Instagram Sebagai Media Perdagangan Online




Instagram Sebagai Media Perdagangan Online
1.      Pengertian Perdagangan Online
Perdagangan online sering juga disebut dengan bisnis online. Bisnis adalah suatu usaha yang dikerjakan perseorangan ataupun berkelompok di mana di dalam usaha tersebut mempertemukan pembeli dan penjual yang saling berinteraksi secara langsungataupun tidak. Bisnis ini dijalankan untuk mendapatkan suatu keuntungan atau laba. Dan kadang-kadang mengalami kerugian yang terjadi jika tidak dapat menjalankan bisnis tersebut dengan baik dan terencana. Sedangkan online adalah keadaan komputer yang terkoneksi atau tehubung ke jaringan internet, sehingga apabila komputer kita online maka dapat mengakses internet  atau browsing mencari informasi.
Jadi bisnis online adalah bisnis yang dikerjakan oleh perorangan atau kelompok secara online dengan aktivitas yang jual beli atau menawarkan barang dan jasa melalui media sosial seperti Instagram, Facabook, Bolg, dan lain-lain.
2.      Manfaat Media Sosial dalam Perdagangan Online
Media sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.
Manfaat jejaring sosial untuk bisnis
Dalam segi bisnis Jaringan sosial telah menjadi alat yang berguna untuk bisnis yang ingin memasarkan produk dan layanan mereka. eMarketer memperkirakan bahwa Facebook akan memiliki $ 4 miliar pada pendapatan iklan di seluruh dunia pada 2011 dan Twitter akan menarik $ 150 juta dalam pengeluaran. Juga, pengeluaran jaringan sosial di seluruh dunia diperkirakan akan mencapai hampir $ 6 miliar pada 2011.
Dengan angka sejumlah itu, jelaslah bahwa bisnis menemukan banyak cara untuk menggunakan jaringan sosial untuk medapatkan keuntungan.
a.      Pemasaran
Pemasaran adalah salah satu keuntungan terbesar dari jejaring sosial untuk bisnis. Ada banyak cara untuk menggunakan media sosial untuk pasar bisnis anda. Misalnya, mengembangkan halaman Facebook Fan untuk mempertahankan pelanggan dalam informasi tentang update produk. Buat saluran YouTube untuk menampilkan fitur dan manfaat produk anda.
b.      Merekrut
Keuntungan lain dari menggunakan jaringan sosial adalah bahwa aAnda dapat merekrut karyawan yang berbakat untuk bisnis Anda. Gunakan Twitter untuk mengirim pesan tentang posisi terbuka di perusahaan anda. Atau, jaringan dengan pencari pekerjaan di LinkedIn untuk merekrut bakat untuk bisnis anda. Orang yang sering menggunakan jaringan sosial bisa menjadi aset bagi perusahaan anda karena mereka mahir dengan teknologi.
c.       Membangun Hubungan
Keuntungan lain dari menggunakan situs jejaring sosial dalam bisnis adalah tingkat penerimaan dan pembangunan hubungan mereka dapat membawa ke bisnis anda. Jika Anda memiliki pelanggan yang anda dapatkan di situs jaringan sosial, anda meningkatkan kesempatan anda memiliki pelanggan yang menjadi “penggemar” dari halaman anda atau menambahkan anda ke daftar teman mereka. Membangun hubungan dengan pelanggan di LinkedIn dengan menambahkan mereka ke jaringan anda dan terlibat dalam percakapan tentang produk onlineanda.


Berikut ini adalah tiga langkah utama dalam pemasaran sosial:
1.      Buat Account
2.      Selalu tambahkan konten baru, link, produk, sumber daya, dll
3.      Menambahkan teman, pengikut, kontak, dan lain-lain sebanyak mungkin
d.      Layanan Pelanggan dan Tanggapan
Menggunakan situs jaringan sosial untuk meningkatkan layanan pelanggan dan mengumpulkan umpan balik dari pelanggan adalah keuntungan lain. Membuat formulir di Facebookanda atau link ke formulir di websiteanda yang memungkinkan pelanggan untuk menyuarakan keprihatinan dan keluhan mereka. Pasang survei pada halaman Facebookanda atau link ke sebuah survei di akun Twitteranda untuk mengumpulkan umpan balik pelanggan tentang produk baru atau ide layanan.
Salah satu media sosial yang digunakan untuk perdagangan online atau bisnis online adalah Instagram. Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna memgambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial atau media sosial lainnya, termasuk milik instagram sendiri. Salah satu fitur yang unik di Instagram adalah memotong foto menjadi bentuk persegi, sehingga terlihat seperti hasil kamera kodak instamatic dan polaroid.
Baru-baru ini, sebuah lembaga analisis SumAll telah menonbatkan Instagram menjadi platform media sosial paling efektif dalam menggenjot bisnis. Menurut SumAll, ketika para pelaku bisnis menjalankan “misiny” melalui instagram, jika dilihat dari tingkat keterlibatan pengguna atau followers ketika disandingkan dengan platform media sosial lainnya, SumAll secara terang-terangan menyatakan Instagramlah sebagai pemenangnya.
Di Amerika Serikat, SumAll mencatat terdapat peningkatan yang cukup siginifikan dari apara pelakuusaha yang pendapatannya meningkat dari 1.5% ke 3.5% setelah menggunakan platform Instagram sebagai media promosinya sepanjang tahun 2013. Begitu juga dengan wilayah inggris yang pelaku usahanya banyak yang turut “kecipratan” keuntungan dari platform Instagram sebagai media promosi yang handal.
SumAll menyatakan bahwa instagram merupakan satu-satunya layanan yang hanya berbasis aplikasi mobile, dinyatakan sebagai media sosial yang paling cepat menciptakan follower baru, dan hal itu tentu sangat baik bagi para pelaku bisnis.
3.      Teknik Menjaring Pembeli
Ada tiga tahapan yang dilakukan dalam menjaring pembeli, yaitu:
a.      Melakukan penelitian terhadap topik yang terkait dengan produk dan jasa anda
Ketika anda menukis artikel untuk menjaring konsumen, anda tentunya harus membidik keinginan para konsumen target anda. Jika perlu anda berkunjung ke forum yang sering dikunjungi oleh konsumen target. Dan lihatlah topik yang dibicarakan dalam forum tersebut, dengan demikian anda dapat memikan konsumen target anda.
b.      Pilih judul artikel yang menarik
Selain memiliki produk dan membuat website sebagai media jual, anda juga harus memperkenalkan produk anda kepada pengunjung website. Yang harus anda lakukan adalah anda membuat suatu artikel dengan judul yang menarik. Karena judul yang akan menentukan konsumen target akan kanjut untuk menbaca atau tidak.
c.       Jangan coba ‘berjualan’ dengan artikel anda
Maksudnya adalah isi artikel yang anda buat janganlah bertele tele atau terlalu menggunakan nada ‘menjual’ itu akan membuat konsumen akan meninggalkan website. Tapi fokuslah terhadap manfaat dari produk atau jasa yang anda jual.
Dalam menggunakan instagram sebagai ladang bisnis online, ada beberapa tips yang dapat dilakukan:
a.      Don’t Be Over Spam
Jangan terlalu sering menggunakan comment untuk ajang spam, selain membuat user terganggu, juga menjadikan Image Brandkita negatif.  Buatlah comment info produk atau jasa kita kepada user yang memnag sedang post poto sesuai usaha kita. Caranya kita bisa mencari dengan melakukan pencarian dengan #hastag.
b.      Good Respon
Bersikaplah profesional dan responsive jika ada comment dari user, walaupun mereka just comment atau mungkin just question, tapi tetaplah menjaga nama baik Brand kita.
c.       Use Hastag
Instagramsangat familiar dan disarankan menggunakan hastag, ini agar mempermudah jika ada user yang sedang melakukan search. Gunakanlah hastag yang mempunyai buying hastag, artinya posisikan diri kita sebagai pembeli bukan penjual, gunakan hastag yang menurut kita sering di seacrh oleh user.
d.      Brand Nor Personal.
Jangan pernah menjadikan profil kita “post are private”, karena kita adalah jasa bukan akun personal, dengan menjadikan private itu akan membuat user malas untuk beinteraksi dengan akun kita. Karena ada beberapa akun online yang memprotect akunnya dengan dibuan private.
e.       Quality Post
Buat semenarik mungkin foto yang kita upload, jika ingin kita edit. Size foto jangan melebihi 612px x 612px (bsh).
4.      Analisis Swot Perdagangan Online melalui Instagram
Sebelum memasarkan sebuah produk ke pasaran, ada baiknya jika anda mengetahui kekuatan, kekurangan, peluang, dan ancaman yang mempengaruhi pemasaran produk anda. Sebab tanpa informasi tersebut, anda tidak dapat mengetahui seberapa besar potensi pasar yang ada, minat pasar akan produk anda, apa saja peluang pasar yang dapat dimanfaatkan untuk memasarkan produk, serta tingginya tingkat persaingan pasar saat ini. Maka dari itu, adanya analisa produk sangat penting untuk dilakukan sebelum anda menawarkan produk tersebut.
Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menganalisa produk yaitu metode analisis SWOT. Metode ini menganalisa dengan menggunakan dua faktor penting, yaitu faktor internal yang berupa kekuatan dan kelemahan. Serta faktor eksternal yang terdiri dari kesempatan dan ancaman. Cara ini menjadi salah satu kunci bagi para pengusaha untuk mengetahui potensi produk mereka, sebelum akhirnya mereka menentukan strategi pemasaran yang paling efektif untuk produknya.
a.      Kekuatan (Strengths)
Kekuatan yang mendukung pemasaran produk antara lain kemampuan perusahaan untuk menghasilkan produk yang berkualitas, tampilan kemasan produk yang menarik,  harga yang bersaing, serta pencantuman merek pada produk. Selain itu support dari team maupun manajemen, serta  dukungan teknologi  untuk memproduksi produk, juga menjadi kekuatan Anda untuk menciptakan produk yang berkualitas dan mampu bersaing.
b.      Kelemahan (Weakness)
Selain kekuatan, faktor internal lainnya yang dilakukan dalam analisis SWOT yaitu dengan mengetahui kelemahan yang dimiliki produk tersebut. Misalnya saja seperti ketahanan masa expired produk, kegiatan promosi yang belum optimal, proses produksi dan distribusi produk yang cukup lama, kemampuan SDM yang masih kurang, atau kurangnya minat masyarakat akan produk tersebut.

c.       Peluang (Opportunities)
Peluang yang bisa digunakan untuk meningkatkan pemasaran produk yaitu, berbagai media massa yang dapat digunakan sebagai media  iklan, adanya kebijakan pemerintah untuk mengembangkan UKM dengan mengadakan berbagai event untuk usaha kecil menengah, serta kondisi masyarakat yang semakin konsumtif.  Sehingga mempermudah pelaku usaha untuk memasarkan produknya.
d.      Ancaman (Threats)
Yang keempat yaitu adanya ancaman dari pihak luar. Seperti jumlah kompetitor yang terus meningkat, munculnya produk baru yang lebih unggul, kenaikan harga bahan baku karena jumlahnya semakin terbatas, serta beberapa ancaman lainnya.
5.      Penutup

 

 PENGIRIM : NIA RAMADHANI - Instagram Sebagai Media Perdagangan Online

Lihat Juga : Pengertian dan Definisi tentang Urbanisasi

SILAHKAN COPY JIKA ARTIKEL INI MENARIK NAMUN HARAP CANTUMKAN SUMBERNYA




Artikel terkait:

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

terima kasih telah berkunjung sobat.
Silahkan komentar,kritik dan sarannya
setidaknya tegur sapa.heheh