Contoh kuesioner segmentasi


Lampiran 1.                                                                        Kuesioner Survei Lapangan

 

JUDUL: ANALISIS SEGMENTASI PASAR

PRODUK TELEPON SELULER “HANDPHONE”

 DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA



Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Dengan hormat,
Dalam penelitian tentang segmentasi pasar produk handphone ini, saya mohon kesediaan Bapak/ Ibu/ Saudara untuk meluangkan waktu mengisi kuesioner dan tes skala yang terkait dengan penggunaan produk handphone.
Semua jawaban atau tanggapan yang Bapak/ Ibu/ Saudara berikan adalah: sesuai dengan kondisi Saudara pribadi saat ini. Jawaban yang diberikan atas semua pernyataan atau pertanyaan murni untuk kepentingan studi, mohon untuk tidak ada yang tidak terjawab. Tidak ada jawaban yang benar atau salah. Jawaban Saudara menunjukkan penilaian Saudara terhadap penggunaan  Handphone Saudara sendiri.
Atas kesungguhan, keikhlasan dan kerjasama Bapak/ Ibu/ Saudara, Saya mengucapkan banyak terima kasih

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.


Yogyakarta, ….         2005




Peneliti
Khusniyah Purwani, S.E., M.Si.
Dosen tetap Program Diploma III FE UII


Kuesioner I : Karakteristik Responden
Isilah dengan menyilang pd alternatif jawaban yang benar
 


Jenis Kelamin   : a. Wanita                    b. Pria

Status               : a. menikah                  b. belum menikah          c. janda/ duda

Usia                 :
a. < 21 tahun                                       b. 21 – 25 tahun          
c. 26 – 30 tahun                                  c. 31 – 35 tahun           e. > 35 tahun

4. Pendidikan              :
a. SD                                                  b. SMP                       
c. SMU/ sederajat                               d. Sarjana                     e. Pasca Sarjana

5. Pekerjaan                :
a. Pegawai Negeri                               b.Swasta                                                                                c.Profesional                               d. Lain-lain

6. Status Keluarga       :
a. Tidak memiliki Anak                        b. memiliki anak            c. lain-lain

7. Jumlah anak dalam keluarga :
a. tidak memiliki anak                          b. anak 1                      c. anak 2
d. anak 3                                             e. labih dari 3 anak

8. Pengeluaran dalam sebulan
a. < Rp.250.000                                  b.Rp.250.000 - Rp.500.000
c.Rp.501.000 - Rp750.000                 d. Rp.750.001 – Rp.1.000.000
e. > Rp.1.000.001.

9. Berapa kali saudara pernah membeli handphone?
a. 1 kali                                               b. 2 kali                                                   
c. 2-4 kali                                            d. beberapa kali

10. Saudara membeli produk ini termotivasi oleh siapakah?
a. Saudara/ teman                                b. keluarga
c. diri sendiri                                        d. lain-lain

11. Saudara mengetahui produk handphone  dari :
a. saudara/ teman                                  b. radio                       
c. televisi                                              d. surat kabar/ majalah

12. Surat kabar yangs sering saudara baca (bias lebih dari satu)
a. KOMPAS                                        b. REPUBLIKA
c. Kedaulatan Rakyat                           d. lainnya

13. Majalah yang sering dibaca?
a. TEMPO                                           b. FEMINA
c. GATRA                                           c. lain-lain (sebutkan) ………………….

14. Berapakah penghasilan dalam sebulan?
a. < Rp.500.000                                  b.Rp.500.001 - Rp.750.000
c. Rp750.001- Rp.1.000.000              d. Rp.1.000.001- Rp.2.000.000
e. > Rp.2000.001.

15. Merek handphone apakah yang pernah saudara beli dan digunakan?
a. 1merek yaitu (……………………..)                      
b. 2 merek yaitu (………………………………) & ( …………………………)
c. 3 merek yaitu ( ……………………………….) & ( ………………………….)
       (………………………………………..)
d. > 3  merek , sebutkan ………………………………………………………...

16. Di manakah saudara beli/ pernah beli produk handphone tersebut.
a. ……………………………………….
b. ………………………………………
c. ……………………………………….
d. ……………………………………….



KUESIONER II.
Atribut-atribut yang digunakan  sebagai pertimbangan dalam pembelian dan pemakaian handphone.

Isilah pernyataan di bawah ini dengan memberi “tanda X atau Ö “pada lingkaran symbol JK¡L yang tersedia, dengan alternatif jawaban sebagai berikut:
SS (Skor 5) = Sangat setuju     N (Skor 3)       = Netral
S (Skor 4)   = Setuju                TS (Skor 2)      = Tidak setuju
STS (Skor 1)   = Sangat tidak setuju

1.        Atribut-atribut yang mendorong Saudara memilih, membeli produk handphone.

No
Atribut
SS
S
N
TS
STS
1
Tersedia banyak pilihan merek
J
K
¡
L
2
Bentuk fisik Hp yang menarik
J
K
¡
L
3
Mobilitas tinggi/ fleksibel di manapun
J
K
¡
L
4
Kemudahan/ kepraktisan
J
K
¡
L
5
Trend/ selera masa kini
J
K
¡
L
6
Referensi keluarga/ teman
J
K
¡
L
7
Citra produk yang baik
J
K
¡
L
8
Iklan yang variatif tidak membosankan
J
K
¡
L
9
Desain barang yang menarik
J
K
¡
L
10
Harga yang terjangkau
J
K
¡
L
11
Model yang bermacam-macam
J
K
¡
L
12
Punya feature/ keunggulan lebih dibanding telepon lain/ telepon portable
J
K
¡
L
13
Harga jual kembali Hp berterima bg konsumen
J
K
¡
L
14
Budaya yang tidak terbendung
J
K
¡
L
15
Ikut arus secara umum saja
J
K
¡
L


2.      Manfaat yang dicari konsumen dalam mengkonsumsi produk Handphone

No
Atribut Manfaat
SS
S
N
TS
STS
1
Dapat dibawa kemanapun
o
p

r
q
2
Dapat digunakan di mana pun
o
p

r
q
3
Memberikan nilai ekonomis yg tinggi
o
p

r
q
4
Praktis pemakaiannya
o
p

r
q
5
Fleksibel sesuai kebutuhan pemakai
o
p

r
q
6
Menaikkan status social
o
p

r
q
7
Menaikkan gengsi
o
p

r
q
8
Tersedia di banyak tempat utk isi pulsa
o
p

r
q
9
Solusi untuk konsumen yang memiliki mobilitas kerja tinggi
o
p

r
q
10
Awet/ tahan lama produknya
o
p

r
q

  1. Atribut Gaya Hidup.
No
Aktivitas
SS
S
N
TS
STS
1
Saya suka membaca buku setiap hari
o
p

r
q
2
Saya suka membaca surat kabar setiap hari
o
p

r
q
3
Saya suka membaca majalah ekonomi / pemasaran setiap hari
o
p

r
q
4
Saya sering keluar bersama keluarga
o
p

r
q
5
Saya seorang pengejar karir
o
p

r
q
6
Saya seorang yang selalu straight dengan waktu/ selalu memanfaatkan waktu sebaik-baiknya
o
p

r
q
7
Saya suka menonton pertunjukkan konser musik
o
p

r
q
8
Saya suka berinteraksi dengan banyak orang
o
p

r
q
9
Saya  menikmati berbelanja di gerai-gerai ritel (minimarket, supermarket, hypermarket, dll) di manapun
o
p

r
q
10
Saya suka berdiskusi dengan kelompok referens saya
o
p

r
q
11
Saya terlibat dalam kelompok yang mendapat amanah dari orang banyak
o
p

r
q
12
Saya memegang jabatan penting dalam masyarakat
o
p

r
q
13
Saya memegang jabatan penting dalam organisasi
o
p

r
q
14
Saya suka berolahraga
o
p

r
q
15
Saya senang bepergian dalam melaksanakan pekerjaan
o
p

r
q
16
Saya suka ke café/ resto-resto
o
p

r
q
17
Saya suka mengerjakan segala sesuatu bersama-sama
o
p

r
q
18
Saya memiliki handphone
o
p

r
q
19
Saya mengendarai kendaraan sendiri/ Saya tidak tergantung pd transport umum
o
p

r
q
20
Saya tidak memegang kendaraan sendiri/ Saya menggunakna transport umum dalam bepergian
o
p

r
q
21
Saya senang mendengarkan radio
o
p

r
q
22
Saya menyenangi hiburan
o
p

r
q


No
Minat
SS
S
N
TS
STS
1
Keluarga sangat penting bagi saya
o
p

r
q
2
Saya menyenangi kebersihan
o
p

r
q
3
Saya suka segala sesuatu yg praktis-praktis
o
p

r
q
4
Saya mengikuti perkembangan
o
p

r
q
5
Saya mencintai produk yang fleksibel
o
p

r
q
6
Saya mencintai produk yang berkualitas baik
o
p

r
q
7
Saya suka mencoba sesuatu yang bersifat baru (novelty)
o
p

r
q
8
Saya termasuk orang yang memanfaatkan waktu dg sebaik-baiknya, bagi saya waktu adalah mahal
o
p

r
q
9
Saya menyukai keindahan, ketepatan dan kecepatan dalam segala hal
o
p

r
q
10
Saya akan berusaha menjadi yang terbaik dalam bidang saya
o
p

r
q


No
Opini
SS
S
N
TS
STS
1
Saya senang menjadi seorang pimpinan
o
p

r
q
2
Saya sangat mencintai pekerjaan saya
o
p

r
q
3
Saya suka mengatur orang lain
o
p

r
q
4
Saya selalu tepat waktu dalam segala hal
o
p

r
q
5
Saya mengikuti perkembangan dunia bisnis
o
p

r
q
6
Saya suka mempengaruhi orang lain
o
p

r
q
7
Saya menyenangi kegiatan bisnis
o
p

r
q
8
Saya sangat menghargai budaya
o
p

r
q
9
Saya selalu interest dengan dunia pendidikan
o
p

r
q
10
Pendidikan bagi saya merupakan hal yang sangat penting.
o
p

r
q

Lampiran 2.    BIOGRAFI/ RIWAYAT HIDUP PENELITI

1.         Nama lengkap dan gelar:                                   Tempat, tanggal lahir:
Khusniyah Purwani, S.E., M.Si.                        Bantul, 11 Agustus 1971

2.                  Pendidikan
Universitas
Gelar
Selesai Th.
Bidang studi
Universitas Islam Indonesia
Sarjana Ekonomi (S.E.)
1994
Ilmu-ilmu Sosial; Manajemen Perusahaan
Universitas Gadjah Mada
Magister Sains (M.Si.)
2001
Ilmu-ilmu Sosial; Manajemen Perusahaan

3.               Pengalaman kerja dalam penelitian dan pengamalan profesional serta kedudukan saat ini
Institusi
Jabatan
Periode bekerja
Program D-3 FE UII
Dosen tetap
1995 – sekarang
Program D-3 FE UII
Ka. UPT perpustakaan & Laboratorium
1996 - 1998
Program D-3 FE UII
Staff Pembantu Ketua III
2001
Program D-3 FE UII
Pembantu Ketua II
2002 - 2005

4.               Daftar publikasi yang relevan dengan proposal penelitian yang diajukan

Tahun
Judul
Publikasi
1997
Analisa Sikap Konsumen dalam Pembelian Produk Fast Food di Kentucky Fried Chicken Yogyakarta
Penelitian Dana Kopertis Wil V. Yogyakarta
1998
Analisa Sikap Siswa siswi Sekolah Menengah Umum terhadap Pemilihan Lembaga Pendidikan Diploma III di Daerah Istimewa Jogjakarta

Penelitian Dana  Lembaga Program D-3 FE UII
1999
Perubahan Peran Sumber Daya Manusia Dalam Transformasi Organisasi
Majalah Arena Almamater Kopertis Wil V  No. 51, tahun XIV April-Juni 1999

2000
Pembentukan Consideration Set Size pada Switching Behavior Konsumen dalam Pembelian Produk Mobil
Jurnal Aplikasi Bisnis D-3 FE UII Volume 1, Nomor 1, Juni 2000

2001
Gaya Hidup Konsumen Dewasa di Era Millenium Baru (Sebuah Perbandingan Konsumen Amerika dengan Konsumen Indonesia)

Jurnal Aplikasi Bisnis Volume 2 Nomor 3, Juni 2001
2001
Dimensi Kepercayaan dalam Virtual Organization
di Majalah Arena Almamater  Kopertis No. 54 tahun XV. Januari- Maret 2001

2002
Perilaku Beralih Merek Konsumen dalam Pembelian Produk Otomotif (mobil).
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia UGM Jogjakarta, 2002

2003
Riset Mandiri dengan judul: Analisis Perilaku Mencari Variasi Konsumen Dalam Pemilihan Produk Handphone
Hasil Riset Mandiri dengan dana dari KOPERTIS Wil V Jogjakarta

2003
Riset Perilaku Konsumen dengan judul: Analisis Perilaku Brand Switching Konsumen Pada Pembelian Produk Sepeda Motor.
Hasil Riset Mandiri dengan dana dari DIKTI tahun anggaran 2003 2004
( April - Sept 2004)

2004
Analisis Brand Name pada Produk Detergen “Surf”
Jurnal BENEFIT Universitas Muhammadiyah Surakarta, (UMS) edisi Juni 2004




Rumus :   MH =  N / ∑(f/x)

Contoh :


                                               Tabel 1.8
                 Perhitungan Rata-Rata Ukur Untuk Distribusi
         Frekuensi Nilai Ujian Masuk 50 Calon Mahasiswa
           Baru Program D-III FE UII JOgjakarta 2004
Kelas
f
X
f/x
20 - 28
7
24
0.291666667
29 - 37
8
33
0.242424242
38 - 46
12
42
0.285714286
47 - 55
5
51
0.098039216
56 - 64
6
60
0.1
65 - 73
4
69
0.057971014
74 -82
8
68
0.117647059
Jumlah
50
Text Box: ∑f/X  
1.          193462484




6. RATA-RATA KUADRAT (Quadratic Mean)


Adalah akar pangkat dua dari kuadrat nilai rata-ratanya.
 

Mq  =        ∑fX /N   


                                                                   Tabel 1.8
Perhitungan Rata-Rata Ukur Untuk Distribusi Frekuensi Nilai Ujian Masuk 50 Calon Mahasiswa
                                      Baru Program D-III FE UII JOgjakarta 2004

Kelas
f
X
X2
fX2
20 - 28
7
24
576
4032
29 - 37
8
33
1089
8712
38 - 46
12
42
1764
21168
47 - 55
5
51
2601
13005
56 - 64
6
60
3600
21600
65 - 73
4
69
4761
19044
74 -82
8
68
4624
36992
Jumlah
50

19015
124553







SILAHKAN COPY JIKA ARTIKEL INI MENARIK NAMUN HARAP CANTUMKAN SUMBERNYA




Artikel terkait:

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

terima kasih telah berkunjung sobat.
Silahkan komentar,kritik dan sarannya
setidaknya tegur sapa.heheh