Fakta tentang wortel

Wortel. Tanaman ini sering didentikkan dengan hewan kelinci karena pengaruh salah satu tayangan kartun di televisi. Wortel merupakan tanaman yang sangat bergizi. Karena banyak mengandung Vitamin A yang baik untuk mata. Rendra waktu kecil sering dan suka sekali makan wortel ini. Biasanya disup dengan berbagai sayuran mulai dari kobis, jagung, kentang, tomat atau sayuran lainnya. Pokoknya mantap deh jadinya....
Berikut beberapa Fakta Unik tentang tanaman wortel

# Fakta Unik Tentang Wortel 1
Wortel merupakan tanaman yang berasal dari Afganistan. Dalam ilmu Biologi, tanaman ini masuk dalam keluarga Umbelliferae bersama-sama dengan tanaman seledri, ketumbar, dan jinten.

# Fakta Unik Tentang Wortel 2
Bangsa Yunani kuno dan Romawi kuno ternyata sudah membudidayakan wortel lho.... Orang Yunani kuno menyebut wortel sebagai philtron yang apabila diterjemahkan ke daam bahasa Inggris adalah love charm atau  mungkin di Indonesia bisa kita sebut jimat asmara. Mereka percaya bahwa wortel membuat hubungan antara laki-laki dan dan perempuan lebih harmonis.

# Fakta Unik Tentang Wortel 3
Di Inggris, selain untuk makanan wortel juga digunakan sebagai fashion. Para wanita disana sering menggunkan topi yang berbentuk tanaman orange ini.
Salah satu topi yang didesain seperti wortel.
# Fakta Unik Tentang Wortel 4
Sebuah wortel terdiri dari 87% air. Wortel mendapatkan warna orange dari beta caroten. Beta caroten inilah yang apabila dimakan oleh tubuh manusia akan berubah menjadi vitamin A. Perlu diketahui, walaupun banyak mengandung vitamin, memakan wortel terlalu banyak dapat membuat kulit kita berubah warna menjadi orange pula seperti warna wortel itu sendiri. Penyakit ini disebut karotenemia, dan akan hilang sendiri bila kita mengurangi konsumsi wortel tersebut.

# Fakta Unik Tentang Wortel 5
Wortel terpanjang di dunia yang pernah tercatat adalah sepanjang 17 meter. 
Sedangkan wortel terberat di dunia yang pernah tercatat adalah seberat 9 kilogram.

source : info-faktaunik

…Semoga Bermanfaat… !.Semoga Sukses.! .send komentar ya.




Artikel terkait:

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

terima kasih telah berkunjung sobat.
Silahkan komentar,kritik dan sarannya
setidaknya tegur sapa.heheh