Pengertian Public Relation Internasional (PRI)



YAYASAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DAERAH RIAU
UNIVERSITAS ISLAM RIAU
FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI
             
MAKALAH
Public Relation Internasional





NIA RAMADHANI

NPM                             : 139110127
Program Studi             : IlmuKomunikasi
Konsentrasi                 : Humas

FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI
UNIVERSITAS ISLAM RIAU
PEKANBARU
2016


Kata Pengantar


Puji dan syukur kami panjatkan atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas nikmat dan karunia-Nya kita dapat menyelesaikan tugas Public Relation Internasional”. Atas nikmat yang diberikan pula kita dapat mempelajari dan mengetahui ilmu yang belum kita ketahui. Kami berterimakasih kepada Bapak “ Taufik” sebagai Dosen PRI yang telah memberikan tugas ini kepada kami.
Mudah-mudahan makalah ini dapat dipahami oleh siapapun yang melihat dan membacanya. Serta dapat berguna dalam menambah pengetahuan dan wawasan. Kami menyadari sepenuhnya mungkin tugas makalah ini jauh dari kata sempurna, masih mempunyai banyak kekurangan, untuk itu kami sangat menerima kritikan serta saran, demi perbaikan dimasa yang akan datang serta sebagai sarana untuk membangun suatu kesempurnaan.
Semoga makalah yang kami buat ini bisa menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat dan berguna bagi orang –orang yang membacanya maupun kami sendiri yang membuatnya. Kami selaku penyusun makalah ini, memohon maaf apabila terdapat kesalahan kata-kata yang kurang berkenan dan kami memohon kritik dan saran yang membangun dimasa yang akan datang.
Pembuat

                                                NIA RAMADHANI
Public Relation Internasional (PRI)
PRI Amerika Serikat
                        Pemerintah amerika serikat yang modern dan demokrasi,telah lama menerapkan manajemen government public relations secara professional .Mereka memiliki dunas penerangan atau press officer,yang juga bertindak sebagai juru bicara (spokesperson) pemerintah .
                        Keberadaan press officer ataupun spokesperson dalam konteks PR pemerintah amatlaah penting.Mereka merupakan pejabat sekaligus dinas yang bertanggung jawab mengumpulkan informasi secara lengkap tentang berbagai isu yang akan di bahas dan akan di sampaikan kepada public .
                        Koordinasi informasi ini merupakan tugas dan wewenang yang paling penting bagi dinas penerangan pemerintah amerika tidak saja dwngan department-departement,tetapi sampai pada kantor gybernur dan pada perwakilan amerika serikat di luar negri (Sullivan, 2002 hal : 12).koordinasi ini menyangkut banyak hal ,dari persoalan materi kebijakan pemerintah yang di bahas,
                        Koordinasi merupakan kunci sebagian besar dinas informasi pemerintah AS. Di department keuangan misalnya ,kantor humas mentri keuangan tiap miggu mengadakan pembicaraan telepon dengan kantor-kantor humas cabangnya berdasarkan topic yang di bahas,
                        Salah satu persyaratan penting bagi petugas informasi atau penerangan pemerintah adalah harus memiliki kredibilitasi, Dalam bukunya the government/prees connection (1998),stephen hess menulis , bahwa petugas informasi hsrus berstamina tinggi,punya rasa ingin tahu ,ingin membantu ,kuat ingatanya ,sopan,tenang dan mengerti psikologi.
                        Di amerika serikat rapat regular antara juru dengan rekan-rekannya di pemerintahan yang tak berhubugan dengan pers ,serta antara juru bicara dengan staf penerangan pemerintah,biasanya berlangsung tiap hari ,tak jarang beberapa kali sehari.rapat ini sangat penting untuk menciptakan operasional yang lancar ,yaitu saling membagi informasi mengatisipasi itu tentu saja berita dalam maupun luar negri .
                        Untuk memperlancar persoalan komunikasi ,bagian public affairs dan press pemerintahan amerika menyediakan beberapa sarana informasi untuk semua pihak ,baik pemerintah dan para pejabat ,maupun wartawan cetak ,elektrinik,cyber media dan juga masyarakat langsung .
            Beberapa sarana komunikasi yang di sediakan itu antara lain :
                        1.siaran pers (press release),yang di buat layaknya artikel berita dan                                       tak jarang di pakai sebagian teks berita oleh beberapa peneritan.
                        2.pemberitahuan kepada media (media advisory)
                        3.Lembaran fakta atau latar belakang ( fact sheet or backgrounder)
                        4.gambar (visual ) se[erti foto,graphic,diagram dan peta
                        5.biografi yang biasanya di berikan bersamaan dengan siaran pers.
                        6.daftar para pakar yang akan memperkuat pesan kalau di                                                         wawancarai.
                        7.kliping merupakan kumpulan berita-berita.
                        8.daftar pertanyaan.
                        9.paket untuk pers atau media kit.
                        10. pitch letter berisi ringkasa ide
                        11.teknologi satelit yang memungkinkan news maker
                        12.aktualita radio sebenarnya semacam rekaman audio pengumaman                                       pejabat pemerintah yang di buat seolah-olah seperti wawancara.
                        13.Tur media
                        14.internet
                        15.E-mail
                        16.dll

                        USIA merupakan lembaga pelayanan informasi luar negri yang independen di mana kerja mereka di laporkan langsung kepada presiden . di kantor kedutaan amerika serikat operasional USIS berada di bawah pejabat yang menangani public affairs.
                        Dalam fungsi keseharian USIA bertanggung jawab untuk meluruskan informasi dan melakukan countr terhadap propaganda yang bertentangan dengan realitas ,jadi lembaga ini di tuntut menyjikan gambaran yang menyeluruh dan apa adanya (a full and fair picture ) tentang ameria serikat .

PRI inggris
                        Di inggris lain lagi, setiap departemen di Negara ini mempunyai bagian informasi,dan hubungan masyarakat , atau bagian berita. Mereka biasanya di peggang dan di bawah pengaturan petugas informasi yang professional,yang bertanggung jawab pada semua aktifitas komuikasi department yang bersangkutan ,baik melalui pemeritaan media massa maupun langsung ke public.
                        Di pemerintahan inggris ada banyak pegawai yang punya kemampuan bagus di bidang public relation.dan dalam mengirim informasi mereka ini adalah orang-orang yang berpengalaman dan menguasai sistem interaksi antara  pemerintahan dan media massa.
                        Untuk mengefektifkan PR pemerintah di united kingdom,seluru bagian informasi yang ada di department ,berkordinasi dengan government information service (GIS).
                        British council juga menerbitkan buku-buku .booklet ,baik tentang pemerintah inggris ,tentang sistem pemilihan umum , maupun panduan belajar UK,dan juga buku-buku budaya serta pelajaran bahasa inggris .
                        Lembaga komunikasi yang amat terkenal dari inggris adalah BBC (british broadcasting corporation),baik yang berupa station radio maupun televise ,BBC berdiri sejak tahun 1926.

PRI jepang
                        Bagi pemerintah jepang untuk menjaga citra      negaranya di luar negri,pertamakali yang harus di benahi dan menjadi perhatian mereka adalah bagaimana menjaga citra kami di dalam negri.
                        Mengenai lembaga pelayanan informasi di luar negri secara khusus jepang tidak memiliki,tetapi kedutaan’’ jepang sangat terbuka , dan bagi public ingin memiliki informasi tertentu bisa datang dan meminta untuk di layani .                                                                               mengenai konsep government public relations,sebagai mana Negara maju yang lain mereka pemerintah jepang mempunyai apa yang di sebut konchou daibensha yaitu juru bicara pemerintah . segala sesuatu dari pemerintah yang harus di sampaikan ke khalayak luas selain di kemukakan oleh pejabatnya sendiri , juga di sampaikan oleh juru bicara atau konchou daibensha.
                        Semua mekanisme hubungan antara pers dengan perdana mentri atau pemerintah jepang ini dimenej oleh public relation pemerintah jepang yangdi sebut kohou katsudou.di pemerintahbjepang di setiap department,di pusat kebudayaan jepang tersedia berbagai informasi mengenai kebudayaan jepang informasi pendidikan hingga pemahaman tentang sistem politik dan pemilu media massa di jepang .
                        Jepang mempunyai lembaga penyiaran public yang terkenal yaitu NHK yang siaranya ddi pancarkan di dalam dan di luar negri.NHK sebgaimana BBC hidup dari luaran masyarakat ,sehingga independen baik dari dana maupun materi yang mereka siarkan .                                                                                                                                                                  yumiuri shimbun Koran terbesar jepang punya oplah untuk sekali terbitan pagi menapai 10,5 juta eksperimen .sorenya beroplah 4,5 juta eksempar.sementara Koran kedua ashi shimbun ,pagi hari beroplah 8 juta eksemplar,

 PRI Di CHINA
                        Menurut wang xiaobing di republic rakyat china (RRC) semua sistem termasukpelayanan informasi di upayakan sesederhana mungkin . ada upaya melakukan berbagai kemudahan di berbagai kehidupan ,terutama yang menyangkut ekonomi.harus di akui pula dengan kemudahan sistem itu .banyak memperoleh hasil china sekarang terkenal iklim investasinya yang sangat bagus .
                        Sistem di china untuk menjaga image terutama untuk iklim envestasi adalah menerapkan palayanan yangs angat efisien,dengan sistem yang terpadu terkodinir dan prosedur yang sederhana.

                        Di china mempunyai badan tersendiri semacam government public yang bernama gong gong guan xi yang berfungsi menyampaikan segala macam hal yang harus di sampaikan ke pihak luar. Dan di gawangi oleh juru bicara sebagai penyampai pesan .
                        Fungsi lembaga komunikasi ini adalah untuk menyampaikan keterangan agar pihak luar tidak memperoleh informasi yang salah .
                        Di luar negri ,china mempunyai cara untuk menjaga image negaranya. Bian qingzu,political counselor kedutaan besar china di Jakarta mengatakan : pertama kali adalah bahwa kami harus menekankan garis besar kebijakan internasional kami di mata dunia .
                        Jadi intinya di china struktur di dalam negri diperkuat terlebih dahulu.semua kemudahan di birokrasikan untuk investasi di jalankan dengan konsisten,sekaligus di imbangi dengan penegakan hukum.
 

 PENGIRIM ARTIKEL : Nia Ramdhani - Public Relation Internasional (PRI)

SILAHKAN COPY JIKA ARTIKEL INI MENARIK NAMUN HARAP CANTUMKAN SUMBERNYA




Artikel terkait:

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

terima kasih telah berkunjung sobat.
Silahkan komentar,kritik dan sarannya
setidaknya tegur sapa.heheh