Sebelum melakukan upaya meningkatkan trafik, ada baiknya kita mengenal sumber trafik. Yaro Starak dalam ebooknya Blog Profit Blueprint secara brilian membagi sumber trafik menjadi 2 yaitu selokan dan sungai trafik.
Seperti yang kita kenal di kehidupan
sehari-hari, perbedaan mendasar antara selokan dan sungai adalah
volumenya. Volume air di selokan adalah kecil, sedangkan volume air di
sungai adalah besar. Dengan demikian, selokan trafik memberikan trafik
yang kecil, sementara sungai trafik memberikan trafik yang besar (bisa
disebut banjir trafik).
Selokan Trafik
Di bawah ini adalah yang termasuk selokan trafik.
1. Berkomentar di blog lain (blog walking).
2. Berkomentar di forum
3. Melakukan trackback atau pingback ke tulisan blogger lain
Sungai Trafik
Berikut adalah yang termasuk sungai trafik:
1. Postingan menjadi Hot atau Top Artikel sehingga muncul di halaman depan media sosial.
Media sosial ini antara lain Digg,
Del.ico.us, dan stumble upon (bagi blog berbahasa Inggris). Ada yang
mengatakan bahwa bila tulisan kita muncul di halaman depan Digg, dalam
24 jam blog kita akan kebanjiran 20,000 pengunjung.
Catatan Kang Yudiono:
Media sosial bagi blog berbahasa Indonesia di antaranya adalah Lintas
Berita dan InfoGue. Pengalaman saya, jika tulisan yang dikirimkan ke
Lintas Berita menjadi Top Artikel, dalam sehari akan ada pengunjung
500-1000. Bisa Anda bayangkan bila tulisan tersebut menjadi Top 10
Artikel, tentunya pengunjung akan jauh lebih besar.
2. Blogger top melink ke postingan kita
Sebagai perumpamaan, Yaro Starak dalam
salah satu postingan terbarunya melink ke postingan saya. Dengan
pengunjung dan pelanggan RSS di atas 70,000, tentunya akan banyak
pengunjung yang datang ke blog saya karena penasaran.
3. Tampil di TV atau jadi referensi media massa.
Apa jadinya bila Kompas.com melink ke
postingan Anda? Saya yakin blog Anda akan dikunjungi ribuan pengunjung.
Begitu pula bila Anda tampul di TV sebagai nara sumber topik yang Anda
kuasai. Tentunya pribuan penonton yang penasaran dengan Anda akan
mencari nama Anda atau blog Anda.
Bagaimana dengan mesin pencari?
Jawabannya adalah relatif. Bisa sebagai selokan trafik, bisa juga sungai
trafik. Seorang teman saya bisa dikunjungi 5.000 pengunjung perhari.
Dari jumlah tersebut, 80 % pengunjung berasal dari mesin pencari.
Dengan mengenal selokan dan sungai
trafik, saya berasumsi bahwa Anda sekarang tahu strategi apa yang harus
dilakukan untuk meningkatkan trafik bagi blog Anda.
Sumber : Blogodolar
…Semoga Bermanfaat… !.Semoga Sukses.! .send komentar ya.
{ 0 komentar... read them below or add one }
Posting Komentar
terima kasih telah berkunjung sobat.
Silahkan komentar,kritik dan sarannya
setidaknya tegur sapa.heheh