Selokan dan sungai traffic yang bisa memperbanyak pengunjung

Setelah konten, trafik adalah hal penting bagi blog. Semua pemilik blog tentunya mengidam-idamkan memiliki trafik yang tinggi, misalnya 5.000 pengunjung dengan 10.000 page views per hari. Namun, memperoleh trafik idaman ini tak semudah membalik telapak tangan. Perlu upaya keras yang kontinu dan waktu.
Sebelum melakukan upaya meningkatkan trafik, ada baiknya kita mengenal sumber trafik. Yaro Starak dalam ebooknya Blog Profit Blueprint secara brilian membagi sumber trafik menjadi 2 yaitu selokan dan sungai trafik.
Seperti yang kita kenal di kehidupan sehari-hari, perbedaan mendasar antara selokan dan sungai adalah volumenya. Volume air di selokan adalah kecil, sedangkan volume air di sungai adalah besar. Dengan demikian, selokan trafik memberikan trafik yang kecil, sementara sungai trafik memberikan trafik yang besar (bisa disebut banjir trafik).

Selokan Trafik

Di bawah ini adalah yang termasuk selokan trafik.
1. Berkomentar di blog lain (blog walking).
2. Berkomentar di forum
3. Melakukan trackback atau pingback ke tulisan blogger lain

Sungai Trafik

Berikut adalah yang termasuk sungai trafik:
1. Postingan menjadi Hot atau Top Artikel sehingga muncul di halaman depan media sosial.
Media sosial ini antara lain Digg, Del.ico.us, dan stumble upon (bagi blog berbahasa Inggris). Ada yang mengatakan bahwa bila tulisan kita muncul di halaman depan Digg, dalam 24 jam blog kita akan kebanjiran 20,000 pengunjung.
Catatan Kang Yudiono: Media sosial bagi blog berbahasa Indonesia di antaranya adalah Lintas Berita dan InfoGue. Pengalaman saya, jika tulisan yang dikirimkan ke Lintas Berita menjadi Top Artikel, dalam sehari akan ada pengunjung 500-1000. Bisa Anda bayangkan bila tulisan tersebut menjadi Top 10 Artikel, tentunya pengunjung akan jauh lebih besar.

2.  Blogger top melink ke postingan kita
Sebagai perumpamaan, Yaro Starak dalam salah satu postingan terbarunya melink ke postingan saya. Dengan pengunjung dan pelanggan RSS di atas 70,000, tentunya akan banyak pengunjung yang datang ke blog saya karena penasaran.

3. Tampil di TV atau jadi referensi media massa.
Apa jadinya bila Kompas.com melink ke postingan Anda? Saya yakin blog Anda akan dikunjungi ribuan pengunjung. Begitu pula bila Anda tampul di TV sebagai nara sumber topik yang Anda kuasai. Tentunya pribuan penonton yang penasaran dengan Anda akan mencari nama Anda atau blog Anda.
Bagaimana dengan mesin pencari? Jawabannya adalah relatif. Bisa sebagai selokan trafik, bisa juga sungai trafik. Seorang teman saya bisa dikunjungi 5.000 pengunjung perhari. Dari jumlah tersebut, 80 % pengunjung berasal dari mesin pencari.
Dengan mengenal selokan dan sungai trafik, saya berasumsi bahwa Anda sekarang tahu strategi apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan trafik bagi blog Anda.

Sumber : Blogodolar
…Semoga Bermanfaat… !.Semoga Sukses.! .send komentar ya.




Artikel terkait:

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

terima kasih telah berkunjung sobat.
Silahkan komentar,kritik dan sarannya
setidaknya tegur sapa.heheh