OUTLINE BUSINESS PLAN


I.                    EXECUTIVE SUMMARY
a.       Gambaran singkat tentang bisnis ( dasar gagasan pembukaan bisnis baru, nama perusahaan, alamat dan nomor telepon, Nama pimpinan, alamat dan nomor teleponnya )
b.      Gambaran respon pasar mengenai produk
c.       Gambaran tentang strategi /langkah-langkah yang direncanakan agar usaha berhasil
d.      Gambaran pengalaman kemampuan manajerial dan teknis dari pimpinan perusahaa
e.       Pernyataan singkat tentang kebutuhan keuangan dan untuk apa uang itu akan digunakan, ( aliran kas / cash flow selama 3 tahun yad. )

II.                 DETAILED BUSINESS PLAN
a.       latar belakang bisnis :
1.      Ringkasan bisnis
2.      situasi saat ini
b.      Penjelasan dan gambaran bisnis tentang :
1.      Apa keunikan bisnisnya
2.      Bagaimana cara pembuatannya
3.      Factor kunci apa yang akan membuat sukses bisnis ( harga yang kompetitif, kualitas , daya tahan, kehandalan dan teknis kemasan )
c.       Analisa Pasar
1.      Siapa pembeli potensial produk
2.      Apa motivasi mereka untuk membeli
3.      berapa banyak pelanggan yang ada di pasar ( seberapa besar pangsa pasarnya ? )
4.      seberapa besar kemampuan belinya ?
5.      bagaimana siklus kehidupan produknya ( produk tahan lama atau mempunyai jangka waktu tertentu )
6.      target pasar khusus yang meliputi :
-         bagaimana kemasan produknya yang berpengaruh terhadap keputusan beli
-         apakah pelanggan punya sebuah pilihan lain tentang produk, seberapa kuat pilihan lain itu ?
7.      pengaruh pasar external ( bagaimana pengaruh kekuatan pasar external berefek terhadap keuntungan produk perusahaan ? ) yang meliputi :
-         Factor ekonomi (inflasi, resesi, tinggi rendahnya pengangguran )
-         Faktor pelanggan ( umur pelanggan, lokasi demografi, tingkat pendapatan, ukuran rumah tanggga, sikap social khusus )
d.      Pengorganisasian dan manajemen
1.      bagaimana orgasnisasi bisnismu
2.      Apa bentuknya ( PT., CV., FIRMA, Perorangan, )
3.      siapa tokoh kunci dalam bisnismu dan bagaimana latar belakangnya untuk membawa  keberhasilan perusahaan
e.       Rencana teknis perusahaan
1.      Identifikasi spesifikasi teknis ( bagaimana disain fungsional produk dan daya tariknya ? daya guna apa yang bisa diterima oleh pembeli, bagaimana standarisasinya ?
2.      proses pembangunan proyek dan pengoperasiannya ( dimana lokasi proyek akan ditempatkan ? berapa banyak kapasitas produksinya? )
f.        Rencana keuangan
1.      Berapa banyak modal yang dibutuhkan untuk membuat produk dan bisnismu berjalan lancar
2.      Buatlah anggaran kas ( tunjukkan kepada investor apa yang kamu butuhkan, bagaimana merencanakan untuk mendapatkan pendapatan dari penjualan ? )
3.      buat proyeksi biaya yang realistis dari operasi usaha  ( biaya bahan, tenaga kerja, perlengkapan, pemasaran, dll)
4.      buat analisa titik impas
g.       Rencana Strategik
1.      Apa misi bisnismu ( tunjukkan tujuan khusus dan sasarannya ! )
2.      bagaimana strategi untuk menjalankan rencana operasional
3.      Bagaimana rencana terhadap pasar produk untuk mengidentifikasi target pasar ( bagaimana penetapan harganya, promosi produknya, dan pelayanan terhadap pelanggannya ? )
4.      bagaimana merancang produk tetap trend di pasar ?
5.      bagaimana prosedur control  yang akan direncanakan untuk menjaga bisnis tetap bisa kompetitif

III.               KESIMPULAN
a.       Layak tidaknya bisnis dari analisa yang dilakukan
b.      Proyeksi perkembangan bisnis di  masa yang akan datang


SILAHKAN COPY JIKA ARTIKEL INI MENARIK NAMUN HARAP CANTUMKAN SUMBERNYA




Artikel terkait:

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

terima kasih telah berkunjung sobat.
Silahkan komentar,kritik dan sarannya
setidaknya tegur sapa.heheh