Pengujian Aplikasi Berbasis Web

ABSTRAK



Pengujian adalah salah satu instrumen yang paling penting dalam pengembangan aplikasi Web untuk mencapai produk-produk berkualitas tinggi yang memenuhi harapan pengguna. Metode dan pengujian sistematis dari aplikasi Web adalah tindakan penting yang diberikan penekanan khusus dalam jaminan kualitas. Ini adalah upaya yang bertujuan untuk menemukan kesalahan dan kekurangan dalam perangkat lunak yang diuji, mengamati ekonomi, temporal, dan teknis kendala.
Kata Kunci
Aplikasi WEB, pengujian.



1.     APLIKASI BERBASIS WEB (WEB APPLICATION)

Aplikasi berbasis WEB (WEB Application) adalah sebuah aplikasi yang diakses melalui internet maupun intranet (Anonim, 2010). Aplikasi ini dibangu menggunakan bahasa pemrograman WEB (HTML, PHP, Javascript dan lain-lain).
WEB Application menjadi populer dikarenakan banyak pengguna yang menggunakan jaringan internet dalam sehari-harinya. Pengguna menggunakan aplikasi yang biasa disebut WEB browser untuk mengakses internet. WEB browser memberi kemudahan kepada pengguna dalam mengakses aplikasi berbasis WEB. Pengguna tidak membutuhkan spesifikasi komputer yang tinggi untuk dapat mengakses aplikasi berbasis WEB.
Aplikasi berbasis WEB ini dianggap lebih praktis daripada aplikasi biasa, karena pengguna tidak perlu menginstal aplikasi di setiap komputer. Aplikasi berbasis WEB cukup terinstal pada sebuah komputer server. Berikut ini beberapa perbedaan antara aplikasi berbasis WEB dengan aplikasi biasa, diantaranya adalah :
  • Aplikasi berbasis web hanya memerlukan satu host / server dimana aplikasi tersebut diinstall, user yang banyak, sebagai client dapat menggunakan aplikasi tersebut melalui browser.
  • Aplikasi berbasis web bersifat cross-platform (platform independent), karena dapat diakses melalui berbagai sistem operasi (Windows, Linux, MacOS).

2.     LANGKAH-LANGKAH PENGUJIAN APLIKASI BERBASIS WEB

Pengujian terhadap aplikasi berbasis WEB perlu dilakukan sebelum aplikasi tersebut digunakan. Pengujian merupakan salah satu bagian yang paling penting dalam jaminan kualitas aplikasi. Pengujian ini dilakukan untuk menemukan beberapa kesalahan yang disebabkan oleh proses perancangan maupun proses implementasi yang belum benar.
Biasanya sebuah pengujian dilakukan oleh sekelompok tim yang sudah teroganisir. Dalam pengujian aplikasi berbasis WEB ini tim tersebut akan menyusun beberapa langkah. Menurut Krishen Kota terdapat 10 langkah dalam pengujian aplikasi berbasis WEB diantaranya adalah :
1. Menentukan Sasaran Pengujian (Objective)
Sebelum melakukan sebuah pengujian kita harus menentukan beberapa sasaran pengujian, agar pengujian yang akan dilakukan terarah. Sehingga seorang penguji dapat menentukan beberapa prioritas pengujian dalam sebuah pengujian aplikasi.
2. Menentukan Proses dan Pelaporan Pengujian
Dengan menentukan proses pengujian dan susunan pelaporan pengujian, maka setiap anggota dalam sebuah tim penguji akan mengerti aliran dari sebuah proses pengujian.
3. Memantau Hasil Pengujian (Tracking Results)
Ketika kita sudah memulai sebuah proses pengujian aplikasi, kita akan menemukan beberapa error, bug, defect, dan sebagainya. Sehingga tim penguji membutuhkan cara untuk menyimpan, mengorganisir dan mendistribusikan informasi tersebut kepada semua anggota tim penguji. Tim juga akan membutuhkan cara untuk menjaga tim agar tetap mendapat informasi status dari sebuah proses pengujian. Oleh karena itu, dalam sebuah pengujian dibutuhkan pemantauan hasil (tracking results).
4. Menentukan Area Pengujian (Environment Test)
Menentukan area pengujian disini diartikan sebagai pembagian wilayah kerja dari sebuah tim, misalkan sebuah tim penguji dibagi menjadi tiga area pengujian yaitu WEB server, database server, dan application server.
5. Pengujian Kegunaan Aplikasi (Usability Testing)
Dalam tahap usability test ini kita akan mencoba meneliti tiga aspek yang berkaitan dengan user’s experience diantaranya adalah :
  • Apakah WEB application tersebut memiliki desain antarmuka yang konsisten?
  • Seberapa mudahkah navigasi dari WEB application tersebut?
  • Apakah feed back yang diberikan WEB application tersebut sesuai dengan keinginan pengguna?
6. Pengujian Unit (Unit Testing)
Unit testing ini merupakan pengujian yang hanya fokus pada beberapa bagian kecil dari fungsionalitas WEB application. Misalnya menguji kebenaran dari penyimpanan data setelah pengguna menekan tombol “submit”.
7. Pengujian Kode HTML
Pengujian kode HTML ini bertujuan untuk menguji apakah aplikasi tersebut dapat dijalankan pada bermacam-macam browser, resolusi layar dan OS yang berbeda. Pengujian ini dapat dilakukan melalui http://validator.w3.org.
8. Load Testing
Pengujian ini dimaksudkan untuk mengukur seberapa lamakah sebuah halaman WEB application di-load kedalam browser milik pengguna. Pada umumnya, sebuah halaman dapat di-load kurang dari 15 detik.
9. User Acceptance Testing
Dengan melakukan pengujian ini, tim akan mengetahui apakah WEB application tersebut sudah memiliki fungsi yang sesuai dengan keinginan pengguna atau belum. Pengujian ini dapat dilakukan dengan menguji aplikasi versi Beta.
10. Pengujian Keamanan (Security Testing)
Tahap ini merupakan tahap akhir yang penting untuk mengetahui apakah WEB application tersebut sudah memiliki sistem keamanan yang baik atau belum. Kita juga harus menguji apakah WEB application tersebut aman terhadap serangan dari dalam maupun luar sistem.

3.     KESIMPULAN

Pengujian adalah salah satu instrumen yang paling penting dalam pengembangan aplikasi Web untuk mencapai produk-produk berkualitas tinggi yang memenuhi harapan pengguna. Metode dan pengujian sistematis dari aplikasi Web adalah tindakan penting yang diberikan penekanan khusus dalam jaminan kualitas.
Pengujian juga dapat diartikan sebagai suatu proses yang dapat menentukan apakah aplikasi WEB tersebut sudah layak untuk diluncurkan atau belum. Aplikasi WEB tersebut harus melalui beberapa tahapan pengujian, sebelum diluncurkan kepada semua pengguna.

4.     DAFTAR PUSTAKA

Anonim. 2010. Web application. Diunduh dari http://en.wikipedia.org/wiki/Web_application Tanggal 26 Desember 2010

sumber : http://avidcho.blog.uns.ac.id

…Semoga Bermanfaat… !.Semoga Sukses.! .send komentar ya.




Artikel terkait:

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

terima kasih telah berkunjung sobat.
Silahkan komentar,kritik dan sarannya
setidaknya tegur sapa.heheh