OUTLINE BUSINESS PLAN II


I.            EXECUTIVE SUMMARY
A.     Gambaran Singkat Tentang Bisnis
1.      Dasar gagasan pembukaan bisnis baru
setelah melalui pemikiran yang matang akhirnya kami menetapkan untuk membuat bisnis budidaya jamur tiram. Ide pembuatan  usaha budidaya ini dikarenakan peluang usaha dalam budidaya ini sangat besar dan peremintana akan jamur sangat tingi sedangkan pengusaha jmurnya sangat sedikit dan sangat kurang.
Sehinga kita sepakat utuk melakukan usaha budidaya ini.
Profil Perusahaan
Ø  Nama Perusahaan         : budidaya jamur tiram
Ø                   Alamat Perusahaan     : Jl.Wonosari no 08 Yogyakarta
Ø  Telepon Perusahaan      : (0274) 6577478
Ø  Direktur utama  : husein
Ø  Alamat Dirut                 : Jl.Wonosari no 08 Yogyakarta
Ø  Telepon Dirut               : 081578111701
B.     Gambaran respon pasar mengenai produk
respon pembeli terhadap jamur ini sangatggi karena dilhat dari segi harga dan manfaat sangat besar dibanding dengan makan lainya.
C.     Gambaran tentang strategi /langkah-langkah yang direncanakan agar usaha berhasil
Strategi atau langkah-langkah yang direncanakan agar usaha budidaya jamur tiram berhasil:
·     Merealisasikan ide bisnis
·     Mengadakan uji peluang bisnis dan study kelayakan bisnis
·     Mendisain bisnis, organisasi dan SDM
·     Membuat rencana pemasaran
·     Membuat perencanaan keuangan perusahaan
D.     Gambaran pengalaman kemampuan manajerial dan teknis dari pimpinan perusahaan
Pengalaman kemampuan manajerial dan teknis dari pimpinan perusahaan yaitu:
  • Leadership, Kemampuan untuk mempengaruhi orang lain agar melaksanakan suatu tugas
  • Self-objectivity, Kemampuan untuk menilai diri sendiri diri sendiri secara relistis
  • Analytic thinking, Kemampuan untuk menginterprestasikan dan menyampaikan sagala macam bentuk informasi
  • Behavioral flexibility, Kemampuan untuk menyelesaikan perilaku dalam mencapai suatu tujuan
  • Oral communication, Kemampuan untuk mengungkapkan pendapat secara jelas dalam berbicara
  • Written communication, Kemampuan untuk mengungkapkan pendapat dengan baik secara tertulis
  • Personal impact, Kemampuan untuk menumbuhkan kesan baik dan kepercayaan bagi orang
  • Resistancs to stress, Kemampuan untuk tetap dapat bekerja dalam keadaan tertekan
  • Tolerance for uncertainty, Kemampuan untuk bekerja dalam situasi yang tidak menentu
E.      Pernyataan singkat tentang kebutuhan keuangan dan untuk apa uang itu akan digunakan, ( aliran kas / cash flow selama 3 tahun yad. )

II.            DETAILED BUSINESS PLAN
A.     Latar Belakang Bisnis :
Jamur merupakan tumbuhan yang mudah hidup dalam tempat yang lembab dan mudah dalam perwatanya sehinga pada saat ini bnyak masyrakat yang membudidaya jamur tiram
Karena dilihat dari perawatan dan dari segi permintaan pasar sangat tinggi sehinga peluang pasar sangat bnyak
Dan sekarang banyak makan yang berbahn baku dari jamur antra alin,jamur crispiy,sate jamur,sop jmut dan masih bnyak lagi karena bnyak mafaat yang bnyak terkandung dari jamur tersebut.

B.     Penjelasan dan gambaran bisnis tentang :
1.      Apa keunikan bisnisnya
Keunikan dari bisnis ini adalah tidak membutuhkan modal yang terlalu banyak. Bahan dasar dari produk nata de coco inipun mudah untuk dicari. Keuntungan dalam bisnis nata de coco tidaklah terlalu besar, tetapi usaha ini cukup membantu dalam hal membuka lapangan pekerjaan.
2.      Cara Pembuatan Nata De COCO
  • Persiapan media starter, Starter atau biakan mikroba merupakan suatu bahan yang paling penting dalam pembentukan nata. Sebagai starter, digunakan biakan murni dari Acetobacter xylinum. Bakteri ini dapat dihasilkan dari ampas nenas yang telah diinkubasi ( diperam) selama 2-3 minggu. Starter yang digunakan dalam pembuatan nata sebanyak 170 ml.
·        Penyaringan Dan Pendidihan, Untuk menghilangkan kotoran yang bercampur pada air kelapa dilakukan penyaringan air kelapa dengan menggunakan kain saring. Kemudian campurkan gula pasir (100 g/l air kelapa), dengan air kelapa lalu didihkan dan dinginkan.
·        Inokulasi (Pencampuran dengan starter), Setelah dingin, pHnya diatur dengan menambahkan asam asetat atau asam cuka sekitar 20 ml hingga diperoleh kisaran keasaman (pH) 3-4. Kemudian diinokulasi dengan menambahkan starter (Acetobacter xylinum) 170 ml.
·        Fermentasi (Pemeraman), Masukkan campuran tersebut ke dalam wadah fermentasi ( baskom berukuran 34 x 25 x 5 cm ). Wadah ditutup dengan kain saring dan diletakkan ditempat yang bersih dan aman. Dilakukan pemeraman selama 8-14 hari hingga lapisan mencapai ketebalan kurang lebih 1.5 cm.
·        Pemanenan, Setelah pemeraman selesai dengan terbentuk lapisan nata,lapisan nata diangkat secara hati-hati dengan menggunakan garpu atau penjepit yang bersih supaya cairan dibawah lapisan tidak tercemar. Cairan dibawah nata dapat digunakan sebagai cairan bibit pada pengolahan berikutnya. Buang selaput yang menempel pada bagian bawah nata, dicuci lalu dipotong dalam bentuk kubus dan dicuci. Tuang dan rendam potongan nata de coco dalam ember plastic. Selama 2 - 3 hari dan setiap hari air rendaman diganti. Sesudah itu direbus selama 10 menit. Tujuan perendaman dan perebusan untuk menghilangkan rasa asam
·        Pembuatan sirup nata, Pembuatan sirup nata dengan perbandingan untuk 3 kg produk nata potongan diperlukan 2 kg gula dan 4,5 liter air. Gula dituangkan ke dalam air, panaskan sampai larut, lalu disaring. Selanjutnya nata dicampur dalam larutan sirup gula, bila perlu tambahkan essence kemudian biarkan satu malam agar terjadi penyerapan gula ke dalam potonganpotongan nata, lalu didihkan selama 15 menit.
·        Pengemasan, Selanjutnya nata dikemas dalam kantong plastik atau botol selai dengan perbandingan antara padatan dan cairan 3:1, botol ditutup rapat, kemudian direbus dalam air mendidih selama 30 menit. Angkat dan dinginkan di udara dengan tutup terletak pada bagian bawah, selanjutnya botol diberi label dan siap untuk dipasarkan.

3.      Faktor Kunci Apa Yang Akan Membuat Sukses Bisnis
  • Harga yang kompetitif, Harga nata de coco per cup Rp 1000,-  sehingga mudah dijangkau oleh semua lapisan masyarat.
  • Kualitas, Nata de coco yang kami produksi berasal dari bahan baku yang berkualitas. Kami menyeleksi bahan baku dengan cukup ketat sehingga diperoleh nata de coco yang berkualitas.
  • Daya tahan, Nata de coco yang kami produksi, dapat bertahan hingga 1 tahun. Sehingga para konsumen dapat merasa nyaman untuk menikmati nata de coco ini meskipun telah disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama.
  • Kehandalan,
  • Teknis kemasan, Java de  coco dikemas secara apik dengan menggunakan cup/gelas.
C.     Analisa Pasar
  1. Siapakah pembeli potensial produk
Konsumen potensial yang membeli produk Nata De Coco adalah para pedagang Es buah atau para penjaja minuman yang biasanya menawarkan berbagai macam varian minuman.
  1. Apa motifasi mereka untuk membeli
Motifasi konsumen membeli produk Nata De Coco adalah sebagai bahan baku dalam usaha mereka. Selain itu Nata De Coco merupakan pelengkap minuman yang mempunyai banyak serat, yang dapat meningkatkan kesehatan para konsumen.
  1. Berapa banyak pelanggan yang ada di pasar (seberapa besar pangsa pasar?)


  1. Seberapa besar kemampuan belinya?
Kemampuan beli dari para distributor tergantung dari permintaan konsumen, dalam arti  distributor menyesuaikan akan permintaan para konsumen. Nata De Coco adalah produk yang memiliki daya beli yang besar karena Nata De Coco banyak diminati oleh para konsumen.
  1. Bagaimana siklus kehidupan produknya (produk tahan lama atau mempunyai jangka waktu tertentu)


  1. Target pasar khusus yang meliputi :
·        bagaimana kemasan produknya yang berpengaruh terhadap keputusan beli
·        apakah pelanggan punya sebuah pilihan lain tentang produk, seberapa kuat pilihan lain itu ?
  1. Pengaruh pasar external
·        Factor ekonomi (inflasi, resesi, tinggi rendahnya pengangguran)
·        Faktor pelanggan (umur pelanggan, lokasi demografi, tingkat pendapatan, ukuran rumah tanggga, sikap social khusus)

  1. Pengorganisasian Dan manajemen
§  Bagaimana orgasnisasi bisnismu
§  Apa bentuknya ( PT., CV., FIRMA, Perorangan, )
§  Siapa tokoh kunci dalam bisnismu dan bagaimana latar belakangnya untuk membawa  keberhasilan perusahaan
  1. Rencana Teknis Perusahaan
§  Identifikasi spesifikasi teknis ( bagaimana disain fungsional produk dan daya tariknya ? daya guna apa yang bisa diterima oleh pembeli, bagaimana standarisasinya ?
§  Proses pembangunan proyek dan pengoperasiannya ( dimana lokasi proyek akan ditempatkan ? berapa banyak kapasitas produksinya?
F.      Rencana Keuangan
§  Berapa banyak modal yang dibutuhkan untuk membuat produk dan bisnismu berjalan lancar
§  Buatlah anggaran kas ( tunjukkan kepada investor apa yang kamu butuhkan, bagaimana merencanakan untuk mendapatkan pendapatan dari penjualan ? )
§  buat proyeksi biaya yang realistis dari operasi usaha  ( biaya bahan, tenaga kerja, perlengkapan, pemasaran, dll)
§  buat analisa titik impas

  1. Rencana Strategik

§  Apa misi bisnismu ( tunjukkan tujuan khusus dan sasarannya ! )
§  Bagaimana strategi untuk menjalankan rencana operasional
§  Bagaimana rencana terhadap pasar produk untuk mengidentifikasi target pasar ( bagaimana penetapan harganya, promosi produknya, dan pelayanan terhadap pelanggannya ? )
§  Bagaimana merancang produk tetap trend di pasar ?
§  Bagaimana prosedur control  yang akan direncanakan untuk menjaga bisnis tetap bisa kompetitif

III. PENUTUP
a.       Layak tidaknya bisnis dari analisa yang dilakukan
b.      Proyeksi perkembangan bisnis di  masa yang akan datang




SILAHKAN COPY JIKA ARTIKEL INI MENARIK NAMUN HARAP CANTUMKAN SUMBERNYA




Artikel terkait:

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

terima kasih telah berkunjung sobat.
Silahkan komentar,kritik dan sarannya
setidaknya tegur sapa.heheh