Contoh kuesioner survey dikti 2007


Lampiran 1. Kuesioner Survei Lapangan

ANALISIS PENGARUH PERSEPSI KONSUMEN MENGENAI

SUASANA LINGKUNGAN TOKO TERHADAP NILAI-NILAI MERCHANDISE

DAN MAKSUD/PERHATIAN PELANGGAN  TOKO RITEL

DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA


Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Dengan hormat, Saya mohon kesediaan Bapak/Ibu/Saudara untuk meluangkan waktu sejenak guna mengisi kuesioner ini, terkait dengan persepsi Bapak/Ibu/Saudara sebagai konsumen toko ritel (supermarket/hypermarket/minimarket) ini.
Semua jawaban yang Bapak/Ibu/Saudara berikan adalah: sesuai dengan persepsi Bapak/Ibu/Saudara sebagai konsumen toko ritel. Toko ritel yang dimaksud tidak khusus hanya untuk satu toko langganan Bapak/Ibu/Saudara saja. Semua jawaban yang diberikan murni untuk kepentingan studi, mohon untuk semua pernyataan dijawab. Tidak ada jawaban yang benar atau salah. Jawaban Saudara menunjukkan penilaian Saudara sebagai konsumen pada satu atau lebih toko ritel. Atas kesungguhan, keikhlasan dan kerjasama Bapak/Ibu/Saudara, Saya mengucapkan banyak terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.





Yogyakarta,   2006



Peneliti
Khusniyah Purwani, M.Si.
Dosen Program D-3 Ekonomi UII
Kampus UII Terpadu.Jl. Kal. Km 14,5 Yogyakarta.
Kuesioner I: Karakteristik Konsumen
Isilah dengan menyilang alternatif jawaban yang benar  dan isilah dg jawaban bebas pada pertanyaan terbuka


Jenis Kelamin : a. Wanita                    b. Pria

Usia (saat ini)   : a. < 21 tahun b. 21 – 25 tahun          
                                     c. 26 – 30 tahun         d. 31 – 35 tahun           e. > 35 tahun

3. Pendidikan : a. SD                          b. SMP                       
                                      c. SMU/ sederajat      d. S1/S2/S3     e. lainnya:………………

4. Pekerjaan   :a. Pegawai Negeri             b.Swasta                 c.Profesional..........
                         d. Lainnya: (sebutkan).......................................................................

5. Penghasilan/bln :       a. < Rp500.000                         b.Rp501.000 - Rp1.500.000
                                    c.Rp1.501.000– Rp2.500.000  d.Rp2.501.000 – Rp3.500.000
                                    e. > Rp3.501.000.

6. Berapa kali frekuensi Saudara berbelanja ke toko ritel ?
a. 1-2 kali/minggu                     b. 1-2 kali/bulan                                                 
c. ≥ 3 kali/minggu                     d. ≥ 3 kali/bulan          
e.Lainnya (sebutkan)........................

7. Berapa rupiah setiap bulannya pengeluaran yang Bapak/Ibu/Saudara belanjakan ke toko ritel?
a. < Rp500.000 – Rp1.000.000                       b.Rp.1.001.000 – Rp.1.500.000
c.Rp.1.501.000 – Rp.2.000.000                      d.Rp.2.001.000 –Rp.2.500.000
e.lainnya(sebutkan). Rp……………………………………….

8. Toko ritel manakah yang pernah/sering dijadikan sebagai tempat pilihan Bapak/Ibu/ Saudara untuk belanja?            (sebutkan)…boleh diisi lebih dari satu.
(contoh toko ritel: ALFA, Carefour, Indogrosir, Mirota, MAKRO, WS, Pamella, Gardena, MATAHARI supermarket, Matahari Mall, dsb.)
a. …………………………………                b. ………………………….
c. ...................................................                 d. .........................................
e. ....................................................                f. ..........................................
g. .....................................................               h. .........................................




KUESIONER II.
Atribut-atribut pengukuran persepsi konsumen tentang suasana lingkungan toko terhadap nilai barang dagangan (merchandise) dan ketertarikan pelanggan toko ritel di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Isilah pernyataan di bawah ini dengan memberi “Ö“pada lingkaran symbol JK¡L yang tersedia, dengan alternatif jawaban sebagai berikut:
SS = Sangat setuju (Skor 5)                S = Setuju  (Skor 4)              N = Netral (Skor 3)
TS = Tidak setuju (Skor 2)                   STS = Sangat tidak Setuju (skor 1)
           
Persepsi konsumen tentang Desain

SS
S
N
TS
STS
1
Penataan/Pola komposisi warna dinding toko ritel ini sesuai/menarik
J
K
¡
L
2
Pola pewarnaan interior di dalam toko ini sesuai/menarik
J
K
¡
L
3
Fasilitas-fasilitas untuk konsumen, yang diberikan toko ini menarik
J
K
¡
L
4
Penataan barang dagangannya rapi, teratur mudah dicari/dijangkau konsumen.
J
K
¡
L
5
Penataan barang dagangannya tidak membingungkan konsumen
J
K
¡
L


Persepsi konsumen tentang Pramuniaga






1
Pramuniaga toko ini mengenakan pakaian yang seragam, rapi, dan baik
J
K
¡
L
2
Pramuniaganya peduli kepada konsumen
J
K
¡
L
3
Pramuniaganya mau membantu konsumen
J
K
¡
L
4
Pramuniaganya perhatian kepada konsumen
J
K
¡
L



Persepsi konsumen tentang Musik 






1
Musik yang diperdengarkan di toko ini menyejukkan
J
K
¡
L
2
Alunan Musik di dalam toko ini tepat
J
K
¡
L
3
Musik yang diperdengarkan di toko ini menimbulkan suasana persaudaraan
J
K
¡
L
4
Alunan Musik di dalam toko ini mengikuti trend lagu-lagu konsumen
J
K
¡
L


Persepsi konsumen tentang Biaya Waktu/Usaha
SS
S
N
TS
STS
1
Untuk berbelanja ke toko ini membutuhkan waktu yang relatif cukup
r
r
o
q
q
2
Untuk berbelanja ke toko ini membutuhkan waktu khusus
r
r
o
q
q
3
Untuk berbelanja ke toko ini membutuhkan usaha khusus/ tersendiri
r
r
o
q
q
4
Untuk berbelanja ke toko ini memerlukan pengorbanan waktu/tenaga saya
r
r
o
q
q

Persepsi konsumen tentang Biaya Psikis/pikiran





1
Suasana/atmosfir lingkungan toko ini tidak menyenangkan
r
r
o
q
q
2
Atmosfir di dalam lingkungan toko ini tidak menyejukkan
r
r
o
q
q
3
Kondisi lingkungan toko ini tidak nyaman
r
r
o
q
q
4
Suasana/atmosfir lingkungan toko ini tidak mengenakkan
r
r
o
q
q

Persepsi konsumen tentang Biaya
(dalam satuan moneter/uang/rupiah)






1
Harga barang-barang yg ditawarkan toko ini mahal
r
r
o
q
q
2
Harga barang-barang yg ditawarkan toko ini memerlukan jumlah uang banyak
r
r
o
q
q
3
Harga barang-barang yg ditawarkan toko ini tidak murah
r
r
o
q
q

Persepsi konsumen tentang Kualitas Pelayanan Pramuniaga






1
Pramuniaga toko ini telah terlatih baik
r
r
o
q
q
2
Pramuniaganya mempunyai perhatian kepada konsumen secara khusus
r
r
o
q
q
3
Kualitas pelayanan pramuniaganya profesional
r
r
o
q
q
4
Pelayanan yang diberikan oleh pramuniaga toko ini cepat 
r
r
o
q
q
5
Pramuniaga toko ini memberikan pelayanan dengan segera.
r
r
o
q
q




Persepsi konsumen tentang Kualitas Barang Dagangan

SS
S
N
TS
STS
1
Barang dagangan yang dijual berkualitas
r
r
o
q
q
2
Barang dagangan yang tersedia dapat menjawab kebutuhan konsumen saat ini
r
r
o
q
q
3
Barang dagangan yang dijual berstandar bagus/ tinggi
r
r
o
q
q
4
Barang dagangan yang dijual tepat/sesuai kebutuhan konsumen
r
r
o
q
q


Persepsi konsumen tentang Nilai Barang Dagangan





1
Harga barang dagangan yang tersedia sesuai
r
r
o
q
q
2
Barang dagangan yang tersedia bernilai bagus
r
r
o
q
q
3
Harga barang yang tersedia standar utk konsumen
r
r
o
q
q
4
Harga yang tertera sesuai dengan kualitas barang dagangannya
r
r
o
q
q


Perhatian/ketertarikan pelanggan toko






1
Toko ini layak untuk direkomendasikan kepada teman/ saudara/ kelompok saya
r
r
o
q
q
2
Toko ini nyaman/enak untuk berbelanja
r
r
o
q
q
3
Toko ini merupakan tempat yang paling memungkinkan untuk berbelanja
r
r
o
q
q
4
Toko ini merupakan tempat yang tepat untuk berbelanja
r
r
o
q
q


Lampiran 2.    BIOGRAFI/ RIWAYAT HIDUP PENELITI
1.             Nama lengkap dan gelar:                                     Tempat, tanggal lahir:
Khusniyah Purwani, M.Si.                                  Bantul, 11 Agustus 1971
2.                    Pendidikan
Universitas
Gelar
Selesai th.
Bidang studi
Universitas Islam Indonesia
Sarjana Ekonomi (S.E.)
1994
Ilmu-ilmu Sosial; Manajemen Perusahaan
Universitas Gadjah Mada
Magister Sains (M.Si.)
2001
Ilmu-ilmu Sosial; Manajemen Perusahaan
3.                 Pengalaman kerja dalam penelitian dan pengamalan profesional serta kedudukan saat ini
Institusi
Jabatan
Periode bekerja
Program D-3 FE UII
Dosen tetap
1995 – sekarang
Program D-3 FE UII
Ka. UPT perpustakaan & Lab.
1996 - 1998
Program D-3 FE UII
Staff Pembantu Ketua III
2001
Program D-3 FE UII
Pembantu Ketua II
2002 - 2005
4.                 Daftar publikasi yang relevan dengan proposal penelitian yang diajukan
Tahun
Judul
Publikasi
1997
Analisa Sikap Konsumen dalam Pembelian Produk Fast Food di KFC Yogyakarta

Penelitian Dana Kopertis Wil V. Yogyakarta
1998
Analisa Sikap Siswa siswi Sekolah Menengah Umum terhadap Pemilihan Lembaga Pendidikan Diploma III di Daerah Istimewa Jogjakarta

Penelitian Dana  Lembaga Program D-3 FE UII
1999
Perubahan Peran Sumber Daya Manusia Dalam Transformasi Organisasi
Majalah Arena Almamater Kopertis Wil V  No. 51, tahun XIVJuni 1999
2000
Pembentukan Consideration Set Size pada Switching Behavior Konsumen dalam Pembelian Produk Mobil
Jurnal Aplikasi Bisnis D-3 FE UII Volume 1, Nomor 1, Juni 2000

2001
Gaya Hidup Konsumen Dewasa di Era Millenium Baru (Sebuah Perbandingan Konsumen Amerika dengan Konsumen Indonesia)
Jurnal Aplikasi Bisnis Volume 2 Nomor 3, Juni 2001
2001
Dimensi Kepercayaan dalam Virtual Organization
Majalah Arena Almamater  Kopertis No. 54 tahun XV. Jan- Mar 2001
2002
Perilaku Beralih Merek Konsumen dalam Pembelian Produk Otomotif (mobil).
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia UGM Jogjakarta, 2002
2003
Riset Mandiri dengan judul: Analisis Perilaku Mencari Variasi Konsumen Dalam Pemilihan Produk Handphone
Hasil Riset Mandiri dengan dana dari KOPERTIS Wil V Jogjakarta

2003
Riset Perilaku Konsumen dengan judul: Analisis Perilaku Brand Switching Konsumen Pada Pembelian Produk Sepeda Motor.

Hasil Riset Mandiri dengan dana dari DIKTI tahun anggaran 2003 2004  ( April - Sept 2004)
2004
Analisis Brand Name pada Produk Detergen “Surf”
Jurnal BENEFIT Universitas Muh Surakarta,edisi Juni 2004
2005
Perilaku Konsumen dalam Berpindah Merek Produk Sepeda Motor
Jurnal Aplikasi Bisnis Program D-3 FE UII, Vol 6 No 8. Februari 2005.
2005
Pengaruh V.Ketrampilan Karyawan, Sumber daya Perusahaan, Nilai Pelanggan, Keunikan, Persepdi Bunga, Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Thdp Kinerja Pemasaran Bank Perkreditan Rakyat

Riset dengan dana dari KOPERTIS Wil V. Yogyakarta . Maret 2005
2006
Analisis Segmentasi Pasar Produk Handphone di Daerah Istimewa Yogyakarta

Riset dengan dana DIKTI tahun anggaran 2006.



SILAHKAN COPY JIKA ARTIKEL INI MENARIK NAMUN HARAP CANTUMKAN SUMBERNYA




Artikel terkait:

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

terima kasih telah berkunjung sobat.
Silahkan komentar,kritik dan sarannya
setidaknya tegur sapa.heheh