Laporan Praktek Bisnis Manajemen Pemasaran



1 . Peluang usaha yang mungkin di tawarkan :
·        Makanan dan minuman
·        Oleh-oleh khas Yogyakarta
·        Souvenir
·        Tissue
·        Bunga
·        Jasa fhoto
·        Isi ulang pulsa

2 . Upaya untuk mendapatkan produk yang akan di jual :
·        Survey harga barang kemudian mendata harga dan barang yang akan di jual, mengambil produk-produk di syare’e Mart yang di bayar setelah kegiatan praktek bisnis selesai dengan harga yang telah di sepakati. Produk yang diambil brupa makanan dan minuman, antara lain :
·        Pocari Sweat 350 ml                                                                                                         
·        Mizone
·        Aqua gelas
·        Permen kiss
·        Aqua 600 ml
·        Gery Chocolatos
·        Tissue tessa
·        Minute Maid pulpy  orange
·        Permen alpenlieble
·        Richeese Nabati
·        Untuk mendapatkan produk  yang berupa souvenir yang berbentuk boneka wisuda yaitu dengan membuat sendiri mengggunakan bahan-bahan yang di beli dari hasil iuran smua anggota kelompok. Pembuatan souvenir di lakukan sehari sebelum acara wisuda dilaksanakan tepat nya hari jum’at, 25 februari 2011. Tempat nya di kost salah satu anggota kelompok. Proses pembuata souvenir yng akan di jual tersebut mulai dari pagi hari hingga malam hari. Souvenir yang telah jadi di jual dengan harga Rp 8000,- per souvenir.
·        Produk berupa kipas yang didapat dengan memesan kepada teman salah satu anggota kelompok. Kipas di jual dengan harga Rp 5.000,- perbuah.
·        Sebagian minuman ada yang di jual dengan keadaan dingin. Untuk mendinginkan minuman, minuman diletakan di box yang di beri es batu. Es batu di peroleh dengan cara salah satu anggota membeli ke warung.
3. Produk-produk yang di tawarkan dalam praktek bisnis :
·        Gery Chocolatos
·        Richeese nabati
·        Permen kiss
·        Tissue tessa
·        Mizone
·        Aqua gelas
·        Souvenir berupa kipas dan boneka wisuda
·        Minute Maid pulpy orange dan tropical
·        Permen alpenlieble
·         
·        Pocari Sweat 350 ml
·        Aqua 600 ml
Kategori produk yang di jual :
·        Convenience goods : permen kiss, permen alpenlieble, gery Chocolatos, Minute Maid Pulpy orange dan tropical, Aqua 600 ml, Pocari Sweat 350 ml, richeese nabati, mizone, Aqua gelas.
·        Non durable goods : Minute Miad pulpy orange dan tropical, mizone, pocari sweat 350 ml, Aqua 600 ml, Gery chocolates, Rhicheese nabati, permen kiss, permen alpenlieble, tissue tessa, Aqua gelas.
·        Shopping goods : souvenir (kipas dan boneka wisuda).
4. metode yang diterapkan dalam praktek bisnis yaitu sesuai dengan harga yang berlaku. Produk-produk di jual dengan harga yang ada di pasaran, namun ada sebagian beberapa produk yang dujual dengan harga sedikit lebih tinggi.
Setrategi harga yang diterapkan :
·        Penetapan harga diskriminasi
·        Penetapan harga bentuk produk (product form pricing)
·        Penetapan harga lokasi (location pricing)
·        Penetapan harga citra (image pricing)
·        Diskon dan potongan harga untuk produk yang berupa souvenir(boneka wisuda).
·        Diskon kuantitas
Tabel harga produk yang dijual
Pada Praktek bisnis Manajemen Pemasaran
Nama Produk
Harga Jual
Pocari Sweat 350 ml
·        Biasa
                     -     Dingin

Rp 2. 000
RP 2.500
Aqua 600 ml
·        Biasa
               -   Dingin

Rp 5.000
Rp 5.500
                          Permen kiss
Rp 100 / buah
Permen Alpenlieble
Rp 100 / buah
Tissue Tessa
Rp 1.000 / pcs
Richeese Nabati
Rp 500 / pcs
Gery Chocolatos
Rp 500 / pcs
Minute maid pulpy tropical
·        Biasa
                     -     Dingin

Rp 6.000
Rp 6.500
Minute Maid pulpy orange
·        Biasa
                     -     Dingin

Rp 6.000
Rp 6.500
Mizone
·        Biasa
               -      Dingin

Rp 4.500
Rp 5.000
Boneka Wisuda
Rp 8.000 / buah
Aqua Gelas
Rp 500 / buah
Kipas
Rp 5.000 / buah

5. Promosi yang dilakukan adalah dengan cara :
·        Yaitu memasang sepanduk di stand yang bertujuan untuk memberi tahu konsumen bahwa stand yang didirikan adalah resmi.
·        Memasang produk dan sempel produk di depan di atas meja stand.
·        Promosi di depan stand dengan cara berbicara kepada calon konsumen agar mau membeli produk yang di tawarkan.
·        Promosi dengan cara berkeliling yang di lakukan oleh 2 orang, 1 orang yang membawa produk yang mau di tawarkan dan satu orang yang mempromosikan kepada calon konsumen agar mau membeli produk.

Promosi yang seharusnya lebih diterapkan yaitu dengan lebih giat menawarkan produk-produk kepada calon konsumen dengan cara berkomunikasi atau berbicara dengan baik, sopan, ramah, menarik dan membuat calon konsumen tersanjung dengan pelayanan yang di berikan dan menawarkan produk dengan berkeliling arena wisuda.
6. Tugas yang di bebankan kelompok :
·        Merakit souvenir (boneka wisuda) yaitu dengan memotong pola-pola yang sudah di bentuk kemudian menempel dan merangkai nya hingga terbentuk boneka wisuda. Proses pembutan nya dilakukan bersama anggota kelompok di kost salah satu anggota kelompok.
·        Mengambil barang-barang dari syare’e ke stand untuk dijual pada acara wisuda bersama salah satu anggota yang lain.
·        Mengambil meja dari kantin d3 fakultas Ekonomi bersama anggota kelompok.
·        Memasang sepanduk yang bertuliskan lab. Bisnis manajemen pemasaran d3 Ekonomi UII 2010/2011 bersama anggota kelompok yang lain.
·        Menyusun produk-produk yang akan di jual di stand bekerjasama dengan anggota kelompok yang lain.
·        Mempromosikan barang yang dijual di stand.



                                                                                                                      



SILAHKAN COPY JIKA ARTIKEL INI MENARIK NAMUN HARAP CANTUMKAN SUMBERNYA




Artikel terkait:

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

terima kasih telah berkunjung sobat.
Silahkan komentar,kritik dan sarannya
setidaknya tegur sapa.heheh