SELEKSI KARYAWAN BAITUL MAL WAT TAMWIL (BMT)



A.Dasar Pemikiran Magang
      Perusahaan sebagai suatu organisasi merupakan suatu bentuk dari usaha parti sipasi anggota masyarakat yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan dari manusia.Tujuan perusahaan umumnya adalah untuk memperoleh laba dari aktivitas perusahaan, serta berusaha untuk mempertahankan eksistensi dan kelangsungan hidupnya, sehingga setiap prusahaan dituntut untuk beroperasi sebaik-baiknya.
      Dalam usaha pencapaian tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya, setiap perusahaan memerlukan faktor-faktor seperti manusia, bahan baku, mesin, serta modal. Faktor produksi ini harus dikelola sedemikian rupa sehingga tujuan perusahaan yang telah ditetapkan akan tercapai.Manusia sebagai sumber daya yang keberadaannya sangat penting dalam perusahaan, karena SDM sangat menunjang perusahaan melalui karya, bakat, kretivitas, dorongannya dan peran nyata seperti yang dapat disaksikan dalam setiap perusahaan  ataupun  dalam  organisasi.
            Dalam dunia perbankan yang memiliki kegiatan yang begitu padat dalam arti setiap transaksi harus selesai dalam waktu yang relatif singkat maka seorang karyawan yang dimiliki haruslah memiliki keterampilan dan kemampuan dalam dunia perbankan agar dapat melayani setiap produk perbankan yang ditawarkan secara cepat, tepat, dan memuaskan. .
      Pencapain tujuan perusahaan sangat tergantung pada kualitas sumber daya manusianya.Untuk mendapatkan manusia yang berkualitas maka setiap perusahaan harus mempunyai dan menjalankan sistem pengadaan karyawan yang tepat, salah
satunya adalah dengan melaksanakan proses seleksi karyawan yang tepat.
Berhasil tidaknya karyawan untuk memenuhi tuntutan organisasi, sangat tergantung pada tepat tidaknya pelaksanaan proses seleksi yang dilakukan oleh perusahaan terhadap calon karyawannya.
      Salah satu indikator keberhasilan pelaksanaan seleksi adalah prestasi kerja karyawan apabila pelaksanaan seleksinya efektif, serta penempatan para karyawan yang tepat, maka diharapkan karyawan dapat bekerja dan berprestasi dengan baik
Dewasa ini persaingan untuk mendapatkan pekerjaan semakin ketat, dimana lapangan pekerjaan yang tersedia semakin sedikit dan proses seleksi karyawan yang dilakukan oleh perusahaan semakin ketat sehingga kesempatan orang untuk memperoleh pekerjaan semakin sulit. Tujuan utama dari proses seleksi adalah untuk mendapatkan orang yang tepat bagi suatu jabatan tertentu, sehingga orang tersebut mampu bekerja secara optimal dan dapat bertahan diperusahaan dalam waktu yang lama.
       seleksi adalah sebuah proses yang ditujukan untuk memutuskan pelamar/calon karyawan mana yang harus diterima/dipekerjakan. Keputusan itu perlu diambil dengan harapan agar yang diterima adalah mereka yang layak untuk diterima…….. (Mutiara S Panggabean 2004:33)
      Rekrutmen adalah serangkaiyan aktivitas mencari dan memikat pelamar kerja dengan motivasi, kemampuan, keahlian, dan pengetahuan yang diperlukan untuk menutupi kekurangan yang diidentifikasi dalam perencanaan kepegawaian. Aktivitas rekrutmen dimulai dari saat calon mulai dicari dan berakhir pada saat lamaran mereka diserahkan …..(Henry Simamora2004:170)
      BMT adalah selaku bank perkreditan, yang menjalankan perannya secara konkret dalam perekonomian nasional. Dalam pelaksanaannya merupakan cermin kedewasaan dari perbankan Indonesia yang telah mampu bereaksi dan berinteraksi. Hal ini menuntut seluruh karyawan di BMT yang berkualitas, terampil, dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugasnya.
      Berdasarkan uraian permasalahan diatas, maka penulis merasa tertarik untuk mengadakan penelitian lebih lanjut mengenai, PROSES REKRUTMEN DAN SELEKSI KARYAWAN BAITUL MAL WAT TAMWIL (BMT)   YOGYATAMA  YOGYAKARTA.
B. Tujuan Magang
      Tujuan utama yang ingin dicapai dari karya ilmiah ini adalah:
1. Untuk mengetahui pelaksanaan seleksi karyawan pada BMT  (JOGJATAMA)
2. Untuk mengetahui kendala atau hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan seleksi karyawan pada BMT (JOGJATAMA)
C. Target Magang
      Mampu menerapkan proses rekrutmen dan seleksi karyawan dalam  BMT  (JOGJATAMA) dan dalam pelaksanaaannya tanpa adanya KKN.

D. Manfaat Magang
1. Bagi Mahasiswa
      Dapat membandingkan antara teori dengan realita dan mewujutkannya dalam bentuk karya ilmiah sebagai salah satu syarat dalam menempuh mata kuliah Magang.dan mengetahui bagaimana cara kinerja perusahaan dalam menyeleksi setiap pelamar yang ingin bekerja diperusahaan tersebut
2. Bagi perusahaan
      Hasil penelitian yang dilakukan di harapkan dapat memberikan masukan yang bermanfaat dalam mengembangkan proses seleksi, serta mempertahankan kebaikan-kebaikan prosese seleksi yang ada.
E.Bidang Magang
      Membantu menyeleksi calon karyawan baru dan pelaksanaan pelatihan karyawan baru yang terangkum dalam bidang personalia yang terdapat dalam struktur organisasi di BMT  (JOGJATAMA)
 F.Jadwal Magang
No
Kegiatan
Bulan
April
Bulan
Juni
Bulan
Juli
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4

1
Menyusun

2
Perkenalan diri













 3
 Pengenalan tempat magang













4
 Penjelasan tata tertib













5
 Pemberian tugas













6
 Mengerjakan tugas yang telah diberikan













7
 Menganalisis data













8
 Membuat laporan














G. Lokasi Magang
      BAITUL MAL WAT TAMWIL (BMT)   YOGYATAMA  YOGYAKARTA.
Jl.Nyi Ahmad Dahlan No.05 Geijen  Yogyakarta






H. Daftar Pustaka
      Simamora, Henry, 2003, Manajemen Sumber Daya Manusia, STIE YKPN,                  Yogyakarta 
      Mutiara S Panggabean 2004:33, Manajemen Sumber Daya Manusia



SILAHKAN COPY JIKA ARTIKEL INI MENARIK NAMUN HARAP CANTUMKAN SUMBERNYA




Artikel terkait:

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

terima kasih telah berkunjung sobat.
Silahkan komentar,kritik dan sarannya
setidaknya tegur sapa.heheh