oleh masyarakat luas, tidak heran jika merek sepeda motor Yamaha menjadi pilihan favorit masyarakat yogyakarta karena irit bahan bahkar, desain produk yang selalu berubah-ubah lebih baik, dan harga yang terjangkau untuk kelas masyarakat kebawah. Salah satu penekanan strategi yang dilakukan oleh PT. YAMAHA adalah strategi promosi yang tidak henti-henti sering kita lihat dimedia Koran, Televisi dan atribut-atribut promosi lainnya.



SILAHKAN COPY JIKA ARTIKEL INI MENARIK NAMUN HARAP CANTUMKAN SUMBERNYA




Artikel terkait:

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

terima kasih telah berkunjung sobat.
Silahkan komentar,kritik dan sarannya
setidaknya tegur sapa.heheh