manfaat cobit


Control Objectives for Information and related Technology (COBIT)
adalah seperangkat praktik terbaik (kerangka) untuk teknologi informasi (TI) manajemen yang dibuat oleh Information Systems Audit and Control Association (ISACA), dan IT Governance Institute (ITGI) pada tahun 1996.
COBIT memberikan manajer, auditor, dan pengguna TI dengan satu set secara umum langkah-langkah, indikator, proses dan praktik terbaik untuk membantu mereka dalam memaksimalkan manfaat yang diperoleh melalui penggunaan teknologi informasi dan pengembangan tata kelola TI yang sesuai dan pengendalian dalam sebuah perusahaan. COBIT pertama kali dirilis pada tahun 1996.
Misinya adalah “untuk meneliti, mengembangkan, mempublikasikan dan mempromosikan otoritatif, up-to-date, set internasional yang diterima secara umum untuk tujuan pengendalian teknologi informasi untuk sehari-hari digunakan oleh para manajer bisnis dan auditor.” Manajer, Auditor, dan pengguna mendapat manfaat dari pengembangan COBIT karena membantu mereka memahami sistem IT mereka dan memutuskan tingkat keamanan dan kontrol yang diperlukan untuk melindungi perusahaan mereka / aset melalui pengembangan model tata kelola TI.
COBIT memiliki proses 34 tingkat level  yang mencakup 210 tujuan pengendalian dikategorikan dalam empat domain:
  • Perencanaan dan Organisasi,
  • Akuisisi dan Implementasi,
  • Delivery dan Support,
  • dan Monitoring dan Evaluasi.
COBIT memberikan manfaat kepada para manajer, IT pengguna, dan auditor. Para manajer mengambil manfaat dan keuntungan dari COBIT karena menyediakan dengan fondasi yang terkait TI untuk suatu keputusan dan investasi yang mempunyai dasar. Pengambilan keputusan lebih efektif karena COBIT bantu manajemen dalam mendefinisikan rencana TI strategis, mendefinisikan informasi arsitektur, mendapatkan TI yang diperlukan, hardware dan software untuk menjalankan strategi TI, menjamin pelayanan yang berkesinambungan, dan pemantauan kinerja sistem TI.
User IT mempunyai keuntungan dari COBIT karena jaminan yang diberikan kepada mereka oleh COBIT’s didefinisikan kontrol, keamanan, dan proses pemerintahan. Manfaat COBIT auditor karena membantu mereka mengidentifikasi isu-isu kontrol TI dalam infrastruktur TI perusahaan. Hal ini juga membantu mereka membenarkan temuan audit mereka. Baru-baru ini, ISACA telah dirilis Val IT, yang berkorelasi dengan proses-proses COBIT untuk proses manajemen senior diperlukan untuk mendapatkan nilai yang baik dari investasi TI.

sumber : http://ienoenk.web.id






Artikel terkait:

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

terima kasih telah berkunjung sobat.
Silahkan komentar,kritik dan sarannya
setidaknya tegur sapa.heheh