Tidur siang menambah daya ingat



Oleh : Fajar Nope
                Setiap manusia pasti butuh tidur, ternyata hal kecil seperti tidur siang juga berdampak baik bagi kesehatan otak.  Sebuah studi mengindikasikan, mereka yang rutin tidur siang 10 hingga 20 menit setiap hari dapat meningkatkan mood dan kewaspadaan sepanjang hari.
                Ketika tertidur, ada banyak hal yang terjadi pada otak . otak kanan menunjukkan aktivitas yang lebih tinggi. Hal itu aneh karna sebagian besar orang menggunakan tangan kanan yang didominasi otak kiri, tapi ketika beristirahat , otak kanan lah yang paling aktif,” kata andrei medvedev, pembantu profesor di center for functional dan molecular imaging georgetown university. beberapa  manfaat kenapa anda harus tidur siang yang harus anda ketahui,
Meningkatkan Kerja memori
Aktifitas ternyata banyak menuntut kinerja otak serta lelah dalam menampung informasi yang berlebihan dapat mengganggu daya konsentrasi . Dalam sebuah penelitian juga menunjukkan tidur siang setidaknya 30 menit dapat meningkatkan daya ingat, karna otak kembali fresh.
Meringankan Psikologis
Jika anda merasa lelah dan otak sering buntu, bisa jadi itu salah satu penyebab stres. Stres biasanya terjadi saat kita tidak cukup tidur 6-8 jam /hari. Oleh karna itu, tidur siang 30 menit dapat memulihkan rasa penat yang terjadi pada otak , sehingga membantu memperbaiki kualitas mental yang lebih baik.
Menambah semangat
Pernah melihat anak-anak balita, ketika mereka terbangun dari tidur siangnya terlihat lebih bersemangat dan ceria. Cenderung mereka lebih aktif dan mampu mengerjakan pekerjaan rumah dengan baik, serta tidak jarang mereka lebih berprestasi disekolah. 
Memperkuat daya ingat
Menurut paller, Peningkatan aktivitas otak saat tertidur, tidak hanya bermanfaat bagi yang sedang belajar musik. Dalam mempelajari bahasa asing, kata-kata atau istilah baru akan lebih mudah diingat jika sering diperdengarkan saat sedang tidur.
                Nah ternyata tidur siang memang penting bagi kesehatan tubuh, namun, bukan kuantitas yang mempengaruhi keadaan otak kita saat sedang tidur, tapi kualitas tidur yang baik, mampu memperkuat jaringan sinyal otak kita berjalan dengan sempurna.Bukan hanya itu, resiko serangan jantung juga dapat dicegah melalui jam tidur yang singkat pada siang hari.







 


SILAHKAN COPY JIKA ARTIKEL INI MENARIK NAMUN HARAP CANTUMKAN SUMBERNYA




Artikel terkait:

{ 1 komentar... read them below or add one }

chiko mengatakan...

artikelnya sangat bagus dan sangat bermanfaat, makasih
semoga sukses saja..

Poskan Komentar

terima kasih telah berkunjung sobat.
Silahkan komentar,kritik dan sarannya
setidaknya tegur sapa.heheh