Di-Da, New Blues from Surabaya

Banyak band baru yang bermunculan, menyebut musik mereka terpengaruh oleh band-band Amerika. Di-Da adalah salah satu di antaranya. Bedanya, jenis musik yang mereka mainkan bukan dipengaruhi band rock negeri Paman Sam, melainkan oleh musisi-musisi country dan blues dengan hit single 'Takkan Berakhir'.

"Influence kami yang paling utama itu John Mayer, Taylor Swift, Keith Urban, dan Hanson,"

Mengandalkan formasi dua orang dan mengedepankan lagu-lagu bernuansa blues diharapkan bisa jadi faktor pembeda bagi Di-Da dari band-band lain di Indonesia. Bahkan instrumen mandolin dan dobro pun diikutsertakan dalam beberapa lagu di album pertama mereka, Duography.

"Dari segi lirik pun kami berusaha ngasih sesuatu yang beda. Lirik kami cenderung ceria. Pokoknya nggak galau, deh," .

Dua pemuda asal Surabaya ini ternyata awalnya tak berniat membentuk duo. Awalnya, Rendy dan Iddo yang merupakan teman satu SMA tergabung dalam satu band. Beberapa kali membuat lagu dan mengirim demo ke berbagai perusahaan rekaman, mereka selalu ditolak.

"Sampai akhirnya tahun 2004 kami memutuskan untuk berdua aja,"

Berkurangnya jumlah personil terbukti membawa hoki bagi Di-Da. Menyatukan ide jadi lebih mudah, karena hanya ada dua kepala yang terlibat. Hasilnya, mereka pun lebih fokus dalam mengerjakan musik. Meski menggarap demo sembari menyusun skripsi, bahkan terkadang sampai harus bolos ujian, kualitas hasil karya mereka malah meningkat. Buktinya, demo mereka disukai Universal Music hingga akhirnya ditawari rekaman.

"Prosesnya lumayan cepat, enam bulan demo, tiga bulan rekaman,"

"Label pun nggak banyak intervensi. Mereka membiarkan kita berkreasi dengan bebas. Jadi hasil akhir album ini kurang lebih sama seperti apa yang ada di bayangan kita,"

Perjalanan Di-Da dari duo yang bukan siapa-siapa hingga akhirnya masuk dapur rekaman memang terlihat singkat dan mudah. Tapi menurut Rendy dan Iddo, kenyataannya tidak seperti itu. Namun mungkin kisah mereka bisa jadi inspirasi bagi siapa pun yang punya mimpi untuk berkiprah secara sukses di industri musik Indonesia.

"Kuncinya terus berkarya. Jangan terlalu mengikuti yang sudah ada, dan nggak usah takut untuk mencoba sesuatu yang beda. Ibaratnya, kalau semua orang jualan kacang, ngapain kita ikut jualan kacang juga?"


Tags : Gosip Artis Di-Da, Di-Da, Profil Di-Da, Koleksi Di-Da, Seputar Di-Da, Di-Da takkan berakhir, download Di-Da, download mp3 Di-Da Takkan Berakhir, free lyrics Di-Da takkan berakhir, Di-Da Country and blues, Di-Da surabaya




Artikel terkait:

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

terima kasih telah berkunjung sobat.
Silahkan komentar,kritik dan sarannya
setidaknya tegur sapa.heheh