PERILAKU KONSUMEN



Pengertian Perilaku Konsumen
Perilaku konsumen adalah proses yang dilalui oleh seseorang/ organisasi dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan membuang produk atau jasa setelah dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhannya. Perilaku konsumen akan diperlihatkan dalam beberapa tahap yaitu tahap sebelum pembelian, pembelian, dan setelah pembelian. Pada tahap sebelum pembelian konsumen akan melakukan pencarian informasi yang terkait produk dan jasa. Pada tahap pembelian, konsumen akan melakukan pembelian produk, dan pada tahap setelah pembelian, konsumen melakukan konsumsi (penggunaan produk), evaluasi kinerja produk, dan akhirnya membuang produk setelah digunakan.
Dalam kehidupan sehari-hari sering kita jumpai keanekaragaman perilaku konsumen dan perbedaan konsumen baik itu dari sifat,watak, kriteria atau pun selera beli konsumen. Gambar diatas salah satu contoh keanekaragaman konsumen, dari gambar tersebut dapat kita lihat dua sifat konsumen yang memiliki kriteria yang berbeda. Gambar sebelah kiri menunjukan kriteria konsumen yang memiliki sifat yang sangat teliti dalam mengambil keputusan untuk membeli produk suatu barang, konsumen tersebut melihat-lihat produk barang yang di displaykan serta membanding-bandingkan kualitas harga produk satu dengan produk lainnya. Dalam segi pelayanan pemilik toko pun memiliki pelayanan yang cukup memuaskan karena pemilik toko mempersilahkan konsumen untuk duduk terlebih dahulu sambil melihat-lihat produk yang ditawarkan, dari ini dapat kita uraiankan konsumen memiliki rasa nyaman dan tidak tergesa-gesa dalam memilih produk yang akan dibelinya.sedangkan gambar konsumen yang sebelah kanan berbeda sekali dengan gambar konsumen sebelah kiri, gambar konsumen sebalah kanan memiliki sifat dan kriteria kurang teliti dan tergesa-gesa dalam membeli suatu produk, konsumen tersebut membeli suatu produk dalam keadaan berdiri, artinya konsumen tersebut tergesa-gesa dan kurang nyaman dengan keadaan toko sekitarnya, pelayanan yang diberikan pemilik toko tersebut kurang baik karena tidak mempersilahkan konsumen untuk duduk terlebih dahulu dan tidak menawarkan produk-produk lain yang akan dijual.
Dari uraian diatas dapat saya simpulkan bahwa konsumen memiliki sifat dan kriteria yang berbeda-beda baik itu sifat konsumen yang tergesa-gesa, teliti, dan ada juga sifat konsumen yang pemarah.sebaliknya para pemilik toko atau para wirausahawan pun memiliki pelayanan yang berbeda-beda, ada yang memuaskan konsumen agar dapat kembali membeli dan ada juga yang kurang memuaskan, biasanya konsumen tidak akan kembali membeli. Agar hal ini tidak terjadi seharusnya pemilik toko dapat memberikan pelayanan yang memuaskan dan dapat mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan untuk membeli produk yang ditawarkan dari pemilik toko.


SILAHKAN COPY JIKA ARTIKEL INI MENARIK NAMUN HARAP CANTUMKAN SUMBERNYA




Artikel terkait:

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

terima kasih telah berkunjung sobat.
Silahkan komentar,kritik dan sarannya
setidaknya tegur sapa.heheh